Resep dan Cara Membuat Kue Wafel Renyah dan Lembut

Resep dan Cara Membuat Kue Wafel Renyah dan Lembut Hidangan kue wafel tengah begitu populer di tanah air saat ini. Hal ini mungkin juga dipengaruhi akibat pengaruh globalisasi yang membuat daya beli masyarakat semakin tertarik untuk mencoba dan menikmati sesuatu yang lebih baru dan modern, tak terkecuali dengan makanan. Kue wafre atau wafer merupakan makanan khas yang berasal dari Inggris pada tahun 1377 yang diadopsi dari wafel Jerman Tengah, dimana pelafalan huruf L berubah menjadi R. Wafel yang ada di Belanda, Gauffre di Prancis dan Waffel yang ada di Jerman pada umumnya semua mengarah pada satu jenis kue yang sama, yakni kue renyah yang begitu nikmat dan lembut ketika disantap.

Saat ini, wafel yang sering kita nikmati dengan motif kotak-kotak dibagian atasnya, dimana ide pemanggangan kue ini dibuat menggunakan dua pelat logam yang dihubungkan dengan engsel yang sama sehingga menghasilkan sebuah hidangan kue dengan bentuk yang tipis dan pola kotak-kotak dibagian atasnya merupakan kue wafel bergaya modern.

Hidangan kue wafel memang begitu istimewa, hidangan ini bisa dijadikan sebagai teman sewaktu menikmati secangkir kopi atau segelah teh hangat. Apalagi saat ini hidangan kue wafel begitu banyak dijual di kafe dan restoran dengan berbagai toping yang berbeda dan menggiurkan. Namun selain membeli, hidangan kue wafel juga bisa anda buat sendiri dirumah. Seperti apa resepnya? Kita simak berikut ini.

Bahan-Bahan yang Harus Dipersiapkan Untuk Membaut Kue Wafel

  • 250 gr terigu
  • 2 butir telur
  • 30 gr mentega tawar dicairkan
  • 375 ml susu
  • 3 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1 1/2 sdt baking powder

Cara Membuat Kue Wafel

1. Langkah pertama, anda bisa mengawalinya dengan mencampur bahan-bahan seperti tepung terigu, gul apasir, garam dan baking powder aduk hingga rata dan sisihkan sementara.
2. Selanjutnya, tuangkan bahan cair ke dalam tepung aduk kembali hingga rata dan aduk adonan dengan menggunakan kocokan atau sendok kayu hingga benar-benar menjadi halus.
3. Siapkan cetakan wafel bertenaga listrik atau cetakan tradisional yang telah dipanaskan diatas kompor. Olesi terlebih dahulu cetakan dengan menggunakan margarin dan panaskan hingga berasap.
4. Masukkan adonan hingga penuh dan kemudian tutup dan masak hingga matang.
5. Sajian kue wafel ini bisa anda berikan bahan pelengkap seperti sirup, madu atau ice cream kemudian siap disantap.

loading...