Mengenal Perjuangan 'Si Wanita Tangguh' Susan Wojcicki Menjadi CEO Youtube yang Baru

Mengenal Perjuangan 'Si Wanita Tanggung' Susan Wojcicki Menjadi CEO Youtube yang Baru Seringkali peranan seorang wanita dianggap sebelah mata. Pada kebanyakan kasus, wanita sering diangap sebagai 'sosok dibelakang layar' dalam sebuah keluarga. Wanita hanya dimaksudkan untuk mendukung suami, mengurus rumah sambil mendidik anak-anak agar tumbuh menjadi anak yang baik dan berbudi pekerti. Dimana hal seperti ini telah menjadi sebuah streotip yang melukiskan pada zaman dahulu yang kental dengan perbedaan dan diikat dengan batasan. Namun ternyata, di zaman yang modern seperti sekarang ini, peranan wanita bukan sekedar sebagai ibu rumah tangga, mereka juga bisa lebih daripada itu. Membangun karir dan terjun kelapangan bahkan hampir menyetarai kaum pria. Nyatanya, saat ini ada banyak negara yang dipimpin oleh perempuan dan tidak sedikit negara yang maju dibawah kepemimpinan seorang perempuan. Sebab saat ini, kemampuan wanita sudah tidak bisa dianggap remeh dan disepelekan. Keingintahuan serta ketidakpernahan menyerah dalam berjuang dan berusaha seringkali membuat kemampuan wanita terus mengalami peningkatan sehingga membuat kemampuannya hampir menyetarai lelaki.

Seperti salah satunya kali ini, sosok wanita dapat menjadi sosok utama dalam menggerakan kegiatan perekonomian yang bernilai fantastis. Dan kita dapat mengenal sosok wanita tangguh tersebut lewat seorang wanita sukses bernama Susan Wojcicki. Mungkin diantara anda tidak banyak yang tahu siapa Susan Wojcicki sebenarnya. Namun anda mungkin kenal salah satu mesin pencari video terbesar didunia yang sering anda akses, yakni youtube. Ya, Susan Wojcicki adalah wanita cantik dan cerdas yang saat ini adalah seorang pemegang jabatan CEO Youtube yang baru sejak periode Februari 2014.

Sebelum menjadi seorang CEO, Susan memang telah memiliki jabatan yang cukup penting di perusahan Youtube yakni menjabat sebagai seorang Senior Vice President for Adsans Commerce. Loyalitas serta dedikasi Susan yang besar terhadap perusahaan Youtube akhirnya mengantarkannya menaiki tingkat pimpinan perusahaan tertinggi, dimana jabatannya ini menggantikan CEO sebelumnya yakni Salar Kamangar yang telah menjabat sejak tahun 2010.

Kisah Hidup Susan Wojcicki

Menyelami Lebih Dalam Kisah Inspiratif Seorang Wanita Pendiri HTC

Susan Wojcicki kecil lahir dari pasangan yang begitu berdedikasi terhadap dunia pendidikan. Ayah Susan adalah seorang profesor fisika di Standford University sementara ibunya adalah salah satu staf pendidik berdarah Jerman. Susan muda, memang telah sejak dulu sudah mulai menunjukan minat yang besar terhadap ilmu pengetahuan dan tekonogi.

Susan kemudian tumbuh menjadi gadis yang cantik dan bertumbuh dewasa. Ia menyelesaikan jenjang pendidikan dan lulus dengan gelar sarjana di salah satu universitas paling kenamaan yakni Harvard University di tahun 1990 dan juga menerima gelar sebagai master ekonomi selepas menyelesaikan studinya di University of California pada tahun 1993. Seolah tidak puas dengan gelar dan ilmu yang telah diserapnya, Susan kembali mengukir prestasinya dengan memperoleh gelar master di bidang administrasi bisnis pada tahun 1998.

Mengejar Impian Hingga ke Jabatan Tertinggi di Youtube

Menyelami Lebih Dalam Kisah Inspiratif Seorang Wanita Pendiri HTC

Pemilihan Susan sebagai CEO Youtube baru periode 2014 memang tidak dilakukan dengan mudah dan sembarang. Hal ini dilakukan melalui proses pemikiran dan seleksi yang ketat serta perjalanan yang begitu panjang. Karena prestasinya yang begitu cemerlang di perusahaan youtube , sehingga tak heran jika wanita ini kemudian mendapatkan kepercayaan untuk memegang dan mendapatkan jabatan pimpinan paling tinggi pada perusahaan berbasis teknologi tersebut. Melalui periode jabatananya memimpin di divisi iklan di perusahaan youtube, Susan berhasil meningkatkan angka pendapatan youtube hingga mencapai jumlah cukup fantastis yakni hingga mencapai US$ 5.6 milyar pada tahun 2013.
Disamping berhasil meningkatkan angka pendapatan youtube pada jumlah yang cukup menjanjikan melalui iklan, dirinya juga berhasil mengupayakan sistem navigasi youtube dengan tampilan yang lebih ergonomis dan nyaman. Dimana dengan pembaharuan sistem navigasi terbaru semakin membuat para viewers youtube menjadi lebih nyaman dan lebih diminati diseluruh penjuru dunia.

Bukan hanya itu, Susan Wojcicki juga menjadi penggagas mengenai penggunaan iklan AdSense dan AdWords yang mana hal ini juga menguntungkan pihak pencipta dan penerbit konten-konten online. Hal ini tentunya membuat relasi antara Youtube dengan rekan-rekan lainnya diseluruh dunia terjalin dengan sangat baik dan saling menguntungkan.

Diakuinya, Susan sangat bahagia dan begitu antusias selama bekerja di perusahaan youtube. Lewat perusahaan ini ia dapat berbagi dan saling berukar ide dan pengalaman dengan orang-orang kreatif serta dapat bekerja sama menciptakan berbagai inovasi yang baik yang dapat menciptakan kemajuan bagi perusahaan.

Karena dedikasinya yang begitu besar terhadap dunia teknologi, Susan pernah dianugerahi gelar sebagai salah satu "50 most powerful women in business" atau salah satu dari 50 wanita paling berpengaruh dalam duni bisnis versi majalah Fotune pada bebera tahun berturut-turut yakni 2010 hingga 2013. Selain penghargaan yang didapat dari majalah Fortune ia juga mendapatkan banyak perhargaan lainnya.

Bahkan lewat akun G+ miliknya ia menyatakan bahwa susan begitu senang dan akan belajar lebih lanjut mengenai ekosistem dan ruang lingkup pencapaian Youtube. Ia akan senantiasa mengupayakan hal-hal kreatif serta inovatif demi untuk memajukan Youtube menjadi perusahaan yang lebih berkualitas lagi.

Sosok Susan Wojcicki yang begitu sukses memimpin pergerakan salah satu perusahan teknologi terbesar di dunia merupakan salah satu motivasi bagi kita dan oranglain untuk senantiasa menjadi seseorang yang selalu berinovasi, bekerja keras dan tidak patah semangat. Dedikasi yang besar terhadap minat dan bakat akan membuat kita menjadi pribadi yang memiliki pengalaman yang lebih baik lagi. Jadi demikian jangan pernah bosan dan jangan pernah lelah untuk mengikuti hasrat dan passion dari dalam diri kita. Karena sesungguhnya tidak ada yang lebih menyenangkan selain dari sebuah hobi yang dibayar dan dapat menghasilkan pundi-pundi kekayaan.

Untuk itu, tekun, belajar dan jangan mudah menyerah adalah kunci dari sebuah kesuksesan. Memang tidak mudah menggapai sebuah kesuksesan, harus ada harga mahal yang dibayar, yakni sebuah perjuangan yang keras. Namun yakinlah, jika setiap rintangan dan halangan bisa kita lalui dengan perjuangan dan dibantu dengan doa semua tidak ada yang tidak mungkin.