Resep dan Cara Membuat Kue Bakpia Pathok Khas Jogjakarta yang Renyah dan Lembut

Resep dan Cara Membuat Kue Bakpia Pathok Khas Jogjakarta yang Renyah dan Lembut Bakpia merupakan salah satu makanan khas yang biasa dijadikan buah tangan ketika baru saja pulang atau berkunjung dari tanah jogja. Cita rasa yang begitu khas dari kue bakpia serta isi bagian dalam yang begitu lembut, membuat hidangan ini tersaji benar-benar istimewa. Tidak heran jika banyak orang atau wisatawan yang berkunjung ke kota Jogja banyak memburu bakpia untuk dijadikan sebagai buah tangan. Selain di Jogjakarta, kue bakpia juga banyak ijual di daerah lain, hanya saja kue bakpia yang dijual di Jogja memiliki rasa dan ciri khas tersendiri. Bakpia yang ada di Jogja sering kita kenal dengan bakpia pathok. Cita rasa bakpia pathok dengan bakpia yang ada di daerah lain tentu berbeda. Menikmati kue bakpia akan terasa lebih nikmat jika disantap dengan segelas kopi atau secangkir teh hangat beramai-ramai bersama dengan keluarga atau menyendiri saat menonton televisi atau membaca majalah.

Namun, bagi anda yang suka akan cita rasa bakpia yang begitu nikmat, anda tak perlu khawatir dan susah-susah pergi mengunjungi kota Jogja hanya untuk membeli hidangan ini. Sebab dengan resep bakpia pathok kali ini anda akan dapat membuatnya sendiri dirumah. Tentunya, hasil bakpia yang anda buat tidak akan jauh berbeda dengan yang biasa anda beli di jogja, karena resep kali ini khusus kami rangkum agar rasanya dapat menjadi semirip mungkin dan selezat mungkin seperti bakpia di Kota Jogja. Seperti apa resepnya? Kita simak berikut ini.

Bahan-Bahan yang Harus Dipersiapkan Untuk Membaut Bakpia Pathok

  • 100 g tepung terigu
  • 25 ml air
  • 1/4 sdt garam
  • 25 ml minyak sayur

Bahan Isian Bakpia Pathok

  • 125 g kacang hijau kupas, rendam selama 3 jam, kukus hingga lunak
  • 100 g gula halus
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1/4 sdt garam

Cara Membuat Bakpia Pathok

1. Langkah pertama, haluskan terlebih dahulu kacang hijau selagi masih hangat. Kemudian tambahkan dengan vanili bubuk, gula halus dan berikan taburan garam untuk menambah rasa dan aduk hingga merata. Ambil satu sendok teh adonan isian dan bentuk menjadi bulat. Lakukan hingga adonan habis dan sisihkan sementara.
2. Sekarang kita akan buat adonan kulit bakpianya. Caranya, campur tepung terigu, air, garam dan minyak sayur, kemudian uleni hingga kalis dan dapat di bentuk.
3. Ambil sedikit bagian adonan, bentuk bulat seperti kelereng dan lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
4. Berikan isian dibagian tengah adonan tutup kembali dan bentuk bulat pipih. Kemudian panggang hingga matang atau berwarna kecoklatan selama kurang lebih 10 menit sambil sesekali dibalikan. Angkat dan dinginkan kemudian sajikan.

loading...