Cara Mengobati Jerawat Bernanah yang Efektif

Jerawat yang dialami oleh setiap orang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya ada yang mengalami jerawat pada umumnya, jerawat meradang atau bahkan sampai mengalami jerawat bernanah. Jerawat bernanah itu sendiri merupakan salah satu jenis jerawat yang dianggap berbahaya. Selain membuat tidak nyaman, jerawat bernanah juga dapat mengganggu penampilan dan membuat penderitanya merasa tidak percaya diri.

Banyak faktor yang diketahui menjadi penyebab munculnya jerawat bernanah. Untuk jerawat yang bernanah biasanya disebabkan karena infeksi bakteri pada kulit. Yang mana bakteri tersebut kemudian akan menginfeksi kulit dan timbulah jerawat. Sistem kekebalan tubuh akan menyerang bakteri yang menginfeksi tersebut. Kemudian sel darah putih atau bakteri yang mati tersisa dalam bentuk nanah. Bakteri yang biasanya sering menyebabkan jerawat bernanah yaitu Staphylococcus aureus. Bakteri tersebut sebenarnya adalah bakteri normal kulit, serta saluran pernafasan atas manusia. Ketika keadaan seseorang sehat, maka bakteri tersebut tidak akan menginfeksi kulit, pasalnya sistem kekebalan tubuh keadaannya sedang optimal.

Cara mengobati jerawat bernanah

Selain bakteri, beberapa faktor lain diketahui menjadi penyebab jerawat bernanah seperti berikut ini:

  • Kebersihan wajah yang kurang terjaga. Wajah yang kebersihannya kurang terjaga akan membuat segala kotoran, polusi atau debu menempel pada kulit. Kemudian akan berinteraksi dengan jerawat yang masih aktif, sehingga pada akhirnya akan menimbulkan jerawat bernanah.
  • Makanan. Konsumsi makanan yang tidak tepat dapat memicu munculnya jerawat bernanah. Pada saat anda mengkonsumsi makanan yang tidak tepat seperti misalkan junk food, makanan berminyak atau makanan pedas, maka akan membuat produksi minyak pada kulit anda bertambah, yang mana akibatnya akan membuat peradangan pada jerawat dan jerawat bernanah pun akan muncul.
  • Genetik dan hormon. Seseorang yang memiliki orangtua dengan kulit berminyak, maka kemungkinan besar kulit anaknya pun akan berminyak. Keadaan kulit yang berminyak akan memicu timbulnya jerawat nanah. Tidak hanya itu, ketidakseimbangan hormon yang disebabkan oleh pubertas, stress atau waktu istirahat  yang kurang akan memicu meningkatnya produksi minyak dan pada akhirnya akan menyebabkan jerawat bernanah.

Agar kulit kembali mulus dan cantik, serta terhindar dari jerawat bernanah, maka penting untuk mengetahui cara mengobati jerawat bernanah. Jerawat bernanah bisa diobati dengan cara yang alami sehingga tidak akan menimbulkan efek samping apapun. Berikut ini cara mengobati jerawat bernanah secara alami dan efektif. ( Baca juga : Cara Mengobati Jerawat Meradang )

Cara Mengobati Jerawat Bernanah yang Efektif

Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bahan alami yang efektif untuk mengobati jerawat bernanah. Bawang putih mengandung sulfur yang disebut dengan thiacremonon. Kandungan tersebut dapat membantu mengeringkan jerawat yang meradang, juga termasuk jerawat bernanah dengan cepat. Selain itu, bawang putih berperan sebagai anti-jamur, anti-bakteri, anti-septik alami yang bermanfaat untuk mengobati jerawat dan membunuh kuman atau bakteri penyebab jerawat. Berikut ini cara mengobati jerawat bernanah dengan menggunakan bawang putih:

  • Pertama kali langkah yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan bawang putih sebanyak 3 sampai 4 siung.
  • Kemudian tumbuk bawang putih tersebut sampai halus dan tambahkan dengan menggunakan sedikit air.
  • Oleskan bawang putih yang sudah dihaluskan tersebut pada kulit anda yang terdapat jerawat bernanah yang sebelumnya sudah anda bersihkan.
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Jika sudah, silahkan cuci wajah anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan segera.
  • Agar hasilnya maksimal dan jerawat bernanah segera hilang, maka anda harus mengobatinya dengan rutin.

Madu

Madu merupakan bahan alami yang sudah terkenal baik untuk kesehatan kulit. Madu bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan jerawat. Madu adalah antibiotik alami yang efektif untuk membunuh bakteri yang menjadi penyebab jerawat bernanah. Madu memiliki efek osmosis yang bisa menyerap cairan pada luka, serta bisa pula berfungsi sebagai pelepas hidrogen peroksida, yakni sebuah antibiotik yang dapat berperan untuk membunuh bakteri yang menjadi penyebab jerawat. Sifat asam yang dimiliki oleh madu dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab jerawat bernanah, serta mencegah terjadinya peradangan pada jerawat. Madu juga dapat mengatasi minyak yang berlebih sehingga akan menurunkan risiko jerawat bernanah yang disebabkan oleh minyak berlebih. Berikut ini cara menghilangkan jerawat bernanah dengan madu:

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu mencuci kulit atau wajah yang terdapat jerawat bernanah terlebih dahulu.
  • Kemudian dengan menggunakan cottton bud, oleskan madu pada kulit atau wajah yang terdapat jerawat bernanah tipis-tipis saja. Diamkan selama sekitar 30 menit.
  • Setelah itu, silahkan bilas dengan menggunakan air hangat, kemudian lanjutkan membilasnya dengan air dingin. Jika sudah, segera keringkan.
  • Lakukan cara ini dengan rutin agar hasilnya maksimal.

Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh memiliki sifat anti-bakteri yang ampuh untuk membunuh bakteri, termasuk bakteri yang menyebabkan jerawat. Berikut ini cara menghilangkan jerawat bernanah dengan belimbing wuluh:

  • Cuci terlebih dahulu kulit anda yang terdapat jerawat bernanah.
  • Lalu ambil sekitar 3 sampai 5 buah belimbing wuluh. Tumbuk belimbing wuluh tersebut sampai belimbing cair dan bisa digunakan sebagai masker.
  • Setelah itu, oleskan belimbing wuluh tersebut pada area kulit yang terdapat jerawat bernanah dan diamkan selama 20 menit.
  • Jika sudah, silahkan cuci kulit anda menggunakan air hangat.

Lemon

Lemon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Lemon juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati jerawat bernanah. Berikut ini cara mengobati jerawat bernanah dengan lemon:

  • Pertama kali langkah yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan 1 buah lemon. Kemudian peras air buah lemon tersebut dan campurkan dengan air secukupnya.
  • Oleskan campuran air dengan air perasan lemon tersebut pada kulit anda yang terdapat jerawat bernanah.
  • Agar hasilnya maksimal, maka anda bisa menerapkan cara ini sebelum tidur.
  • Ketika pagi harinya anda dapat mencuci kulit anda meggunakan  air bersih.
  • Agar hasilnya maksimal, lakukan cara ini 1 kali sehari.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengobati jerawat bernanah. Minyak zaitun adalah antibakteri alami yang dapat mengatasi berbagai bakteri yang menjadi penyebab jerawat. Minyak zaitun pun mengandung senyawa polifenol yang dapat mencegah terjadinya peradangan  pada jerawat. Selain itu, minyak zaitun pun mengandung asam lemak esensial yang dapat memperbaiki  bagian kulit yang rusak. Berikut ini cara mengobati jerawat bernanah dengan minyak zaitun:

  • Siapkan minyak zaitun secukupnya.
  • Lalu oleskan minyak zaitun tersebut pada area kulit yang terdapat jerawat bernanah.
  • Sebaiknya oleskan minyak zaitun ini ketika malam hari sebelum anda tidur. Keesokan harinya anda dapat mencuci kulit anda sampai bersih.
  • Lakukan dengan rutin untuk hasil yang maksimal.

Selain cara mengobati jerawat bernanah dengan cara alami, anda juga harus mendukungnya dengan perawatan yang tepat. Usahakan untuk selalu menjaga agar kulit tetap dalam keadaan lembab. Jika terdapat jerawat yang terlanjur timbul, maka hindari untuk memencetnya, anda harus memenuhi waktu istirahat yang cukup, hindari menggunakan kosmetik secara berlebihan dan lakukanlah olahraga dengan rutin.

Subscribed Youtube Channel Kami, dan dapatkan video-video terbaru dari kami

Loading...