Gallery WordPress Themes

Cara Memaksimalkan Kinerja Komputer

Kinerja computer yang lambat terkadang kerap kali menghambat pekerjaan atau aktivitas yang anda lakukan disana. Meningkatkan kinerja computer dengan mengirimnya ke tukang service hanya akan membuat anda mengeluarkan dana yang tak sedikit. Untuk itu, membuat kinerja computer semakin cepat sebenarnya bisa dilakukan sendiri dengan mengikuti langkah dibawah ini.

1.    Langkah Pertama yang bisa anda lakukan untuk mengoptimalkan kinerja computer agar tak lambat adalah dengan melakukan ‘pembersihan file’ dengan disk cleanup.

•    Buka program ‘Disk Cleanup’. Dengan cara klik start > all programs > Accessories > System Tools > Disk Cleanup. Setelah itu, Pilih driver yang Anda gunakan (pilihan untuk kebanyakan orang adalah drive C). Kemudian Centang kotak apa saja yang ingin Anda hapus. Dari sana total ruang yang masih tersisa untuk file anda akan dimunculkan. Dan kinerja computer akan lebih baik karena sudah tidak terlalu berat dengan file yang tidak diperlukan.
•    Atau anda bisa melakukannya dengan opsi lain yakni dengan memilih tombol ‘Clean up system files’ dan klik OK maka disk cleanup akan mulai bekerja. Hanya saja, jika anda memiliki menu ini, maka file dalam drive yang anda pilih akan terhapus secara keseluruhan berbeda dengan cara sebelumnya, dimana anda bisa memilih terlebih dahulu file mana saja yang ingin anda hapus.

2.    Langkah kedua untuk mengoptimalkan kinerja computer adalah dengan menghapus internet histori atau riwayat internet yang menjadi salah satu factor penyebab beratnya kinerja computer dan membuatnya melambat. Hapus riwayat internet dengan cara :

•    Buka program Privacy (pada aplikasi pencarian mozilla firefox) dengan cara Tools > Option > Privacy
•    Jika anda sudah berada di icon privacy, maka dapuslah semua history, jika anda menginginkannya, anda juga bisa menghapus riwayat pada cookies, temporary internet files dan lainnya.
•    Atau cara lain yang bisa anda lakukan untuk menghapus history internet yakni dengan cara tekan Ctrl + H, setelah semua history internet muncul anda bisa mulai menghapusnya dengan menekan Ctrl + A kemudian tekan delete pada keyboard.

3.     Langkah ketiga adalah kosongkan file pada recycle bin dengan cara :

•    Kembali ke desktop, kemudian klik kanan pada icon recycle bin kemudian klik ‘Empty recycle bin”.

4.    Langkah Keempat adalah dengan menghapus program startup yang tidak diinginkan. Terkadang program-program yang terlalu banyak pada start up bisa membuat kinerja computer melambat. Untuk itu, sebaiknya hilangkan program yang kurang di perlukan agar computer ringan dan kinerjanya menjadi lebih optimal. Anda bisa melakukannya dengan cara :

•    Untuk Windows 7, buka menu Start > All Programs kemudian klik kanan pada program Statup lalu klik open atau explore. Hal yang perlu anda lakukan setelahnya adalah mengahapus shortcut yang tidak dibutuhkan pada folder startup. Hal ini akan membuat kinerja computer anda semakin cepat dan optimal.
•    Untuk Windows XP, pada menu Start Klik kanan, lalu klik explore. Pada bagian kiri dari layar yang baru saja muncul klik ‘Programs 'kemudian klik pada startup dan hapus program-program startup yang tidak diinginkan.

Video