Tips Merawat Bibir Agar Tetap Sehat dan Cantik

Tips Merawat Bibir Agar Tetap Sehat dan CantikBibir merupakan salah satu bagian wajah yang menjadi daya tarik setelah mata. Dengan memiliki bibir yang sehat dan cantik tentu saja merupakan suatu keharusan, terutama untuk para wanita. Dengan bibir seperti itu tentunya akan menambah kesempurnaan dalam berpenampilan. Namun kesehatan dan kecantikan bibir tersebut kerap kali terganggu oleh berbagai masalah yang mengakibatkan bibir kehilangan kesehatan dan kecantikannya.

Terlebih lagi apabila anda sering melakukan aktifitas di luar ruangan, maka berbagai masalah pun akan menghampiri anda. Misalkan karena seringnya terkena polusi maka bibir anda pun akan terkena efeknya dimana bibir menjadi gelap, kering dan kehilangan kesehatannya. Bahkan penggunaan kosmetik pun kerap kali menjadi pemicu bibir anda menjadi tidak sehat.

Nah, untuk menghindari hal itu tentu saja anda harus melakukan perawatan terhadap bibir anda. Lantas bagaimana tips merawat bibir agar tetap sehat dan cantik? Jika anda ingin mengetahuinya mari kita simak pembahasan di bawah ini.

Menjaga bibir tetap terhidrasi

Dalam tubuh kita sekitar 50% sampai 60% merupakan air. Untuk itu sangat penting mempertahankan tingkat hidrasi agar bibir anda sehat. Caranya yaitu minumlah air yang banyak sesuai yang di tentukan. Selain minum anda juga bisa mengkonsumsi buah yang banyak mengandung air misalkan, semangka, mentimun, lemon dan jeruk.

Gunakan produk bibir yang mengandung SPF

Apabila dalam keseharian anda sering menggunakan produk untuk bibir, maka gunakanlah produk yang mengandung spf. Hal ini bertujuan untuk melindungi bibir anda. Karena ketika anda melakukan kegiatan di luar ruangan tentu saja akan terjadi kontak langsung dengan sinar matahari. Paparan sinar matahari akan membuat bibir anda kering dan berubah warna menjadi gelap. Sinar UV pada matahari akan merusak bibir seperti halnya kulit.

Gunakan lipstik seminim mungkin

Biasanya wanita sering menggunakan lipstik dan itu tidak bisa dipungkiri bahwa dengan lipstik akan menambah warna serta kecantikan bibir anda. Namun ketika menggunakannya aplikasikan lipstik pada bibir anda seminim mungkin, hal ini dimaksudkan agar anda terhindar dari efek buruk yang akan muncul. Karena pada dasarnya lipstik terbuat dari campuran bahan kimia sehingga akan menimbulkan efek samping di kemudian hari.

Hindari menjilat dan menggigit bibir

Menggigit atau menjilat bibir merupakan kebiasaan semua orang. Hal ini dilakukan biasanya karena seseorang gugup atau stres. Hal ini memang wajar dilakukan karena dapat menenangkan saraf ketika anda sedang gugup. Namun apabila anda terus-terusan melakukan hal ini maka akan menyebabkan bibir anda menjadi kering dan pecah-pecah bahkan sampai berdarah. Pada saat anda menjilat bibir maka bibir anda akan terbasahi oleh air liur. Nah, air liur ini cenderung akan mengeringkan bibir anda dan kelembaban bibir akan hilang.

Lakukan eksfoliasi seminggu sekali

Kulit pada dasarnya akan melakukan perubahan, dimana sel kulit yang telah mati akan tergantikan oleh sel kulit yang baru begitupun dengan kulit pada bibir. Hal ini merupakan proses alami yang akan membuat bibir menjadi lembut kembali. Namun pada saat pelepasan sel kulit mati biasanya akan ada lapisan yang tertinggal. Oleh sebab itu lakukan lah pengelupasan pada kulit bibir anda setidaknya seminggu sekali untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang tertinggal. Pada saat mengelupaskan anda bisa menggunakan lip scrub dengan di campurkan minyak zaitun dan gula.

Menjaga pola makan

Pola makan juga ternyata mempengaruhi kesehatan bibir anda. Oleh sebab itu jika pola makan anda buruk maka rubahlah pola makan anda. Anda juga bisa melakukan pola diet yang sehat dengan mengkonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan. Makanan ini banyak mengandung antioksidan sehingga dapat menjaga bibir tetap sehat dan lembab.

Demikian tips merawat bibir agar tetap sehat dan cantik. Dengan melakukan perawatan tersebut anda tidak akan di khawatirkan lagi oleh berbagai masalah yang terjadi pada bibir. Semoga bermanfaat