6 Cara Efektif Menghilangkan Jerawat di Dahi

Cara efektif menghilangkan jerawat di dahi penting diketahui agar wajah anda kembali mulus dan cantik.

Dahi merupakan bagian wajah dari zona-T yang sangat rentan di tumbuhi oleh jerawat. Jerawat adalah keadaan dimana pori-pori kulit mengalami sumbatan sehingga akibatnya menimbulkan kantung nanah yang meradang. ( Dikutip dari : Wikipedia ) Jerawat yang terdapat di dahi biasanya berbentuk kecil serta dalam jumlah yang banyak. Jerawat tersebut tentunya akan membuat kita tidak nyaman karena efek yang dirasakan yaitu gatal. Selain tidak nyaman jerawat tersebut dapat mengganggu penampilan kita sehingga dapat mengurangi rasa percaya diri . ( Baca juga : Cara Menghilangkan Jerawat Batu )

Jerawat didahi muncul disebabkan oleh berbagai faktor. Faktor tersebut diantaranya yaitu kelenjar sebaceous yang terlalu aktif, pengaruh stress, kebiasaan mengkonsumsi makanan yang berminyak dan pedas, sisa make up, bahkan ketombe dan rambut berminyak pun merupakan penyebab timbulnya jerawat di dahi.

Keadaan ini tentu saja suatu mimpi buruk terutama untuk anda yang sangat memperhatikan penampilan. Nah, untuk itu anda jangan khawatir karena ada cara yang sangat efektif untuk menghilangkan jerawat yang timbul didahi. Ingin tahu bagaimana caranya? Mari kita simak pembahasan dibawah ini.

Cara menghilangkan jerawat di dahi

6 Cara Efektif Menghilangkan Jerawat di Dahi

Daun cendana

Cara Menghilangkan Jerawat didahi1

Untuk mengatasi jerawat yang ada di dahi salah satunya dengan menggunakan daun cendana. Caranya yaitu, siapkan daun cendana sebanyak 3 lembar lalu haluskan sampai membentuk pasta. Agar hasilnya lebih efektif anda bisa menambahkan jus mentimun atau air mawar. Setelah itu oleskan pasta tersebut pada dahi yang terkena jerawat, diamkan hingga 10 menit. Selanjutnya anda bisa membersihkan wajah anda menggunakan air bersih.

Lemon

Cara menghilangkan jerawat di dahi2

Lemon juga dipercaya sangat efektif dalam mengatasi berbagai macam jerawat termasuk jerawat didahi. Anda bisa menyiapkan beberapa buah lemon kemudian dijadikan jus. Jus lemon tersebut bisa anda terapkan pada dahi dengan menggunakan bola kapas. Apabila jenis kulit anda termasuk kulit yang sensitif anda bisa menambahkan air mawar.

Masker buah

Cara menghilangkan jerawat di dahi3

Masker yang terbuat dari buah juga dipercaya dapat menghilangkan jerawat didahi. Anda bisa membuaat masker dari buah jeruk, apel, anggur dan tomat. Buah tersebut memiliki kandungan oksidan yang dapat membantu mengurangi jerawat. Caranya sangat mudah anda tinggal menghaluskan buah yang dianjurkan tersebut menggunakan blender, kemudian anda terapkan pada dahi. Tunggu hingga beberapa menit lalu bersihkan wajah anda menggunakan air dingin. ( Baca juga : Masker Alami Untuk Mengobati Jerawat di Punggung )

Mencuci rambut

Cara menghilangkan jerawat di dahi4

Sebagaimana yang telah disebutkan diatas bahwa jerawat di dahi bisa di sebabkan oleh ketombe serta rambut berminyak. Untuk itu anda di tuntut menggunakan sampo anti ketombe yang mengandung ketokonazol. Ketokonazol merupakan obat antijamur serta dapat mencegah timbulnya ketombe.

Cara penguapan

Cara menghilangkan jerawat di dahi5

Cara lain yang bisa anda gunakan yaitu dengan melakukan penguapan. Caranya yaitu bersihkan terlebih dahulu permukaan kulit anda menggunakan kapas dengan arah melingkar sehingga benar-benar bersih. Kemudian anda bisa melakukan teknik penguapan pada wajah anda agar pori-pori pada wajah termasuk dahi membuka serta kotoran yang menyumbat akan keluar. Setelah melakukan penguapan anda bisa menggunakan scrub lembut dan mencucinya dengan air hangat, serta di akhiri dengan pengaplikasian toner agar pori-pori kulit anda tertutup kembali. Anda bisa menggunakan air kelapa sebagai toner karena air kelapa dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kulit.

Hindari gesekan

Jerawat yang ada didahi akan terasa perih dan gatal apabila disentuh atau terkena gesekan. Gesekan yang sering terjadi yaitu oleh rambut. Untuk anda yang memiliki rambut poni sebaiknya potong atau jepit rambut anda agar poni tidak mengenai jerawat. Hal ini bisa membuat jerawat lebih bebas bernafas. Apabila jerawat dibiarkan terkena udara segar maka jerawat akan cepat hilang dengan sendirinya.

Es Batu

Menghilangkan jerawat di dahi dengan es batu merupakan cara yang sederhana. Dengan es batu jerawat akan cepat kempis dan hilang. Cara menghilangkan jerawat dengan es batu mudah sekali. Siapkan es batu, lalu bungkus dengan menggunakan kain atau handuk bersih. Lalu tempelkan pada area kulit di dahi dengan lembut. Berikut ini video menghilangkan jerawat dengan es batu:

Penyebab Jerawat di Dahi

Jerawat yang muncul di dahi disebabkan oleh beberapa hal. Berikut ini beberapa penyebab jerawat di dahi:

Pori-pori tersumbat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa dahi terletak pada T-zone atau area yang memiliki produksi minyak yang berlebih. Karena seperti itu, pori-pori di area dahi mudah mengalami sumbatan yang pada akhirnya akan menimbulkan jerawat.

Ketombe pada rambut

Munculnya ketombe pada kulit kepala atau rambut bisa memicu timbulnya jerawat pada dahi. Sebaiknya hindari menutup dahi dengan menggunakan poni tebal karena hal tersebut justru akan semakin memperburuk keadaan jerawat.

Penggunaan obat tertentu

Pada sebagian orang obat-obatan tertentu seperti pil KB dapat memicu timbulnya jerawat, terutama di area dahi. Mengenai masalah ini anda dapat melakukan konsultasi pada dokter.

Kulit kepala berminyak

Keadaan kulit kepala yang berminyak menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat pada area dahi. Minyak yang berlebih pada kulit kepala dapat merembes pada daerah dahi yang mana pada akhirnya akan menyumbat pori-pori.

Stres

Seperti yang kita ketahui stres tidak baik untuk kesehatan. Bahkan keadaan stres juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Agar jerawat di dahi tidak muncul, maka sebisa mungkin anda harus menghindari stres. Langkah yang dapat anda lakukan untuk menghindari stres yaitu dengan melakukan meditasi atau yoga. Selain itu, anda juga dapat melakukan kegiatan positif yang baik dan bermanfaat untuk tubuh maupun pikiran.

Masalah saluran pencernaan

Masalah pada saluran pencernaan ternyata memiliki kontribusi terhadap munculnya jerawat pada dahi. Untuk mengatasi masalah pencernaan anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter, anda pun dapat melakukan diet seimbang. Sebisa mungkin cukupilah kebutuhan cairan anda dengan minum banyak air serta mengkonsumsi banyak sayuran yang memiliki daun hijau serta buah-buahan segar. Hindari makanan-makanan yang tidak sehat seperti misalkan makanan cepat saji atau makanan yang diolah degan cara digoreng. Tidak lupa pula untuk melakukan olahraga dengan teratur.

Hormonal dan faktor genetik yang lainnya

Saat memasuki menstruasi, tidak sedikit wanita yang mendapati jerawat pada dahinya.

Penggunaan topi atau helm

Terlalu lama menggunakan helm atau topi dapat membuat debu, minyak dan kotoran di dahi menumpuk. Yang mana keadaan ini pada akhirnya akan memicu timbulnya jerawat.

Cara Mencegah Jerawat di Dahi

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Nah, untuk mencegah munculnya jerawat di dahi beberapa langkah dapat anda lakukan seperti berikut ini:

  • Membersihkan wajah dengan rutin. Agar jerawat di dahi tidak muncul maka penting untuk membersihkan wajah dengan rutin dan tepat. Cara efektif yang dapat anda lakukan untuk membersihkan wajah yaitu dua kali dengan menggunakan sabun antibakteri. Untuk sisanya anda bisa menggunakan lotion pembersih maupun air biasa. Ini dilakukan untuk menjaga agar kulit anda tetap lembab atau tidak terlalu kering. Formula sabun yang terlalu keras biasanya akan membuat kulit menjadi lebih sensitif, jika tergesek akan memicu timbulnya jerawat. Yang mana keadaan ini dipengaruhi oleh cara anda mengeringkan wajah. Untuk mengeringkan wajah sebaiknya gunakan handuk tebal yang mampu menyerap dengan baik, hindari menggosoknya karena anda cukup menepuk-nepuknya saja.
  • Ganti shampo. Apabila jerawat pada dahi anda muncul berlebihan, maka alangkah lebih baik untuk mengganti shampo yang anda gunakan dengan formula shampo yang lebih ringan. Akan lebih baik untuk menghindari shampo yang memiliki aroma wewangian berlebihan karena bahan pewangi pada shampo akan memblokir kulit dan menyebabkan iritasi. Karena hal inilah jerawat di dahi akan muncul.
  • Mengaplikasikan pelembab. Pelembab dibutuhkan untuk menjaga kelembaban kulit. Pelembab yang sebaiknya anda gunakan yaitu dengan bahan dasar air bukan minyak ataupun alkohol.
  • Gunakan kosmetik dengan tepat. Anda harus memilih jenis kosmetik yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit anda. Anda juga harus memastikan bahwa anda membersihkannya secara tuntas.