Kenali Ciri Bahwa Pernikahan atau Rumah Tangga yang Anda Jalani Tidak Bahagia

Ketika dua insan sedang jatuh cinta memutuskan untuk menikah, maka mereka akan membangun rumah tangga bersama. Mengawali rumah tangga pada kenyataannya tidak semudah seperti yang dibayangkan. Jika kita berpikir atau beranggapan bahwa kehidupan setelah menikah itu akan terus menerus bahagia, namun nyatanya anggapan tersebut tidak benar adanya. Justru setelah menikah akan banyak masalah yang datang dan menghampiri, bahkan masalah tersebut akan menyebabkan percekcokan dalam rumah tangga.

Rumah tangga yang bahagia dan harmonis tidak akan datang dengan sendirinya, pasalnya untuk mewujudkan itu semua dibutuhkan ketulusan hati serta kesabaran. Sabarlah dalam menghadapi sikap pasangan yang lambat laun mulai berubah dan sabarlah dalam setiap menghadapi masalah yang datang.
Ketika benih ketidakharmonisan muncul dalam pernikahan atau rumah tangga, maka diharapkan anda dan pasangan peka untuk melakukan pencegahan agar hubungan pernikahan atau rumah tangga yang selama ini anda jalin bersama pasangan tetap utuh.

Namun sayangnya, tidak sedikit pasangan yang tidak mengetahui tanda-tanda hubungan pernikahannya tidak bahagia atau tidak harmonis. Justru tanda-tanda tersebut mereka abaikan dan dianggap sebagai kebiasaan semata. Dalam kasus seperti ini pantas saja jika banyak pasangan yang tidak bisa mencegah dan mempertahankan rumah tangganya sendiri, sehingga mereka memilih mengakhiri hubungannya di meja hijau. Nah, anda tidak ingin hal itu terjadi dan menimpa hubungan anda bersama pasangan bukan? Oleh sebab itulah, anda harus mengetahui tanda-tanda bahwa hubungan pernikahan atau rumah tangga anda tidak bahaggia. Lantas apa saja tanda-tanda yang dimaksud? Untuk mengetahuinya anda bisa langsung simak pembahasan di bawah ini.

Tanda hubungan tidak bahagia

Ciri Bahwa Pernikahan atau Rumah Tangga Tidak Bahagia

1. Komunikasi menjadi berkurang

Komunikasi merupakan salah satu kunci keberhasilan hubungan pernikahan. Karena dengan komunikasi kita bisa mengetahui apa yang diinginkan dan diharapkan oleh pasangan kita masing-masing. Dalam sebuah hubungan diperlukan komunikasi yang baik, dimana komunikasi yang baik ini memiliki tujuan untuk menyamakan sebuah pendapat atau persepsi, serta salah satu cara yang paling ampuh untuk menghindari masalah dan kesalahpahaman.

Dalam hal ini anda harus mengevaluasi kembali seperti apa komunikasi anda bersama dengan pasangan selama ini. Jika komunikasi anda dan pasangan tiba-tiba berkurang atau bahkan semakin jarang melakukan komunikasi maka janganlah anda biarkan keadaan tersebut berlarut-larut, karena jika dibiarkan maka pernikahan anda akan terancam.

2. Tidak memiliki waktu untuk keluarga atau pasangan

Ketika hubungan pernikahan atau rumah tangga terasa hambar, maka anda maupun pasangan akan merasa tidak nyaman berada di rumah. Untuk mengatasi rasa jenuh yang menghampiri tidak jarang jika setiap orang menghabiskan waktunya di luar rumah atau di tempat kerja. Bahkan lebih memilih berkumpul dengan teman-teman dibandingkan dengan keluarga di rumah. Nah, akibatnya anda tidak memiliki waktu yang berkualitas untuk pasangan atau keluarga anda. Dan keadaan ini merupakan salah satu tanda bahwa hubungan pernikahan atau rumah tangga anda tidak bahagia. Demi menjaga keutuhan rumah tangga maka cobalah untuk mengatasi keadaan ini. Caranya cukup mudah, anda bisa mengajak pasangan dan keluarga anda berlibur ke tempat yang belum anda kunjungi. Dengan suasana baru seperti ini rasa jenuh dan bosan pun lambat laun akan hilang.
3. Saling berbohong
Selain komunikasi, kejujuran juga merupakan hal penting dalam kehidupan rumah tangga. Namun tidak sedikit pasangan yang selalu berbohong kepada pasangannya masing-masing, entah itu masalah keuangan atau masalah lainnya. Jika dibiarkan terus menerus kebiasaan seperti ini akan merusak hubungan pernikahan dan rumah tangga. Oleh sebab itulah, anda harus bisa mengatasinya jika ingin hubungan pernikahan tetap langgeng dan utuh dengan pasangan anda.

4. Sering terjadi perdebatan

Perdebatan tidak bisa dielakan dalam kehidupan rumah tangga. Nah, di awal pernikahan perdebatan yang sering terjadi di antara pasangan masih bisa dikatakan wajar karena pada saat itu masing-masing pasangan masih menyesuaikan akan sikap dan karakter satu sama lainnya. Namun, jika perdebatan terus berlanjut bahkan setelah sekian lama anda menjalin kehidupan rumah tangga bersama dengan pasangan dan masih belum menemukan titik temu untuk mengatasi masalah percekcokan yang masih sering terjadi, maka dari itulah anda harus berhati-hati karena bisa saja hubungan anda dan pasangan selama ini tidak bahagia. Demi menjaga kehidupan rumah tangga yang selama ini terjalin, cobalah untuk saling memahami satu sama lain. Hindarilah sebisa mungkin permasalahan yang akan menyebabkan percekcokan di antara anda berdua.

5. Hilangnya keakraban

Pernikahan bukan berarti menyatukan dua insan yang sedang jatu cinta saja, melainkan menyantukan dua keluarga dengan pandangan dan latar belakang yang berbeda. Nah, selain harus bisa mengerti dan memahami pasangan, anda juga harus bisa memahami semua keluarganya. Di dalam rumah tangga tidak hanya terdiri dari suami dan istri saja melainkan terdiri dari anak-anak, orang tua dan saudara-saudara lainnya. Dalam satu keluarga keakraban sangat diperlukan. Namun, jika keakraban tersebut mulai menjauh bahkan tidak ada lagi maka itu tandanya bahwa hubungan rumah tangga sedang mengalami masalah. Untuk mengatasinya cobalah cari titik permasalahannya dan selesaikanlah dengan sebaik mungkin.

6. Muncul depresi

Ketika rumah tangga tidak bahagia, maka jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan semua anggota keluarga tertekan. Oleh karena itulah, tidak heran jika ada salah satu anggota keluarga yang mengalami depresi. Nah, jika ada salah satu di antara keluarga anda yang mengalami keadaan seperti ini maka itu tandanya bahwa ada kesalahan dalam hubungan rumah tangga yang sedang anda jalin bersama pasangan anda.

7. Tidak memiliki tujuan hidup

Sebelum menikah tentunya setiap pasangan memiliki komitmen dan tujuan hidupnya masing-masing. Jika hubungan rumah tangga tidak bahagia, maka pada saat itu fungsi-fungsi keluarga sudah tidak lagi bekerja sebagaimana mestinya. Karena hal itulah, semua anggoota keluarga tidak akan lagi memiliki tujuan hidup, bahkan akan melakukan segala sesuatunya dengan kehendak sendiri.

8. Tidak mempedulikan keluarga

Keluarga merupakan satu kesatuan yang kokoh. Dalam sebuah keluarga biasanya kepedulian akan selalu ada, kasih sayang akan selalu melekat dan cinta akan selalu tumbuh. Namun, jika rasa peduli tersebut sudah tidak ada lagi di antara suami dan istri atau bahkan terhadap anak-anak, setiap orang berusaha untuk mencari kebahagiaan dan kesenangan hidupnya sendiri sesuai yang diinginkannya, maka itu tandanya bahwa kehidupan rumah tangga sudah tidak berjalan dengan baik atau tidak bahagia.

9. Terjadi perselingkuhan

Jika kehidupan rumah tangga sudah tidak berjalan dengan baik, maka tidak heran jika setiap pasangan menjadi tidak respek terhadap satu sama lain. Untuk mendapatkan kembali kasih sayang, perhatian dan dukungan, biasanya masing-masing pasangan akan melakukan perselingkuhan dengan orang lain yang dianggapnya mampu memberikan apa yang dibutuhkannya.

Nah, itulah beberapa tanda bahwa hubungan anda dan pasangan tidak bahagia. Demi keutuhan dan kebahagiaan rumah tangga dan pernikahan, maka sebisa mungkin anda harus menghindari hal itu semua. Semoga bermanfaat.

loading...