Tidak Ingin Gemuk? Ikuti Tips Makan Malam Ini

Tidak Ingin Gemuk? Ikuti Tips Makan Malam IniSebagian orang beranggapan bahwa makan pada malam hari merupakan penyebab tubuh menjadi gemuk. Bahkan banyak diantara kita yang sedang melakukan program diet menghindari untuk tidak makan malam. Namun sebenarnya hal itu hanyalah mitos belaka yang berkembang di masyarakat. Mitos tersebut belum terbukti kebenarannya.

Faktanya makan sebanyak tiga kali dalam sehari tidak boleh anda hindari termasuk juga makan malam. Hal ini dilakukan untuk mendukung proses metabolisme didalam tubuh. Apabila anda melewatkan waktu makan, termasuk makan malam malah justru akan berpengaruh pada kesehatan anda.

Meskipun makan malam tidak membuat tubuh menjadi gemuk namun tentunya anda juga harus mengontrol jadwal serta menu pada saat makan malam, selain itu anda juga harus memperhatikan tips yang benar sebelum makan malam agar tubuh anda tidak menjadi gemuk. Nah. berikut beberapa tips makan malam agar tubuh tidak menjadi gemuk.

Makan sebelum jam 7

Waktu yang baik untuk makan malam yaitu sebelum jam 7 malam. Hal ini dimaksudkan agar jeda waktu antara makan dan tidur cukup lama, sehingga tubuh akan secara sempurna memproses makanan dan benar-benar dicerna dengan baik. Dengan begitu akan mencegah terjadinya timbunan lemak pada saat tidur.

Atur porsi makan

Mengatur porsi makan yang tepat pada saat malam merupakan salah satu cara untuk mencegah tubuh menjadi gemuk. Anda cukup makan dengan porsi kecil saja, karena ketika malam hari pada dasarnya tubuh tidak membutuhkan asupan energi yang banyak. Apabila anda makan dengan porsi yang banyak ketika malam hari, maka makanan  yang masuk tidak akan dicerna secara sempurna karena pada malam hari tubuh tidak banyak melakukan aktivitas, sehingga makanan akan menumpuk didalam tubuh.

Pilih makanan berserat

Pada saat makan malam pilihlah makanan yang banyak mengandung serat, karena serat mudah dicerna sehingga tidak akan menjadi timbunan lemak. Selain itu makanan yang mengandung serat juga akan membuat anda kenyang dengan cepat  dan mengurangi resiko untuk makan secara terus menerus. Anda bisa memilih makanan seperti sayur, gandum dan buah-buahan, karena makanan ini kaya akan serat.

Hindari gorengan

Gorengan merupakan makanan yang tidak tepat untuk dikonsumsi pada malam hari. Makanan yang diolah dengan cara digoreng mengandung lemak dan kalori yang lebih banyak, yaitu dua kali lipat dibandingkan dengan makanan yang diolah dengan cara di rebus atau dipanggang. Apabila dikonsumsi makanan yang digoreng ini bukannya menutrisi tubuh tetapi akan membuat timbunan-timbunan lemak pada tubuh sehingga tubuh akan menjadi gemuk.

Hindari makan sambil menonton

Makan sambil menonton televisi memanglah hal yang mengasyikan. Namun hal ini haruslah anda hindari, karena makan dibarengi dengan menonton televisi akan membuat anda lupa diri, sehingga anda akan makan dalam porsi yang banyak. Usahakan jika makan anda tetap fokus makan dimeja makan, ini bertujuan agar anda dapat mengontrol dengan baik makanan yan anda konsumsi.

Hindari makanan yang dipanaskan berulang-ulang

Makanan yang dipanaskan dengan berulang-ulang tidak baik dikonsumsi apalagi pada saat malam hari, karena nutrisi dari makanan tersebut akan berkurang atau bahkan tidak mengandung nutrisi sama sekali. Justru makanan tersebut cenderung mengandung lemak dan kalori yang tinggi. Untuk itu jika anda tidak ingin gemuk hindarilah makanan seperti itu.

Itulah tips yang bisa anda lakukan pada saat makan malam. Anda bisa mengikuti tips diatas agar terhindar dari kegemukan. Semoga bermanfaat.

Subscribed Youtube Channel Kami, dan dapatkan video-video terbaru dari kami

Loading...