Kisah Sukses Martha Tilaar Pengusahan Kosmetik Ternama Indonesia

Kisah Sukses Martha Tilaar Pengusahan Kosmetik Ternama Indonesia Bagi anda para wanita yang terbiasa dengan merias diri anda tentu sudah tidak asing atau mungkin anda mengenal salah satu produk kosmetik kenamaan di tanah air, yakni Sariayu Martha Tilaar. Nama brand kosmetik ini kian berkibar sebagai market leader kosmetik lokal di Tanah Air. Jaminan kualitas tinggi serta inovasi yang tidak pernah padam membuat produk kecantikan ini tidak hanya diminati wanita di Indonesia, namun juga semakin meluas di mancanegara. Kualitasnya yang sudah terbukti dengan baik serta inovasi yang tak henti pada kosmetik ini kian saja mendongkrak nama besar produsen yang memiliki sejarah yang panjang ini.

Dibalik kesuksesan besar produk kecantikan Sariayu dibelakangnya terdapat nama sang pendiri, yakni Martha Tilaar, yang merupakan tokoh kunci perusahaan tersebut dapat berkembang hingga sebesar seperti saat ini. Ibu Martha Tilaar adalah sososk wanita inspiratif Indonesia yang kisah suksesnya patut kita tauladani. Ia bukan hanya dikenal dalam membesarkan bisnisnya, namun juga dikenal akan kisah hidupnya yang menarik serta inspiratif. Nah berikut kita simak kisah hidupnya dimulai dari awal hingga ia bisa meraih kesuksesannya.

Awal Kisah Hidup Martha Tilaar

Kisah Sukses Martha Tilaar Pengusahan Kosmetik Ternama Indonesia

Martha Tilaar kecil lahir di Kebumen yakni suatu provinsi di Jawa Tengah pada tanggal 4 September 1937. Ia lahir dari sebuah keluarga yang cukup bersahaja. Martha Tilaar memang sudah sejak dulu dikenal sebagai seorang yang mandiri dan menyenangi hal-hal yang berbau dengan kosmetik dan kecantikan. Semasa sekolahnya dulu, ia yang kini dikenal sebagai salah satu pelopor dunia kosmetik modern Indonesia, pernah menjual hiasan kreasinya sendiri yang terbuat dari tumbuhan tradisional seperti Jali-jali putih dan Sogok Telik. Setelah dirangkai dengan cantik, kemudian ia jual pada teman-temannya, uang hasil penjualannya tersebut lantas ia simpan sebagai tambahan uang saku untuk dirinya.
Beranjak dewasa, ia tumbuh menjadi seorang remaja yang ayu dan cantik. Hingga pada suatu saat ia mendapatkan lamaran dari seorang putra ningrat bernama H.A.R Tilaar. Kehidupan yang dijalaninya memang sudah tergaris bak sebuah cerita dalam film, ia menikah di usia muda dan harus ikut sang suami pergi ke Negeri Paman Sam untuk menemani sang suami melanjutkan studinya.

Di Amerika, ia tidak tinggal diam dan hanya menunggui suaminya saja, ia ingin mengembangkan ketertarikannya dalam hal kosmetik sehingga pada akhirnya ia masuk dan mendaftar ke sebuah universitas kenamaan yakni Academy of Beauty Culture yang bertempat di Bloomington, Indiana. Disanalah ia menyerap berbagai ilmu mengenai kosmetika dan banyak hal. Selepas menyelesaikan studinya di Bloomington, Martha langsung menerapkan apa yang ia pelajari semasa kuliahnya dengan membuka salon kecil di Amerika.

Usaha pertamanya dalam membuka salon tidaklah semudah yang dibayangkan. Martha harus berjuang lebih keras untuk mempromosikan salon kecantikan yang ia buka di Amerika dengan cara mengunjungi pelanggannya dari pintu ke pintu. Menawarkan jasa salon kecantikannya kepada istri manta dosennya serta para wanita indonesia atau istri para pejabat yang ikut ke Amerika. Dari sanalah perlahan namun pasti usaha Martha mulai berkembang dan bahkan namanya sudah mulai mendapatkan ruang dihati para ibu pejabat yang tinggal di Amerika. Dengan kerja keras yang dilakukannya, perlahan usaha Martha mulai banyak dikenal orang dan banyak dibicarakan.

Perjalanan Membangun Bisnis Kosmetik

Kisah Sukses Martha Tilaar Pengusahan Kosmetik Ternama Indonesia

Di tahun 1970, Martha Tilar kembali pulang ke Indonesia dan pengalaman semasa di Amerika telah menjadi modal berharga untuk mengembangkan bisnisnya di tanah air. Sepulangnya dari Amerika, ia membuka salon pertamanya yang ia bangun di bekas garasi rumah ayahnya. Dengan modal nama yang sudah cukup dikenal, sepertinya tidak terlalu sulit untuk Martha menjaring para pelanggan untuk mengunjungi salonnya. Bahkan para mantan pelangganya semasa ia di Amerika kembali ia hubungi dan diperkenalkan akan salon barunya yang ia buka di daerah Kebumen. Dari sanalah perkembangan salon baru miliknya mengalami perkembangan yang terbilang cukup pesat. Dan bahkan dua tahun setelahnya, ia mendirikan cabang salon terbarunya yang berada di Jakarta tepatnya di Jalan Anggur No. 3 Cipete, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Sama halnya dengan salon sebelumya, di cabangnya ini nampaknya mudah sekali bagi dirinya untuk mendulang kesuksesan untuk kesekian kalinya. Dimana disinilah titik awal, ia mulai mengembangkan sayapnya dalam brand kosmetik hasil kreasinya sendiri yang ia berinama sesuai dengan namanya yakni Sariayu Martha Tilaar.

Kesempatan yang besar datang ketika dirinya mendapatka tawaran bekerja sama dengan Theresia Harsini Setiady yang merupakan salah satu petinggi dari salah satu perusahaan obat kenamaan di tanah air yakni PT. Kalbe Farma. Saat itu, ia ditawari sebuah kerjasama dalam mengembangkan produk kosmetik kecantikan miliknya dengan bantuan proses produksi dari perusahaan farmasi terbesar tersebut dalam bentuk sebuah perusahaan bernama PT. Martina Berto. Sepertinya Dewi keberuntungan memang selalu bersama dengan beliau jadilah ia menjalin kerjasama tersebut. Dan setelah berjalan selama beberapa tahun, tidak disangka-sangka produk kosmetik kecantikan dari Sariayu Martha Tilaar ternyata mendapatkan respon yang luarbiasa dari para konsumen lokal. Dengan sentuhan kreatifitas serta inovasi Martha Tilaar dalam mengambil tema kecantikan alami dari tiap daerah dan pelosok negeri ini, semakin menjadikan produk kecantikannya terlihat unik dan makin diminati.

Dari sinilah kejayaan dan kerajaan bisnis kosmetik kecantikan Martha Tilaar mulai tumbuh dan berkembang, dimulai dari sebuah PT Martina Berto yang dibentuk sebagai perusahaan kerjasama dengan PT Kalbe Farma yang dibagun beberapa tahun lalu kini telah menjadi hak milik sepenuhnya Martha dan berada dibawah bendera Martha Tilaar Group. Bukan hanya perusahaan itu saja, Martha Tilaar juga mengakuisisi beberapa perusahaan lain yang juga tak kalah besar seperti diantaranya Aromatic Oil Of Java Martha Tilaar, Biokos Martha Tilaar, Belia Martha Tilaar, Jamu Garden Martha Tilaar, PT Tiara Permata dan amsih banyak lagi.

Menjadi seorang wanita sukses dengan penghasilan yang fantastis dan mungkin tak ternilai harganya tak lantas membuat seorang Martha Tilaar menjadi pribadi yang lupa diri. Martha Tilaar terus memberikan kontribusinya untuk negeri ini dengan memberdayakan agar wanita Indonesia menjadi lebih kreatif dan mandiri lagi. Bahkan hingga sampai saat ini, tercatat sekitar 70% pkerja Martha Tilaar group adalah para wanita.

Nah, dengan demikian kita bisa mengambil kesimpulan dari kisah sukses Ibu Martha Tilaar bahwa kesuksesan tidak semata-mata diraih dengan begitu mudah, ada pejuangan panjang dan kerja keras yang harus dilalui sebelumnya. Jika kita mau berusaha dan berfokus pada satu bidang pekerjaan dan menekuninya dengan benar-benar sungguh-sunggung maka tidak ada yang tidak mungkin jika kita yakin dan terus berjuang.

Anda Bisa Simak Video Berikut Ini 

{embed:youtube:dSjHuI6LdE4}

loading...
loading...