Resep dan Cara Membuat Bolu Kukus Buah Naga yang Lembut dan Nikmat

Buah naga merupakan salah satu buah yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengan serta Amerika Selatan, dan sekarang buah yang satu ini banyak dibudidayakan di negara-negara Asia termasuk Indonesia. Dimana buah yang memiliki kulit seperti kulit naga ini termasuk ke dalam salah satu tanaman kaktus. Setelah kemunculannya di tanah air buah yang satu ini menjadi buah primadona. Banyak sekali masyarakat yang berbondong-bondong untuk membelinya. Bahkan ada beberapa orang yang justru menanamnya sendiri.

Buah naga ini selain memiliki rasa yang manis dan nikmat juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Dan inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa buah ini dicari oleh banyak orang. Bahkan tidak hanya buahnya saja, mulai dari batang hingga kulitnya buah naga ini memiliki banyak sekali kandungan vitamin serta zat yang sangat bermanfaat.

Untuk anda yang sudah pernah mengkonsumsinya tentunya tidak akan asing lagi, ya dimana tekstur buah yang satu ini hampir sama dengan tekstur buah kiwi dimana buah ini juga memiliki biji berwarna hitam yang bertekstur renyah dengan daging buah yang manis. Sebenarnya selain dikonsumsi secara langsung buah naga juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan ataupun minuman. Dan salah satu makanan yang terbuat dari olahan buah naga ini yaitu bolu kukus.

Nah, untuk anda yang menyukai bolu kukus, maka tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk membuat bolu kukus buah naga ini. Selain bolu kukus yang dihasilkan lebih nikmat, anda juga sekaligus bisa mendapatkan manfaat dari kandungan buah naga ini. Cara membuatnya pun tergolong sangat mudah, bahkan bahan-bahan yang diperlukannya mudah sekali anda dapatkan ditoko-toko sekitar rumah anda. Dan di bawah ini merupakan bahan-bahan yang diperlukan serta cara membuatnya yang bisa anda simak.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

  • 50 ml jus buah naga merah
  • 375 gram gula pasir
  • 375 gram tepung
  • 10 gram ovalet
  • 3 butir telur
  • 150 ml soda
  • 1/2 sdt baking powder
  • 100 ml santan kelapa

Cara Membuat Bolu Kukus Buah Naga

  1. Langkah pertama yaitu, siapkan mangkuk dan masukan gula yang telah disiapkan. Lalu tambahkan telur serta ovalet.
  2. Selanjutnya, kocok semua bahan tersebut dengan menggunakan mixer berkecepatan tinggi selama beberapa menit hingga gula benar-benar halus.
  3. Setelah itu, tambahkan air soda, buah naga serta santan. Dan aduk kembali hingga adonan menjadi rata.
  4.  Kemudian campurkan tepung terigu dan baking powder. Lalu aduk kembali hingga merata.
  5. Lalu, masukan tepung ke dalam adonan dan aduk dengan menggunakan mixer berkecepatan rendah kurang lebih selama 3 menit.
  6. Jika telah tercampur rata, maka aduk kembali dengan kecepatan tinggi selama kurang lebih 1 menit.
  7. Siapkan alat pengukus dan tunggu air hingga mendidih.
  8. Sementara itu, masukan adonan ke dalam cetakan yang telah dilapisi dengan cup.
  9. Kukus adonan tersebut selama kurang lebih 20 menit. Dan yang terakhir angkat, lalu dinginkan baru kemudian sajikan.

Itulah cara membuat bolu kukus buah naga. Bolu kukus ini sangat cocok disajikan di tengah-tengah keluarga tercinta sebagai kudapan. Dan tentunya dengan adanya bolu kukus ini juga kehangatan dalam keluarga anda ketika berkumpul akan semakin tercipta.

Subscribed Youtube Channel Kami, dan dapatkan video-video terbaru dari kami

Loading...