Tips Menghindari Perceraian Demi Keluarga yang Utuh dan Bahagia

Setelah menjalin hubungan yang lama atau setelah merasa cocok dengan pasangannya masing-masing, biasanya pasangan akan memutuskan menikah.

Pernikahan merupakan sebuah janji suci yang sakral dimana di dalamnya setiap pasangan berjanji untuk bersama sehidup semati. Karena secuinya janji pernikahan, oleh sebab itu pernikahan hanya akan terjadi sekali dalam seumur hidup.

Pernikahan adalah perjalanan yang sangat panjang. Pernikahan menyatukan dua orang dengan sifat dan kepribadian yang berbeda. Nah, oleh karena itu kehidupan pernikahan tidak akan selamanya berjalan mulus atau bahagia. Biasanya perbedaan pendapat akan muncul di antara pasangan menikah. Yang mana keadaan tersebut dapat menimbulkan sebuah masalah.

Adanya masalah dalam pernikahan sebenarnya adalah sebuah hal yang wajar, bahkan semua pasangan pun pernah mengalaminya. Namun, terkadang ada beberapa pasangan yang justru menyerah akan masalah tersebut, dimana keduanya memutuskan untuk mengingkari janji sakral dengan melakukan perpisahan atau perceraian.

Perceraian merupakan sebuah keputusan yang dapat memisahkan pasangan suami istri serta memutuskan hubungan pernikahan. Ketika menikah semua orang tentunya tidak ingin mengalami sebuah perceraian. Namun, perceraian tersebut dapat terjadi dan menimpa siapa saja.
Nah, demi hubungan pernikahan yang tetap utuh dan bahagia, sebenarnya perceraian bisa dicegah atau dihindari. Dimana caranya yaitu dengan melakukan beberapa hal yang dapat memperkuat tali pernikahan yang sudah terjalin. Lantas apa saja hal yang dapat menghindari perceraian? Untuk mengetahuinya anda bisa simak tips-tips di bawah ini.

TIPS MENGHINDARI PERCERAIAN

Tips Menghindari Perceraian Demi Keluarga yang Utuh dan Bahagia

1. Menghormati pasangan

Di dalam setiap pernikahan tentunya selalu akan ada perbedaan, baik itu pendapat atau selera. Di dunia ini tidak ada pasangan yang sempurna seperti di dongeng-dongeng, yang terbebas dari konflik atau masalah rumah tangga. Oleh sebab itu, anda jangan mencari kesempurnaan dalam kehidupan pernikahan anda, atau anda jangan pernah menuntut suami menjadi pasangan yang sempurna. Anda dan pasangan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda seharusnya jangan hanya menerima dan memuji kelebihan yang dimiliki oleh pasangan anda saja, tetapi anda juga harus bisa menerima kelemahan dan memuji kelemahannya tersebut. Meskipun mungkin pasangan anda memiliki pendapat atau pandangan yang berbeda, tetapi anda jangan pernah merendahkannya. Tetaplah hormati ia sebagai kepala keluarga. Dimana rasa hormat ini yang dapat menumbuhkan cinta dalam pernikahan anda. Bahkan cinta akan semakin tumbuh dalam setiap harinya.

2. Cinta dan kasih

Cinta dan kasih sayang merupakan dua unsur yang paling penting dalam pernikahan. Ketika anda memutuskan untuk menikah dengan pasangan anda, itu berarti anda bersedia untuk memberikan semua yang terbaik untuk pasangan anda. Cintai pasangan anda dengan sepenuh dan setulus hati, kasihi pasangan anda dengan penuh kasing sayang.

Memanjakan, memuji, dan menyatakan cinta kepada pasangan adalah salah satu cara untuk menumbuhkan cinta dan kasih sayang. Anda jangan pernah bosan untuk melakukan dan menunjukan itu semua. Apabila anda dan pasangan anda bisa mempertahankan cinta dan kasih di antara berdua, maka dijamin pernikahan anda akan tetap utuh dan bahagia. Meskipun ada masalah yang menimpa, tetapi masalah tersebut dapat disingkirkan dengan kekuatan cinta dan kasih sayang yang kalian berdua miliki.

3. Hindari konflik yang disebabkan karena uang

Uang merupakan hal penting untuk semua orang, termasuk dalam pernikahan. Namun, uang yang selama ini kita butuhkan ternyata dapat menyebabkan atau menimbulkan masalah dalam pernikahan. Tidak sedikit pasangan yang bertengkar disebabkan karena uang. Meskipun uang adalah hal penting untuk mewujudkan kesejahteraan, tetapi jangan sampai uang merusak atau menghancurkan rumah tangga dan cinta anda berdua. Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari masalah-masalah karena uang. Anda bisa memenuhi kebuthan rumah tangga anda dengan penuh tanggung jawab dan bijaksana.

4. Kenang masa lalu berdua

Masa lalu yang indah merupakan salah satu momen dan hal yang paling penting untuk masa depan. Apabila anda dan pasangan anda sedang dilanda masalah, berdebat karena berbeda pendapat, maka anda bisa mencoba untuk mengenang kembali masa-masa indah yang pernah anda lalui bersama pasangan anda, masa lalu yang penuh dengan keindahan dan kebahagiaan. Mengenang masa lalu bukan berarti kita tidak bisa melangkah maju ke depan, tetapi itu menjadi salah satu obat untuk penawar kesedihan pada masa sekarang ini. Anda bisa mengenang masa lalu bersama pasangan dengan sesering mungkin seperti membuka kembali album foto ketika zaman pacaran, liburan berdua ke tempat spesial, foto pernikahan dan lain sebagainya. Ketika anda melakukan ini, anda dan pasangan anda akan mengingat kembali bahwa hubungan cinta yang dijalin selam ini tidak hanya dipenuhi degan cobaan atau masalah, tetapi diiringi juga dengan kebahagiaan dan keindahan.

5. Adanya perbedaan bukan berarti harus bercerai

Mungkin kita banyak menemukan kasus perceraian karena pasangan tidak cocok. Ketidakcocokan tersebut biasanya disebabkan karena adanya perbedaan di antara keduanya. Namun, perbedaan bukan berarti harus diakhiri dengan perceraian, karena faktanya banyak pasangan yang bisa mempertahankan pernikahannya dan hidup bahagia di tengah-tengah perbedaan yang ada. Dalam sebuah pernikahan perbedaan akan selalu ada. Hal ini adalah hal yang mutlak, jika pasangan berpikir bahwa setelah menikah akan hidup dengan bahagia dan penuh cinta, tetapi faktanya itu adalah sebuah pemikiran yang salah. Meskipun anda dan pasangan anda saling mencintai dan mengasihi, tetapi perbedaan itu akan tetap ada. Nah, hal yang harus anda lakukan ketika perbedaa-perbedaan tersebut muncul yaitu dengan terus bersabar dan berlapang dada. Intinya anda harus sama-sama saling menghormati dan jangan pernah menjatuhkan pasangan masing-masing.

6. Ingat anak

Untuk semua orang tua anak adalah hal terpenting dalam hidupnya. Kebahagiaan anak tentunya adalah prioritas utama untuk semua orang tua. Nah, ketika masalah atau konflik ada dalam pernikahan anda, bahkan anda dan pasangan anda tidak menemukan jalan untuk mengatasinya serta memutuskan untuk mengakhiri pernikahan, maka ketika itu juga anda harus kembali mengingat anak atau buah cinta anda berdua. Pikirkan kehidupan anak-anak anda setelah orang tuanya bercerai, akankah dia tetap bahagia?

Mengingat anak-anak bisa menjadi salah satu hal yang dapat menjauhkan anda dan pasangan dari perpisahan. Tetaplah jadi orang tua yang bijak, jangan hanya memikirkan atau lebih mementingkan ego sendiri. Karena jika seperti itu, anaklah yang akan menjadi korbannya.

Pernikahan tidak akan selamanya indah, karena pernikahan merupakan proses yang menentukan apakah berakhir dengan bahagia atau sebaliknya. Oleh karena itu, sebaiknya setiap pasangan jangan pernah lelah untuk melewati proses tersebut. Tetaplah yakin akan cinta yang selama ini terjalin jangan sampai cinta putus atau hilang hanya karena adanya masalah yang datang. Ingatlah janji atau komitmen yang pernah anda buat sebelum atau ketika menikah. Semoga tips-tips di atas bermanfaat.

Bagikan tips ini kepada teman dan sahabat anda, tambahkan juga komentar pada kolom di bawah ini.

Subscribed Youtube Channel Kami, dan dapatkan video-video terbaru dari kami