Resep dan Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Merekah yang Enak dan Empuk

Resep dan Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Merekah yang Enak dan Empuk Kue bolu merupakan makanan yang paling mudah di jumpai di nusantara. Selain rasanya yang nikmat, proses pembuatan kue ini juga tergolong sederhana dan praktis diaplikasikan. Yang mana hal ini tentunya tidak terlepas dari bahan-bahanya yang begitu mudah dijumpai. Kue Bolu umumnya akan dengan mudah kita jumpai dalam beberapa acara seperti acara ulang tahun, pesta pernikahan ataupun momen perayaan lainnya. Cara pembuatan dari kue bolu sendiri terbagi menjadi dua jenis yakni di panggang menggunakan oven dan di kukus.
Nah, kali ini kita akan bahas mengenai kue bolu kukus. Sebenarnya cara pembuatan serta bahan yang digunakan untuk membuat bolu kukus tidak jauh berbeda dengan bolu panggang atau bolu biasa. Hanya saja perbedaan yang mencolok akan terlihat pada komposisi air yang diberikan untuk adonan. Jika pada bolu biasa tidak dipergunakan air, namun pada bolu kukus komponen air dimasukan. Hal ini dimaksudkan agar bolu yang kita buat memiliki tekstur yang mekar merekah sewaktu di kukus. Sebab keunikan dari kue bolu kukus ini adalah karakteristiknya yang mengembang dan merekah layaknya seperti bunga.

Kenikmatan dan kelezatan dari bolu kukus memang benar-benar menggoda. Sehingga tidak heran jika sajian kue ini selalu cocok hidangkan kapan saja dan dimana saja. Apalagi bagi anda yang seringkali menyelenggarakan acara arisan di rumahnya, bolu kukus bisa menjadi menu camilan cantik anda untuk menjamu para pserta arisan. Nah, bagi anda yang ingin membuat sendiri bolu kukus mekar merekah dirumah. Kita simak berikut ini.

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Bolu Kukus Mekar Merekah

  • 250 gram Tepung terigu
  • 250 gram Gula Pasir
  • 2 butirTelur Ayam
  • 2 sdt Cake emulsifier/SP
  • 1/4 sdt Garam
  • 200 ml Sprite
  • 1/2 sdt Vanili

Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Merekah

1. Langkah pertama campurkan semua bahan seperti tepung terigu, gula pasir, sprite, SP, vanili, telur dan berikan sedikit garam kemudian kocok dengan menggunakan mixer hingga mengental dan mengembang.
2. Setelah itu bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai dengan warna yang anda sediakan disini saya membaginya menjadi 4 bagian.
3. Tuang adonan pada wadah cetakan yang telah diberikan pelapis kertas roti dan masukan secara berseling.
4. Kukus dalam panci selama kurang lebih 10 hingga 15 menit dan tunggu hingga merekah. Angkat dan sajikan.

Berikut Video Yang bIsa Anda Saksikan

 

 

loading...