Deteksi Tanda-Tanda Adanya Masalah Serius yang Membuat Pernikahan Terasa Hambar

Pernikahan merupakan sebuah momen penting yang terjadi sekali dalam seumur hidup. Pernikahan terjadi karena adanya komitmen antara dua insan yang saling mencintai dan mengasihi. Pernikahan pada umumnya didambakan dan impikan oleh semua orang yang ada di dunia ini. Meskipun nanti kehidupan setelah menikah akan berubah sepenuhnya, tetapi itu tidak ada artinya karena akan ada seseorang yang dicintai hidup bersama kita dan menyempurnakan semuanya.
Menurut sebagian orang masa awal pernikahan merupakan masa-masa yang paling indah. Pada masa itu gejolak api asmara sangat menggebu, semua akan terasa indah, dan hal yang biasa-biasa saja pun akan terasa lebih istimewa.

Namun, keadaan dan perasaan yang sama seperti masa awal pernikahan tidak akan selamanya bertahan. Ya karena semakin lama pernikahan terjalin, maka hal-hal buruk atau masalah pun lambat laun akan menghampiri. Permasalahan yang menghampiri sebuah pernikahan tersebut biasanya itu datang dari berbagai macam sisi, entah itu dari dalam atau dari di luar.

Biasanya masalah yang timbul dari dalam yaitu masalah yag disebabkan oleh pasangan yang menikah itu sendiri. Biasanya masalah tersebut disebabkan karena adanya rasa bosan atau rasa cinta menjadi terasa hambar. Nah, apakah anda pernah mengalami sebuah keadaan dimana anda sudah tidak lagi semangat atau bergairah menjalankan hubungan pernikahan bersama pasangan anda? Jika hal tersebut pernah anda alami, tentunya hal yang akan dirasakan yaitu anda seperti berada di dalam sebuah situasi dimana anda merasa sudah tidak menginginkan hubungan pernikahan tersebut tetapi anda pun tidak mampu untuk meninggalkannya. Dan bahasa lainnya mungkin anda pada saat itu berada dan terperangkap dalam sebuah tempat yang tidak anda inginkan. Dalam hal ini anda harus berhati-hati, karena hubungan pernikahan anda sudah dikategorikan ke dalam pernikahan yang hambar atau kata lainnya seperti sayur tanpa garam.

Tanda pernikahan hambar1

Banyak sekali faktor yang menyebabkan hubungan pernikahan menjadi terasa hambar. Dimana beberapa faktor yang dimaksud yaitu karena salah seorang di antara anda atau pasangan merasa sakit hati, kurangnya perhatian, masalah finansial, terjebak di dalam rutinitas pekerjaan dan lain sebagainya.

Pernikahan itu bagaikan bahtera, karena terkadang berjalan dengan mulus, atau kadang menghadapi gelombang. Oleh sebab itulah, anda harus mendeteksi adanya tanda-tanda bahwa pernikahan anda memiliki masalah serius yang membuat pernikahan menjadi hambar. Jika anda telah mengetahuinya, maka anda bisa memperbaiki hubungan anda bersama pasangan anda untuk pernikahan yang bahagia dan harmonis. Lantas apa saja tanda-tanda yang dimaksud? Jika anda penasaran, anda bisa simak langsung pembahasannya pada ulasannya di bawah ini.

Tanda-Tanda Adanya Masalah Serius yang Membuat Pernikahan Terasa Hambar

1. Bertengkar setiap hari

Hidup bersama pasangan dan berdampingan dalam satu rumah setiap hari akan membuat kita memiliki kontak fisik atau emosi. Nah, jika hal tersebut mengarah pada hal atau pandangan yang buruk, maka anda memiliki masalah yang serius di dalam pernikahan anda sendiri.

2. Kesulitan menyeimbangkan prioritas

Banyak sekali dimensi di dalam hubungan pernikahan, seperti misalkan karir, anak, sanak sudara, teman dan lain sebagainya.

Nah, setiap pasangan harus mampu atau bijaksana di dalam menentukan mana yang menjadi prioritas dalam hubungan anda berdua. Anda harus mampu menyeimbangkan hal-hal itu semua, karena jika prioritas menjadi berat sebelah, seperti misalkan lebih mengutamakan karir atau hubungan sosial di atas hubungan atau kepentingan keluarga itu sendiri, maka itu merupakan sinyal atau adanya bahaya di dalam pernikahan anda.

Jika memang pada kenyataannya anda dan pasangan sibuk akan karir, maka diharapkan anda harus memiliki atau meluangkan waktu untuk pasangan anda masing-masing. Hal ini dimaksudkan agar meskipun anda berdua sibuk akan karir masing-masing tetapi anda berdua tidak melupakan hal yang lebih penting dibandingkan dengan itu.

3. Rasa percaya diri memburuk setelah menikah

Jika setelah menikah rasa percaya dir anda mulai memburuk, atau bahkan teman-teman anda merasa atau menilai bahwa kepribadian anda berubah menjadi negatif, maka itu artinya pasangan anda atau suami anda telah mempengaruhi dan merubah anda ke arah negaitir.

Ingatlah pasangan yang tidak baik akan cenderung merendahkan pasangannya sendiri, tidak hanya itu ia pun akan menghina atau berkomentar buruk saat bertikai. Dan hal inilah yang akan membuat seseorang menjadi lebih sensitif serta akan membuat rasa percaya diri menjadi menurun. Akibatnya, hubungan di antara keluarga, anak, karir serta hubungan sosial pun akan menjadi memburuk pula.

4. Rasa cinta terhadap pasangan akan memudar

Bila masalah menghampiri atau seketika anda merasa kesal kepada pasangan anda, mungkin pada saat itu penyesalan pun akan terbesit di benak pikiran anda. Mungkin pada saat itu anda akan bertanya-tanya mengapa anda harus menikah dengan dia, atau mengapa anda memilih dia.

Apabila masalah atau amarah lambat laun mereda, maka perasaan tersebut pun akan menghilang. Tetapi jika pada saat itu anda terus menerus menyesali pernikahan anda dengan pasangan anda atau bahka berpikir untuk bercerai, maka itu tandanya pernikahan anda memiliki sebuah masalah yang serius.
Untuk mengatasi itu semua, maka cobalah untuk mengambalikan cinta yang telah pudar tersebut, terlbih lagi jika anda melakukan itu semua demi anak-anak.

5. Selalu salah di mata pasangan

Semua manusia yang ada di dunia ini tidak ada yang sempurna, setiap manusia tentunya pernah melakukan kesalahan-kesalahan. Oleh sebab itulah, di dalam hubungan pernikahan anda dan pasangan harus bisa menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing. Menghargai serta memberikan pengertian antara satu sama lain akan kesalahan-kesalahan yang pernah diperbuat.

Namun, jika pada saat itu anda atau pasangan selalu mengkritik atau menyalahkan di antara satu dan yang lainya bahkan terus menerus melontarkan pandangan yang negatif, maka itu bisa jadi sesuatu yang tidak benar. Oleh sebab itulah, anda harus mencoba menggalinya lebih dalam.

6. Komunikasi terganggu karena adanya kesehatan jasmani atau mental

Penyakit mental atau jasmani biasanya akan berpengaruh pada komunikasi antara suami dan istri, dimana hal tersebut merupakan tanda bahwa hubungan anda dan pasangan tidak sama seperti dulu. Nah, untuk mengatasi itu semua maka konseling pernikahan mungkin bisa menjadi jalan keluar untuk mengatasi masa-masa sulit seperti itu.

7. Adanya perbedaan pandangan

Memiliki pandangan atau tujuan yang sama dalam sebuah pernikahan merupakan hal penting yang harus dimiliki di dalam sebuah pernikahan. Namun apabila perbedaan pandangan lambat lan mulai terjadi, maka anda harus waspada dan berhati-hati karena mungkin saja itu merupakan tanda bahwa hubungan anda sudah mulai hambar dan keharmonisan lambat laun akan terganggu.

Cobalah anda dan pasangan meluangkan waktu beberapa jam dalam setiap harinya untuk berdiskusi atau berbincang untuk mempererat hubungan anda dan pasangan seperti sedia kala.

Nah, itulah beberapa tanda bahwa hubungan pernikahan anda dan pasangan mengalami masalah serius yang akan membuat hubungan menjadi hambar. Setelah mengetahui tanda-tanda itu semua, maka hal yang harus anda lakukan yaitu memperbaiki kembali hubungan pernikahan anda. Semoga bermanfaat.

loading...
loading...