Mengagumkan, Tawan Asal Bali Mampu Menciptakan Tangan Robot

Anda pernah dengar tentang Iron Man ataupun Tony Stark?

Mungkin istilah tersebut bisa disandang oleh I Wayan Sumardana alias Tawan. Dengan usia sudah menginjak kepala tiga yaitu 31 tahun ini bisa dijuluki sebagai manusia Robot. Pria asal Bali lebih tepatnya di Banjar Tauman, Desa Nyuhtebel ini mampu menciptakan sebuah ciptaan berupa tangan Robot yang mampu di gerakan oleh otak.

Pria ini awalnya menderita penyakit stoke dengan mengakibatkan tangan kirinya lumpuh total, dengan bekerja sebagai tukang las, Tawan salah satu orang yang sangat bertanggung jawab terhadap keluarganya dengan sebagai kepala keluarga merupakan tulang punggung bagi istri serta anaknya dengan jumlah tiga orang, yang semuanya anak laki-laki.

tangan robot asal bali

Dengan konidisi sepertri itu lantas tidak menjadikan pria ini berputus asa meski keadaan tangan kirinya lumpuh tetap mampu menghidupi keluarganya. Meski pada awalanya Tawan ini memang pernah stres dengan kondisi yang saat itu, namun dia akhirnya bisa bangkit dengan selalu mencari informasi di Internet, bagaimana caranya agar tangan kirinya bisa berguna dalam kesehjaraiannnya untuk bekerja. Dan pada akirnya informasi yang dicari dari Internet ini, Tawan memiliki ide untuk merancang alat atau bisa disebut robot agar tangan kirinya mampu bergerak.

Hanya berbekal sekolat tamatan STM, Tawan ini memang memiliki pengetahuan tentang elektronik dan mampu menciptakan berbagai rancangan berupa robot, meskipun pada awalnya selalu gagal. Namun dengan kegigihannya Tawan mampu berhasil menciptakan robot sejenis EEG.

Meski diyakini alat yang ia ciptakan masih jauh dari sempurna namun sangat membantu dalam melakukan aktifitas sehingga tangan kirinya bisa digunakan.
Yang sangat tidak kita bayangkan, bagaimana bisa dalam membuat robit yaitu menggunakan bahan bakunya berupa barang-barang bekas, berupa komponen shok motor dan juga perangkat komputer rongsokan. Dewngan bekar seperti itu akhirnya berhasil menjadi tangan robot. Yang lebih hebatnya lagi tangan yang mampu digerakan tersebut dihasilkan dari sinyal otaknya. Sehingga apabila ingin melakukan sesuatu dengan robot tangan kirinya ia harus bisa konsentrasi yang penuh.

Adapaun hasil dari tangan robotnya tersebut, dia mampu mengangkat beban sebesar 10 kg berupa pelk mobil, yang sebelumnya dia coba dengan tangan kanannya sangat terasa beratm, namun dengan robot tangan kirinya terasa ringan. Namun demikian ada hal yang sangat sulit dilakukan apabila tidak fokus maka sangat sulit untuk melakukannya, karena memang robot tangan tersebut menggunakan sinyal dari otak sehingga apabila ingin melakukan sesuatu seperti mengangkat beban haruis dengan penuh konsentrasi, menurut Tawan. Sekarang hidupnya memang jauh lebih baik dari sebelumnya, meski hanya bekerja sebagai tukang las di bengkel Tawan mampu melakukan pekerjaan dengan bekal Tangan robot ciptaanya.

Itulah kisah orang yang mampu menciptakan Tangan Robot bernama Tawan Asal Bali, yang tentunya bisa menjadi inspirasi bagi semua orang termasuk anda, janganlah berputus asa karena Tuhan memberikan kita keyakinan untuk selalu berusaha walaupun itu sangat berat, sesungguhnya Tuhan tidak akan memberikan suatu cobaan melainkan kepada umatnya yang kuat dan sabar.

Jangan lupa untuk share ya...!

loading...