Langkah Tepat yang harus Dilakukan Sebelum Memulai Pernikahan

Menikah merupakan impian untuk semua pasangan. Nah, sebelum melanjutkan ke jenjang pernikahan biasanya banyak pasangan di dunia ini mengesahkan hubungannya dengan melaksanakan tunangan terlebih dahulu. Dimana tunangan ini biasanya disimbolkan dengan pemberian cincin. Setelah tunangan tentunya anda tidak ingin lama-lama menunda pernikahan bukan? Untuk itu anda harus mendiskusikan bersama pasangan dan keluarga dari ke dua belah pihak untuk merencanakan pernikahan karena memang pada dasarnya menunda suatu pernikahan tidaklah baik.

Nah, apabila anda telah merencanakan sebuah pesta pernikahan tentunya berbagai persiapan pun haruslah dilakukan. Namun di antara semua persiapan pernikahan ada salah satu yang sering dilupakan oleh pasangan muda-mudi yang akan menikah yaitu mempersiapkan diri untuk kehidupan setelah menikah, sementara gaun, dekorasi, acara resepsi menjadi priorotas utama.

Ya meskipun merencanakan hari pernikahan sangatlah penting karena mengingat menikah itu sekali seumur hidup sehingga harus dilaksanakan benar-benar sakral agar momen tersebut terus diingat, namun meskipun begitu anda juga tidak boleh gagal dalam mempersiapkan transisi untuk melangkah pada gaya hidup baru yang mungkin belum biasa anda lakukan setelah hari pernikahan. Pada awalnya hal ini memanglah nampak terlalu berat, tetapi mempersiapkan diri lebih awal untuk kehidupan ke depannya bersama pasangan anda setelah melangsungkan pernikahan dapat membantu anda untuk memulai pernikahan dengan langkah yang tepat. Di bawah ini ada beberapa langkah tepat yang harus anda lakukan sebelum memulai pernikahan.

Langkah Tepat Sebelum Memulai Pernikahan

Mendiskusikan Harapan

Sebelum menikah, berdiskusi bersama pasangan merupakan langkah tepat yang harus anda lakukan. Diskusikanlah bersama pasangan anda apa harapan yang anda inginkan begitu juga pasangan anda dalam berbagai kategori. Sebagai salah satu contoh, siapa yang akan mengerjakan pekerjaan rumah tangga? Siapa yang akan mencari nafkah? Apakah kegiatan tersebut akan dibagi dua antara anda dan pasangan anda atau hanya satu orang sajakah yang akan mengerjakannya. Nah, mendiskusikan semua harapan seperti halnya tugas rumah tangga dapat menolong anda berdua untuk mencapai kesepakatan mengenai berbagai isu. Membahas harapan secara bersama juga akan menolong anda dan pasangan anda agar memiliki rencana untuk masa depan. Lebih baik untuk membahas harapan ini sebelum pernikahan dibandingkan sesudah pernikahan, karena apabila perbedaan harapan ini terjadi sesudah menikah maka kemungkinan akan terjadi perselisihan di antara anda dan pasangan.

Tetapkan prioritas sosial

Sebelum memulai pernikahan menetapkan prioritas merupakan waktu yang sangat tepat. Ketika anda hendak menikah bersama pasangan anda usahakan jangan ada hubungan lain dalam kehidupan rumah tangga yang lebih penting antara kehidupan anda dan pasangan. Namun, meskipun begitu bukan berarti anda harus terkekang dan meninggalkan semua hubungan yang lainnya. Sesekali anda bisa jalan bersama teman-teman anda namun jangan terlalu sering dan jangan sampai menyita waktu bersama pasangan anda.

Bersiap untuk menjadi individu yang lebih tegar

Kehidupan setelah menikah itu tidaklah semudah ketika anda membalikan telapak tangan. Satu hal yang perlu anda ingat, setelah menikah anda harus bisa menjadi sosok wanita yang lebih kuat dan tegar. Berbagai halangan dan rintangan kapan saja bisa terjadi pada kehidupan pernikahan anda. Dalam hal ini anda jangan pernah meraa putus asa dan mengeluh, upayakan segala cara agar halangan dan rintangan tersebut bisa diselesaikan dengan baik. Jika anda mengeluh maka kemungkinan besar kelak kehidupan pernikahan anda dan pasangan akan terganggu dan kemungkinan besar akan kandas.

Berlatih kesabaran

Setelah menikah kekuranagan dari pasangan anda lambat laun akan terlihat dibandingkan ketika masa-masa pacaran atau tunangan. Jika anda sebelumnya melihat bahwa pasangan anda sempurna, hal tersebut tiba-tiba tidak akan terlihat lagi seperti sediakala. Meskipun pada saat itu anda akan memperhatikan semua kekurangan dan juga kebiasaan buruk yang dimiliki oleh pasangan, penting bagi anda untuk menyadari bahwa anda juga bukanlah makhluk sempurna, dimana anda juga pastinya memiliki kekurangan dan kebiasaan buruk yang mungkin akan mengganggu pasangan anda. Daripada anda bersikap rewel dan terus membicarakan kekurangan dari pasangan anda, maka lebih baik anda sabar untuk menghadapinya. Sesekali luangkanlah waktu untuk bisa fokus pada semua karakteristik positif yang dimiliki pasangan anda, janganlah terlalu fokus pada kekurangan dan kebiasaan buruk pasangan anda. Jangan sampai kebiasaan buruk pasangan membutakan mata anda dari semua kebiasaan baiknya.

Selalu jujur dan jangan berharap pasangan anda selalu mengerti anda

Pada saat anda menjalin hubungan dan kemudian menikah, sangatlah mudah untuk mengenal satu sama lain antara anda dan pasangan dengan sangat baik. Namun meskipun anda mengetahui banyak tentang pasangana anda dan mengerti satu sama lain, anda jangan pernah mengharapakan bahwa pasangan anda selalu tahu apa yang anda pikirkan dan harapkan. Pada saat anda menginginkan sesuatu baik itu perasaan yang sedang anda alami atau harapan yang ingin anda dapatkan dari pasangan anda tidak akan terwujud jika anda tidak menyampaikannya pada pasangan. Alangkah baiknya apabila pasangan anda selalu mengetahui semua yang anda inginkan dan butuhkan. Memahami langkah ini sebelum pernikahan mampu mengurangi banyak tekanan antara anda dan pasangan di kemudian hari.

Ciptakan waktu bebas

Di dunia ini semua orang serba sibuk akan kegiatannya masing-masing sehingga sangat sulit untuk bisa menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang terdekat. Mematikan semua alat komunikasi dalam waktu khsusus setiap harinya agar anda dan pasangan bisa berdua untuk memperkuat hubungan dan mengenal satu sama lain merupakan langkah yang perlu anda lakukan. Misalkan mematikan ponsel selama waktu makan malam ataupun waktu yang lainnya. Menciptakan waktu bebas dari gangguan setiap hari mampu melatih anda dan pasangan dalam keterampilan komunikasi dan mendengarkan yang baik.

Komunikasi yang sehat

Komunikasi yang baik adalah kunci untuk mencapai hubungan yang sehat dan kuat. Apabila anda dan tunangan anda bisa belajar berkomunikasi dengan baik, saling terbuka dan menjadi pendengar yang aktif maka apabila suatu saat ada masalah yang timbul itu tidak akan mempengaruhi dan mengancam pernikahan anda. Menyesuaikan diri pada kehidupan pernikahan memanglah bukan langkah yang mudah, namun jika anda dan pasangan anda mampu membahas perasaan masing-masing dalam berbagai penyesuaian maka anda mampu melalui masa-masa sulit dengan lebih ringan. Mempersiapkan diri sebelum memulai pernikahan tentunya akan menyibukan anda berdua. Namun meskipun begitu tetaplah untuk berkomunikasi dengan pasangan anda agar bisa memperkuat hubungan dan rasa saling memahami terhadap satu dan yang lainnya.

Itulah langkah tepat yang harus anda lakukan sebelum memulai pernikahan. Tetaplah berfikir positif akan segala hal dan janganlah pernah merasa ragu. Yakinkan diri pada tuhan bahwa semuanya akan berjalan dengan lancar dan berharap kehidupan setelah pernikahan akan lebih baik lagi.

Subscribed Youtube Channel Kami, dan dapatkan video-video terbaru dari kami