Resep dan Cara Membuat Puding Karamel Lembut dan Nikmat

Puding merupakan salah makanan yang dijadikan sebagai makanan penutup setelah kita makan. Teksturnya yang lembut serta rasanya yang begitu nikmat membuat puding ini digemari oleh banyak orang. Bahkan siapa saja yang melihat hidangan ini mungkin ingin segera menyantapnya. Nah, puding itu sendiri memiliki jenis yang beragam. Dan salah satu jenis puding yang tidak kalah nikmat dengan puding lainnnya yaitu puding karamel. Sama seperti puding lainnya, puding karamel ini diminati oleh banyak orang. Lembut dan nikmatnya dari puding ini akan membuat setiap lidah siapa saja yang melihatnya bergoyang.

Selain dijadikan makanan penutup puding ini juga sangat cocok untuk anda yang memiliki hobi arisan. Kumpul bersama teman-teman ataupun keluarga dengan adanya puding ditengah-tengah ramainya acara yang diadakan akan membuat suasana menjadi lebih hangat lagi. Tidak hanya itu saja, puding ini juga merupakan makanan sehat yang bisa dikonsumsi oleh siapa saja termasuk anak anda. Puding ini bisa menjadi pilihan tepat untuk makanan si kecil agar ia tidak membeli makanan sembarangan di luar sana. Dimana seperti yang kita ketahui makanan-makanan yang dijajakan di luar kurang higenis sehingga bisa saja mempengaruhi kesehatan si kecil.

Untuk mendapatkan puding yang satu ini selain anda harus membeli tentunya anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah, sebab resep dan cara membuatnya pun sangat sederhana sekali sehingga meskipun anda belum pernah mencoba membuatnya anda tidak akan kesulitan ketika mengadapi bahan-bahan yang telah ditentukan di dapur. Nah untuk anda yang ingin membuatnya, anda bisa langsung simak bahan yang diperlukan dan cara membuat puding karamel di bawah ini.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Bahan Untuk Puding

  • 500 ml susu cair
  • 1 sdt gelatin bubuk, larutkan dalam air 150 ml
  • 2 kuning telur ayam
  • 125 g gula pasir
  • 1 sdt agar-agar bubuk warna putih
  • 1 sdm ekstrak vanili

Bahan Untuk Karamel

  • 75 g gula pasir
  • 75 ml air

Cara Membuat Puding Karamel Lembut dan Nikmat

  1. Langkah yang pertama yaitu buat terlebih dahulu karamel dengan cara, panaskan air lalu masukan gula pasir, aduk di atas api kecil hingga menjadi karamel. Setelah itu, angkat dan tuangkan ke dalam Loyang tahan panas.
  2. Kemudian, rebus susu dan gula di atas api kecil hingga larut. Lalu, masukan larutan gelatin dan agar-agar, aduk cepat hingga mengental. Jika sudah kemudian sisihkan.
  3. Selanjutnya, masukan sedikit adonan susu ke dalam kuning telur dan aduk cepat hingga rata. Lalu, masukan kembali ke dalam adonan susu dan aduk rata.
  4. Langkah yang terakhir yaitu masukan adonan tersebut ke dalam loyang yang berisi karamel. Semakin lama disimpan, karemal tersebut akan semakin melekat dan menyatu dengan indah dipermukaan puding.

Saran

Puding tersebut bisa disajikan menjadi beberapa porsi karena memang di buat dalam satu tempat jadi anda bisa memotongnya menjadi beberapa bagian sesuai yang anda inginkan. Namun, jika anda tidak menginginkan seperti itu maka anda bisa mencetaknya menggunakan beberapa tempat dengan ukuran yang lebih kecil. Dan jika adonan puding di atas di cetak dalam tempat yang kecil maka anda akan mendapatkan 6 porsi puding.

Itulah resep dan cara membuat puding caramel yang lembut dan nikmat. Sangat mudah bukan? Selamat mencoba.

Subscribed Youtube Channel Kami, dan dapatkan video-video terbaru dari kami

Loading...