Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Ketombe merupakan kondisi pengelupasan kulit atau penumpukan sel-sel kulit mati dari kulit kepala. Pengelupasan sel kulit mati dalam jumlah yang kecil masih dikategorikan sebagai kondisi yang normal dan tidak menggangu. Hal ini terjadi dikarenakn lapisan epidermis terus emnggantikan dirinya sendiri, sel-sel didorong keluar dan pada akhirnya mati kemudian mengelupas dengan sendirinya. Hanya saja hal ini akan menjadi masalah ketika jumlah sel mati yang mengelupas ini jumlahnya berada diatas batas normal atau bahkan kronis dikarenakan adanya pemicu tertentu.

Ketombe memang sangat umum dialami oleh semua orang sebab sel kulit kepala akan terus melakukan regenerasi. Ketombe akan sangat mungkin dialami oleh setiap orang pada satu titik dalam hidup tanpa memandang usia maupun etnis. Ketombe dalam jumlah berlebih sering menyebabkan gatal. Hal ini disebabkan karena adanya jamur, keringat berlebih, kulit berminyak dan kulit kepala yang tidak cocok dengan produk perawatan yang digunakan, seperti shampo, gel rambut, dan produk perawatan lainnya.

Secara absolut ketombe tidak dapat dihilangkan, sebab regenerasi sel pasti akan terjadi, namun hal yang bisa dilakukan adalah membuat jumlah keluarnya ketombe menjadi normal. Secara awam kondisi ini dinamakan dengan 'tanpa ketombe'. Cara yang aman untuk 'menghilangkan' ketombe tentunya adalah dengan menggunakan bahan-bahan yang alami yang dapat dilakukan dengan cara-cara berikut.

1.    Gunakan Jeruk Lemon

Jeruk lemon mampu menjaga keseimbangan pH atau kadar asam pada kulit kepala. Cara menggunakannya, yakni campur 1 buah lemon dengan 15 ml minyak kelapa, kemudian aplikasikan pada seluruh bagian rambut hingga ke kulit kepala sambil dipijat-pijat perlahan kemduian diamkan selama kurang lebih 8 jam. Ramuan kali ini disarankan digunakan saat malam hari.

2.    Lidah Buaya

Kandungan pada lidah buaya memang sudah sejak dulu dipercaya baik untuk kesehatan rambut termasuk dalam mengatasi ketombe. Cara Menggunakannya ambil bagian gel lidah buaya potong-potong kemudian remas-remas lidah buaya dan oleskan pada seluruh permukaan rambut dan kulit kepla secara merata, diamkan sejenak kemudian bersihkan dengn shampo dan bilas menggunakan air bersih.

3.    Kangkung

Manfaat baik dari kangkung dipercaya dapat mengurangi jumlah ketombe di kepala, selain itu kandungan vitamin E pada kangkung dapat membuat rambut menjadi hitam alami, yang mana ini akan sangat baik untuk rambut. Cara penggunaannya, rebus seikat kangkung dengan 2 gelas air. Diamkan hingga mendidih dan tersisa setengahnya saja. Tunggu hingga dingin, setelah dingin remas-remas hingga sari dari kangkung keluar. Kemudian oleskan pada kulit kepala dan tunggu hingga 30 menit. Air rebusan dari kangkung sebaiknya jangan dibuang gunakan untuk membilas rambut kemudian bersihkan dengan shampo.  

4.    Daun Pandan

Selain dijadikan sebagai bahan pewangi atau pewarna makanan, manfaat daun pandan juga ampuh digunakan sebagai obat penghilang ketombe. Pilihlah daun pandan segar, kemudian cuci hingga bersih dan giling-giling daun pandan hingga halus, berikan 1 gelas air aduk hingga rata. Setelah selesai, saring dan ambil airnya. Oleskan air daun pandan di kulit kepala sambil dipijat-pijat, diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air.

Itulah dia ramuan alami yang bisa anda gunakan utnuk menghilangkan ketombe dengan cepat. Kehadiran ketombe memang kerap kali mengganggu dan dapat memunculkam kerusakan rambut lain seperti rambut rontok dan gatal-gatal. Ramuan diatas diharapkan dapat membantu anda menghilangkan ketombe.

Subscribed Youtube Channel Kami, dan dapatkan video-video terbaru dari kami

Loading...

Tutorial Hijab

 Tutorial Hijab Segi Empat
 Tutorial Hijab Pashmina
 Tutorial Hijab Pesta
 Tutorial Hijab Modern