Cara Fitness di Rumah yang Benar untuk Membentuk Tubuh

Cara Fitness di Rumah yang Benar untuk Membentuk TubuhMemiliki bentuk tubuh yang ideal dan atletis tentu saja merupakan dambaan semua orang baik itu laki-laki maupun wanita. Namun, membentuk tubuh yang ideal dan atletis tersebut tidaklah semudah ketika kita membalikan telapk tangan. Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang seperti itu tentunya membutuhkan banyak usaha yang perlu dilakukan. Nah, agar tujuan yang kita inginkan tercapai tentunya usaha yang dilakukan harus dijalankan secara konsisten.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membentuk tubuh yang ideal dan atletis. Kebanyakan cara yang dilakukan yaitu dengan menggunakan peralatan yang berharga mahal. Dengan demikian, kini banyak sekali fitness center yang bermunculan demi memenuhi kebutuhan masyarakat.

Nah, bagi anda yang tidak punya waktu untuk datang ke tempat fitness karena bermacam alasan tertentu, anda masih bisa melakukan alternatif lain untuk pembentukan tubuh yang ideal dan atletis tersebut dengan melakukan fitness di rumah. Berikut ini merupakan latihan fitness yang bisa anda lakukan di rumah untuk membentuk tubuh yang ideal.

1.Pemanasan (Warm up)

Dimanapun anda melakukan fitness, sebelum memulai latihan hal pertama yang harus anda lakukan yaitu melakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan ini dilakukan agar otot-otot pada tubuh kita tidak kaku serta otot menjadi lebih siap. Lakukanlah pemansan ini dengan latihan-latihan yang ringan.

2.Peregangan (Stretch)

Banyak orang yang beranggapan bahwa peregangan sama halnya dengan pemanasan.  Namun kenyataanya berbeda, hanya saja kita melakukannya bersambung seusai dari pemanasan. Peregangan ini dilakukan ketika otot-otot dalam keadaan panas. Peregangan ini dilakukan agar otot-otot menjadi lebih lentur dan atletis.

3.Aerobik

Aerobik merupakan latihan atau olahraga yang dilakukan secara terus menerus dengan dibantu oleh aliran musik. Aerobic ini terbagi menjadi 3 bentuk seperti di bawah ini.

Low impact

Low impact merupakan gerakan yang dilakukan dengan intensitas rendah. Low impact ini dilakukan dengan bantuan musik yang lembut serta melakukan hentakan kaki yang ringan namun tanpa mengangkat kaki. Low impact ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang mengalami obesitas tinggi, pemula dan juga usia lanjut.

High impact

High impact ini merupakan kebalikan dari low impact. Gerakan pada high impact dilakukan dengan intensitas tinggi. Cara melakukannya yaitu diiringi dengan alunan musik yang keras dan dibarengi dengan gerakan-gerakan yang dinamis serta hentakan-hentakan yang keras. Biasaya orang yang melakukan gerakan ini yaitu orang yang sudah terbiasa.

Mix impact

Mix impact yaitu gabungan dari low dan high impact. Gerakan ini lebih banyak dilakukan, pasalnya gerakan ini memiliki variasi sehingga tidak membuat kita lelah serta bosan.

4. Angkat beban

Setelah melakukan latihan di atas, anda bisa melakukan latihan beban. latihan angkat beban merupakan salah satu bagian dari fitness. Ketika melakukan latihan ini anda bisa menggunakan alat atau dengan beban tubuh sendiri.

5. Pendinginan (Cooling)

Apabila anda telah selesai melakukan semua latihan, janganlah lupa melakukan pendinginan. Pasalnya tubuh yang telah dipakai latihan tidak bisa kembali pada keadaan semula dengan langsung. Pendinginan ini biasanya dilakukan sama dengan peregangan, bisa dengan jalan santai atau istirahat.

Nah, itulah cara fitness yang bisa anda lakukan di rumah. Dengan begitu anda tidak usah pergi ke tempat fitness. Selamat mencoba.

loading...
loading...