Cegah Jerawat dengan Mencuci Wajah yang Benar

Setelah Anda melakukan aktifitas seharian, Anda biasanya sering merasakan wajah Anda yang terasa lengket dan berminyak. Hal ini merupakan fenomena yang sering terjadi karena pada siang hari kulit mulai melakukan aktifitas pembuatan sebum atau minyak. Saat kulit berminyak, kulit akan lebih mudah terkena polusi atau bakteri jahat. Karena polusi dan bakteri akan lebih mudah menempel pada minyak. Jika hal ini dibiarkan maka masalah kulit seperti komedo, jerawat, bisul dan juga flek hitam mungkin sekali timbul. 

Komedo? Jerawat? Aduh nightmare deh kalo kedua hal tersebut datang dan muncul di wajah kita. Gimana enggak, komedo dan jerawat akan membuat wajah kita terlihat kotor karena bentuknya yang bulat dan bintik-bintik. Itulah mengapa banyak sekali orang yang mengeluh tentang jerawat dan komedo ini. Sssstt..satu lagi, ternyata komedo dan jerawat tidak hanya bisa muncul di wajah lho, tetapi jerawat juga bisa muncul di leher dada serta punggung. Bagaimana bisa? Bisa-bisa saja lho, kalau Anda jarang mandi atau malasmengganti pakaian saat Anda berkeringat. Jadi minyak, sel kulit mati dan juga bakteri akan mengendap dipori-pori kulit. Sehingga penyumbatan pun akan terjadi dan komedo serta jerawatakan perlahan muncul. Kalo lama tidak diobati atau ditangani dengan baik dan benar, biasanya jerawat ini akan meradang dengan ciri-ciri berwarna kemerahan, bulat dan memiliki rasa gatal dan sakit kalo dipegang. (Baca juga: Cara menghilangkan jerawat)

Nah selain mengelap wajah Anda dengan tissu atau handung kering, Anda pun harus rajin mencuci wajah Anda. Hal ini dipercaya mampu mencegah datangnya masalah-masalah yang terjadi pada kulit. Pertanyaannya adalah apakah Anda tahu bagaimana mencuci wajah yang benar? Hati-hati lho, salah-salah mencuci wajah dengan asal dan tidak dilakukan dengan benar malah bisa membuat jerawat semakin banyak tumbuh. Nah, Anda tidak usah khawatir, kami punya tips bagaimana mencuci wajah dengan benar, sehingga Anda bisa terhindar dari jerawat.

Hal yang pertama Anda siapkan adalah milk cleanser, sabun, air hangat, air dingin dan handuk.

  1. Cucilah wajah Anda dengan menggunakan milk cleanser. Tuangkan milk cleanser ke telapak tangan lalu oleskan ke wajah dan bilas dengan kapas. Jangan digosok. Tapi tarik kapas dari bawah keatas agar kulit terjaga dan tidak mudah keriput.
  2. Didihkan air kedalam panci dan didihkan dengan menggunakan api kompor. Setelah itu, tuangkan air yang mendidih kedalam ember lalu biarkan uapnya mengenai wajah Anda. Diamkan selama 5 menit.
  3. Cuci wajah Anda dengan menggunakan sabun. Pijatlah bagian pinggir wajah terlebih dahulu. Lalu bagian T wajah yaitu dahi, hidung serta dagu. Lalu bagian pipi dan buat pola V agar komedo terangkat.
  4. Terakhir bilaslah dengan air dingin. Agar pori-pori tertutup kembali.
  5. Keringkan dengan handuk dengan cara ditepuk-tepuk. Nah, selamat mencoba! (Baca juga: Obat jerawat)
loading...