Resep dan Cara Membuat Nugget Tempe Enak dan Gurih

Sebagian orang mungkin akan merasa bosan ketika dihadapkan oleh bahan makanan yang terbuat dari kedelai ini. Bahan makanan yang terbuat dari kedelai atau yang lebih dikenal dengan tempe ini biasanya dijadikan sebagai salah satu lauk pauk, bahkan kehadirannya tidak bisa lepas dalam setiap harinya. Karena merasa terlalu bosan, tidak jarang jika lauk pauk yang satu ini selalu dicampakan. Tempe ini memang salah satu makanan yang bergizi dan mampu memberikan gizi yang seimbang pada tubuh kita. Namun, jika disajikan terus menerus bukan hal aneh lagi jika peminatnya semakin hari semakin berkurang.

Nah, agar gizi dari tempe masih bisa kita dapatkan, meskipun dilain sisi kita bosan untuk mengkonsumsinya, kenapa tidak jika anda mengolahnay dalam jenis masakan yang berbeda? Seperti misalkan tempe bacem, mendoan atau yang lainnya. Namun, jika anda ingin mendapatkan hidangan yang berbeda dari bahan makanan ini maka anda bisa mengolah tempe ini menjadi salah satu makanan modern seperti diolah menjadi nugget tempe. Dengan campuran bumbu pilihan dan rempah yang beragam tentunya akan membuat hidangan tempe ini menjadi lebih spesial dibandingkan dari hidangan yang lainnya. Bahkan sekarang ini tidak akan ada kata bosan lagi, yang ada justru anda menjadi ketagihan.

Nugget tempe ini memang tidak banyak di jual di warung-warung ataupun kedai, namun kita bisa menemukan nugget tempe ini di restoran besar. Dan jika anda ingin mencoba olahan yang satu ini, maka tidak ada salahnya jika anda mencoba membuatnya sendiri di rumah. Bahan dan cara membuatnya pun sangatlah sederhana sekali. Dengan melihat cara membuatnya di bawah ini anda bisa dengan sempurna membuat hidangan enak ini untuk disajikan di tengah-tengah keluarga tercinta.

Bahan dan Bumbu yang Diperlukan

Bahan-bahan

3 papan tempe atau 500 gr, kukus hingga empuk dan haluskan
1 butir telur ayam
200 gr daging ayam, cincang halus
Minyak goreng secukupnya
Bumbu-bumbu yang dihaluskan
4 siung bawang putih
1/4 pala
1 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
1 sdt garam
1 butir kaldu

Bahan pelengkap

1 butir putih telur, kocok
Daun seledri, potong lembut
Tepung roti kasar
Wortel, potong dengan bentuk dadu kecil

Cara Membuat Nugget Tempe

  1. Langkah pertama yaitu, campurkan tempe yang sudah dihaluskan dan ayam yang telah kita cincang sebelumnya. Lalu, tambahkan telur dan bumbu-bumbu halus, daun seledri yang telah dipotong lembut, dan wortel yang telah dipotong dengan bentuk dadu. Aduk semua campuran hingga menjadi rata.
  2. Setelah itu, ambil adonan dengan menggunakan sendok. Ambilah kira-kira 2 sendok atau sesuai dengan selera anda sendiri. Lalu, bentuk adonan tersebut menjadi bulat panjang atau persegi panjang. Lakukan cara yang sama hingga adonan terbentuk seluruhnya.
  3. Kemudian, masukan adonan yang telah dibentuk ke dalam putih telur yang telah dikocok. Lalu, gulingkan pada tepung roti yang telah disiapkan sebelumnya.
  4. Selanjutnya, goreng nugget tersebut ke dalam minyak panas hingga matang atau berwarna kuning kecoklatan. Jika sudah angkat.

Saran Penyajian

Nugget tempe ini akan lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan hangat bersama dengan nasi hangat pula, ditambah dengan saus pedas ataupun saus tomat. Jika anda ingin mendapatkan nugget yang lebih nikmat lagi, maka anda bisa menambahkan bahan pelengkap lainnya seperti menambahkan bermacam sayuran sesuai dengan selera anda.

Itulah resep dan cara membuat nugget tempe yang enak dan gurih. Sangat mudah bukan? Selamat mencoba.

Subscribed Youtube Channel Kami, dan dapatkan video-video terbaru dari kami

Loading...

Tutorial Hijab

 Tutorial Hijab Segi Empat
 Tutorial Hijab Pashmina
 Tutorial Hijab Pesta
 Tutorial Hijab Modern