Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Dalam 1 Minggu

Bekas jerawat merupakan permasalahan yang muncul setelah jerawat hilang. Bahkan bekas jerawat ini lebih kompleks dibandingkan dengan jerawat itu sendiri. Bekas jerawat akan membuat wajah terlihat tidak mulus. Jika tidak segera diatasi bekas jerawat tersebut akan menodai wajah dalam waktu yang cukup lama.

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan cepat bisa anda lakukan. Bahkan jika anda konsisten melakukannya, bekas jerawat akan hilang hanya dalam waktu 7 hari atau 1 minggu.

Bekas jerawat itu sendiri bermacam-macam, baik itu berupa flek atau noda hitam atau bahkan bopeng pada permukaan kulit. Jika bekas jerawat berupa noda hitam masih bisa diatasi dengan menggunakan cara alami. Hanya saja untuk bekas jerawat yang cukup parah seperti parut atau bopeng tentu saja membutuhkan terapi medis.

Cara menghilangkan bekas jerawat dalam 1 minggu

Mengapa Bekas Jerawat Berbeda-Beda?

Bekas jerawat berbeda-beda disebabkan karena beberapa hal seperti berikut ini:

  • Jenis jerawat. Jenis jerawat menentukan bekas jerawat nantinya yang akan muncul. Jerawat yang semakin meradang, maka bekasnya akan semakin dalam dan besar pula.
  • Lokasi jerawat. Lokasi jerawat pun ikut berkontribusi. Biasanya bagian wajah yang lebih meninggalkan jejak atau bekas jerawat yaitu pipi.
  • Genetik. Setiap orang memiliki kemampuan kulit untuk sembuh yang tidak sama, yang mana hal ini memiliki kontribusi terhadap bekas jerawat.

Mengapa Bekas Jerawat dapat Timbul?

Bekas jerawat dapat timbul karena dipengaruhi oleh beberapa hal seperti berikut ini:

Tindakan Memencet Jerawat

Ketika jerawat muncul seringkali kita merasa gemas dan ingin segera menghilangkan jerawat tersebut. Bahkan tidak jarang untuk menghilangkannya dengan segera, kita melakukan tindakan yang sebenarnya tidak dianjurkan, yakni memencet jerawat yang masih  aktif hingga nanah atau darahnya keluar. Jika hal ini dilakukan maka kita harus siap menanggung risikonya karena bekas jerawat tidak bisa kita hindari. Ketika kita memencet jerawat maka luka akan muncul pada wajah. Yang mana luka ini akan berubah menjadi bintik hitam atau lubang bekas jerawat.

Konsumsi Obat Tertentu

Berdasarkan para ahli menyatakan bahwa pil KB bisa  menyebabkan bekas jerawat. Yang mana pernyataan tersebut didasari oleh peningkatan hormon estrogen dan progesteron yang ada di dalam tubuh. Jika hormon tersebut meningkat, maka kulit memiliki potensi lebih besar mengeluarkan noda hitam atau bopeng.

Pengaruh Sinar UV

Sinar UV dari matahari dapat menjadi penyebab bekas jerawat pada kulit. Sinar UV, baik itu sinar UV A atau sinar UV B dapat membuat jerawat menjadi aktif dan juga akan mengalami hiperpigmentasi. Hal ini akan membuat jerawat yang masih aktif mengempis, kemudian akan timbul bekas jerawat yang akan cukup sulit untuk dihilangkan.

Faktor Genetik

Pemilik wajah berminyak yang diwariskan oleh orangtua, memiliki potensi munculnya bekas jerawat saat jerawat mengempis. Hal ini disebabkan karena sebum pada kulit mengalami interaksi dengan jerawat yang masih dalam keadaan aktif dan akan memicu timbulnya bekas jerawat.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dalam 1 Minggu?

Beras

Masker beras atau air cucian beras bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat dalam waktu 1 minggu. Selain untuk menghilangkan bekas jerawat, masker beras juga dapat  membuat kulit wajah anda menjadi lebih putih dan bersih.

Berikut ini langkah menghilangkan bekas jerawat dengan beras:

  • Siapkan beras secukupnya saja. Lalu cuci beras tersebut dan manfaatkan air cucian berasnya. Lalu gunakan untuk mencuci wajah anda. Apabila air cucian beras semakin pekat, maka hasilnya pun akan semakin efektif.
  • Selain itu, anda bisa memanfaatkan beras yang sudah anda cuci tadi menjadi masker. Tumbuk beras sebanyak 3 genggam hingga halus dan campurkan tumbukan beras tersebut dengan 1 sendok teh madu, beserta dengan sedikit air.
  • Aduk-aduk sampai merata dan anda bisa langsug mengoleskannya pada wajah anda.
  • Agar bekas jerawat hilang selama 1 minggu, maka anda harus melakukannya dengan teratur dan konsisten.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit sebab minyak zaitun mengandung vitamin E yang cukup tinggi. Selain melembutkan kulit dan menjaga kesehatan wajah, minyak zaitun pun bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat. Berikut ini cara menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan minyak zaitun: ( Baca juga : Cara Menghilangkan Jerawat )

  • Sebelum tidur, cuci bersih wajah anda. Lalu oleskan minyak zaitun dengan tipis dan merata pada wajah atau area kulit yang terdapat bekas jerawat.
  • Kemudian lakukan pijatan ringan selama kurang lebih 5 sampai 10 menit.
  • Diamkan selama semalaman dan ketika pagi harinya anda bisa langsung mencucinya.
  • Untuk hasil yang lebih efektif anda dapat melakukannya dengan rutin atau sebanyak 2 hari 1 kali.

Gel Lidah Buaya

Selain bermanfaat untuk kesehatan rambut, gel lidah buaya juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat maupun bekasnya. Berikut ini cara  menghilangkan bekas jerawat dengan gel lidah buaya:

  • Siapkan lidah buaya secukupnya dan cuci bersih lidah buaya tersebut. Lalu pisahkan gelnya dan hati hati jangan tercampur dengan getahnya  karena akan membuat kulit menjadi gatal.
  • Lalu bersihkan  wajah anda sampai bersih.
  • Oleskan gel lidah buaya tadi pada wajah anda sampai merata.
  • Diamkan beberapa saat selama 15 menit. Yang terakhir anda bisa mencuci wajah dengan menggunakan air bersih.

Putih Telur

Putih telur kaya akan kandungan protein yang baik untuk merangsang regenerasi sel pada kulit wajah dan bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat. Tidak hanya menghilangkan bekas jerawat saja, tetapi putih telur juga dapat mengencangkan kulit wajah. Berikut ini cara menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan putih telur:

  • Siapkan telur sebanyak 1 butir.
  • Lalu pisahkan bagian putih dan kuning telur tersebut.
  • Jika sudah, silahkan anda mencuci wajah anda sampai bersih.
  • Kemudian oleskan putih telur pada wajah anda hingga merata. Diamkan selama 15 menit.
  • Terakhir cuci wajah anda sampai bersih.
  • Agar hasilnya maksimal anda harus melakukan cara ini sebanyak 3 kali dalam 1 minggu.

Jagung Muda

Jagung memiliki kandungan vitamin A yang baik. Yang mana kandungannya tersebut bermanfaat untuk memberikan nutrisi pada kulit wajah anda. Banyak manfaat kandungan vitamin A untuk kesehatan kulit, yang mana salah satunya dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Berikut ini cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan jagung muda. ( Klik di sini : Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dalam 1 Hari )

  • Siapkan jagung muda yang masih segar secukupnya saja.
  • Lalu bersihkan jagung muda tersebut dan parut hingga jagung halus.
  • Setelah itu cuci wajah anda sampai bersih.
  • Kemudian oleskan parutan jagung muda tadi sebagai masker pada wajah anda.
  • Diamkan selama sekitar 20 menit dan terakhir anda bisa mencuci wajah anda dengan menggunakan air bersih.

Sebagai langkah untuk mencegah timbulnya bekas jerawat, maka sebaiknya hindari mengorek atau memencet jerawat. Ini dilakukan untuk menghindari iritasi. Ketika melakukan aktivitas di luar ruangan sebaiknya gunakan payung, topi atau mengaplikasikan sunblock cream agar wajah tidak terpapar oleh sinar matahari secara langsung.  

loading...
loading...