Cara Bagaimana Menghargai Istri Dengan Baik

Menghormati dan menghargai istri merupakan elemen penting dalam sebuah pernikahan. Yang mana dua hal ini akan senantiasa mampu menciptakan hubungan usami dan istri yang berjalan lebih baik dan akan mampu berjalan lebih lama. Sebuah ikatan pernikahan adalah sebuah jalinan suci yang dijalani oleh dua insan yang saling mencintai dan mengasihi. Pernikahan adalah sebuah proses panjang yang terjadi dalam siklus hidup seseorang, untuk itulah diharapkan para insan yang menjalani pernikahan ini sebisa mungkin dituntut untuk dapat menciptakan pernikahan yang bahagia. Agar senantiasa tercipta sebuah lingkungan keluarga yang harmonis dan indah. Dalam sebuah pernikahan rupanya lebih mudah untuk menghancurkan rasa cinta dalam ikatan pernikahan daripada bekerja untuk bisa membangun hubungan yang kuat yang mampu menghadapi badai terdahsyat sekalipun. Keegoisan dan kerasnya sifat dan karakter masing-masing dalam invidu yang menikah merupakan penyakit menular yang dapat menyebar dengan cepat kecuali jika segera dilakukan pengobatan.

Dalam kasus ini "pengobatan" yang tepat untuk dapat mengatasi penyakit dari keegoisan dan kerasanya sifat pada masing-masing invidu adalah dengan saling memberikan penghormatan atau saling menghormati satu dengan yang lainnya. Meskipun penting bagi suami dan istri untuk bisa saling menghargai, namun semua wanita dalam kehidupan kita layak untuk dihargai. Menjunjung tinggi rasa penghormatan terhadap wanita adalah hal yang harus senantiasa dimiliki oleh kaum lelaki. Termasuk dalam hal ini para suami yang harus senantiasa menghargai sang istri. Sebab merekalah yang akan menjadi ibu dari calon anak-anak kita sekaligus pendidik yang akan menunjang bagaimana pertumbuhan dan moral anak-anak kita kelak.

Ada begitu banyak pasangan yang mampu menjalin hubungan pernikahan dengan usia yang begitu lama bahkan bisa dibilang hubungan yang mereka jalin bisa sehidup semati hingga keduanya sama-sama menua. Bukan karena usia mereka telah begitu renta sehingga indera pendengaran mereka telah mengalami penurunan fungsi sehingga kita berpikir wajar jika masalah tidak akan banyak terjadi diantara mereka karena masing-masingnya telah berusia renta. Namun dalam hal ini, mereka yang menjalin hubungan pernikahan hingga usia renta mampu membangun sikap saling menghormati dan menerima semua kekurangan dari pasangan dengan begitu baik. Tentu saja kedua pasangan yang menjalin hubungan hingga usia senja ini memliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun setelah bertahun-tahun mereka belajar bagaimana menerima dan bahkan mengasihi kekurangan satu sama lain.

Sementara waktu dapat memberikan kebijaksanaan serta memungkinkan kita untuk meningkatkan cinta dengan pasangan, waktu juga akan berdampak pada buruk pada kesehatan kita. Nah, jika kasih dan cinta serta perasaan saling menghargai tumbuh antara suami dan istri, maka rasa saling mengasihi dan saling menjaga akan senantiasa terus tumbuh bahkan hingga usia mereka senja. Sebuah sikap penghargaan dan penghormatan kepada pasangan tidak melulu harus diwujudkan dalam sebuah hadiah mewah dan diberikan pada waktu tertentu. Tindakan kasih dan pelayanan yang tanpa pamrih terbukti lebih berharga dibandingkan segala hal didunia ini. Lantas, bagaimana tips bagi para suami untuk bisa menghargai istri mereka dengan lebih baik? Yuk, kita simak berikut ini.

Cara Bagaimana Menghargai Istri Dengan Baik

1. Hormati Istri di Depan Orang Lain

Poin yang pertama dalam menunjukan penghormatan kepada istri adalah dengan belajar menghormatinya dari luar. Seorang istri yang memegang peranan sebagai teman hidup dan pengelola rumah tangga, tentunya ingin jika mereka bisa dihargai dan dihormati sekalipun oleh seorang kepala keluarga seperti suaminya sendiri. Seorang istri akan senang jika diperlakukan dengan baik dan lembut dimana pun mereka berada termasuk saat mereka berada ditempat umum. Akan lebih baik saat seorang istri berada dilingkungan teman-teman, keluarga, kerabat atau tetangga anda tidak mengkritik atau merendahkannya. Sayangnya, saat ini banyak suami yang meremehkan menghargai perasaan seorang istri. Seringkali sewaktu berada dilingkungan teman-temannya karena asik mengobrol dan berbagi hal lucu, seorang istri seringkali dijadikan objek untuk bercanda. Meskipun bernada gurauan, sekecil apapun itu, hal ini tidak dibenarkan. Saat istri bisa dibawa kompromi dan diajak bercanda mengenai hal ini, tentu tidak akan menjadi masalah. Namun percayalah, saat anda dihadapkan pertengkaran bersama dengan sang istri, hal tersebut bisa jadi berbekasi di hati sang istri dan membuat mereka kembali mengungkit hal tersebut. Untuk itulah, berikan pernghargaan dan penghormatan pada istri dengan baik, jangan pernah mencela atau mengkritik mereka sewaktu bersama dengan oranglain.

2. Libatkan Istri Sewaktu Mengambil Keputusan

Jangan menjadi seorang suami yang membuat keputusan penting seorang diri. Memang benar anda adalah seorang kepala keluarga yang memimpin jalannya sebuah keluarga. Namun pernikahan yang dijalani bukan hanya anda dan diri sendiri, ada peranan seorang istri didalamnya. Untuk itulah tidak ada salahnya melibatkan istri dalam mengambil beberapa keputusan penting dalam keluarga. Misalkan ketika anda hendak pindah bekerja atau hendak mencari pekerjaan lain, maka sebaiknya libatkan istri dan minta pendapatnya mengenai keputusan yang akan anda ambil. Selain akan terasa lebih ringan, sang istri juga akan dapat memberikan masukan dan pertimbangan lain pada anda. Dengan demikian anda akan mampu menemukan jalan atau alternatif yang lebih baik karena dipikirkan bersama-sama. Selain itu, keputusan ini tentunya adalah sebuah keputusan besar yang akan mempengaruhi kesehajteraan dalam keluarga karena menyangkut pendapatan dan nafkah yang anda berikan kepada istri dan anak anda. Ketika anda mengambil keputusan sendiri, istri tentu akan merasa terkejut dan kecewa karena dirinya merasa tidak dianggap sama sekali.

3. Berikan Dukungan Istri Dalam Menggapai Mimpi dan Keinginannya

Meskipun telah menikah dan terikat dalam jalinan pernikahan bersama, namun masing-masing individu tentu memiliki angan dan impiannya tersendiri. Ketika istri anda ingin melebarkan karirnya ke jenjang yang lebih tinggi atau mereka ingin berfokus pada hobi yang mereka miliki agar bisa berkembang menjadi sebuah profesi. Maka jangan pernah menghalangi mereka untuk menggapainya. Jangan jadikan pernikahan sebagai alasan anda untuk menahan dan menghalangi impiannya. Jika sang istri bisa membagi waktu dan menyeimbangkan tugas dirumah dengan karirnya, maka tidak ada salahnya membiarkan istri melakukan apa yang mereka inginkan. Selama mereka masih bisa mengurus anak-anak dan tugas dirumah terselesaikan serta anda masih bisa ia perhatikan. Biarkan mereka mengejar dan menggapai impiannya. Siapa tahu, hobi atau impian yang ingin mereka gapai dimaksudkan untuk meningkatkan perekonomian keluarga atau karena sang istri merasa bosan dan jenuh terus-terusan berada dirumah.

4. Jangan Pernah Merubah Istri

Dalam rumah tangga mungkin anda menginginkan istri anda bisa menjadi seperti yang anda inginkan. Hanya saja, daripada anda terus-terusan mengubah istri anda untuk bisa berdandan cantik seperti oranglain atau bersih keras menuntut istri menurunkan berat badannya, akan lebih baik jika anda berfokus pada kelebihan sang sitri yang jago masak dan pintar membagi waktu antara keluarga dan suami. Mulailah menerima istri anda apapun kondisinya dan apapun keadaannya. Terimalah semua kekurangannya sebagaimana anda bisa menerima semua kelebihannya.

Demikian beberapa hal dan cara untuk menghormati seorang istri dengan lebih baik. Sikap saling menghargai merupakan elemen penting dalam sebuah hubungan rumah tangga. Untuk itu, mengetahui cara apa saja yang bisa diwujudkan sebagai upaya mengahrgai istri adalah hal baik yang perlu diketahui.

loading...