Gallery WordPress Themes

Resep dan Cara Membuat Kue Mangkok Gula Merah Nan Lezat

Resep dan Cara Membuat Kue Mangkok Gula Merah Nan Lezat Hidangan kue kering yang beraneka ragam biasanya selalu identik dengan perayaan hari lebaran, Natal atau momen-momen lainnya. Betapa tidak, momen ini merupakan waktu dimana semua anggota keluarga dan kerabat dekat dapat berkumpul bersama dalam kebahagian dan suka cita perayaan hari spesial. Nah, untuk menjamu para keluarga besar, umumnya hidangan kue kering akan banyak dipilih, sebab jenisnya yang begitu beragam, penyajiannya yang sederhana dan tahan lama membuat kue kering kerap kali dipilih sebagai menu cemilan untuk dihadirkan sebagai jamuan. Selain itu, kue kering seolah telah disimbolkan sebagai ciri khas dari sebuah perayaan, seperti halnya saat lebaran. Rasanya tidak lengkap jika hidangan kue kering tidak dibuat dan tidak dihadirkan di meja ruang tengah.

Nah, salah satu hidangan kue, selain kue kering yang begitu banyak diminati salah satunya adalah hidangan kue mangokok. Kue mangkok memiliki varian dan warna yang berbeda-beda yang tentunya masing-masing varian rasa memiliki cita ras yang khas dan begitu nikmat. Hidangan kue untuk dijadikan sebagai jamuan dalam perayaan sebenarnya bisa anda beli dengan mudah, sebab saat ini ada begitu banyak toko kue yang menyediakan sajian kue ini. Namun selain membeli, anda juga bisa membuatnya. Dengan resep kue mangkok kali ini anda akan dapat membuat hidangan kue mangkok dirumah. Seperti apa resepnya? Kita simak berikut ini.

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Mangkok

  • 175 gr Tepung beras
  • 100 gr tape singkong
  • 75 gr tepung terigu
  • 50gr gula pasir
  • 175cc air dingin
  • 150gr gula palem (merah)
  • 125cc air soda
  • 1 sdt baking powder
  • 125cc air mendidih

Cara Membuat Kue Mangkok

1. Langkah pertama campurkan terlebih dahulu tepung beras dengan air dingin. Kemudian tambahkan campuran terigu dengan tape singkong serta gula palem yang telah diaduk halus merata.
2. Setelah itu baru campurkan tepung terigu dengan gula pasir pada adoanan tepung beras kemudian aduk-aduk hingga merata secara keseluruhan.
3. Tuangkan air mendidih yang telah didiamkan selama kurang lebih 3 menit dan aduk kembali hingga merata lalu masukkan baking powder.
4. Saring adonan dengan menggunakan saringan kawat. Didihkan air dalam kukusan kemudian cetak adonan dalam cetakan kue mangkok.
5. Kukus selama kurang lebih 20 hingga 25 menit atau hingga matang. Dan pastikan jika anda tidak sering membuka tutup kukusan selama mengukus.

loading...