Tips yang Perlu Dilakukan Agar Tidak Grogi di Hari Pernikahan

Hari pernikahan adalah hari indah yang penuh kebahagiaan. Oleh sebab itu tidak heran jika hari tersebut selalu dinanti-nanti oleh semua orang yang ada di dunia ini. Ketika mejelang hari pernikahan banyak sekali ritual yang biasanya dilakukan oleh mereka calon pengantin baru. Tidak jarang meraka selalu menyiapkan dari jauh-jauh hari agar acara yang sakral dan berlangsung sekali seumur hidup tersebut berjalan dengan lancar dan tentunya bisa dikenang sepanjang masa. Karena pentingnya acara tersebut, tidak jarang anda sampai menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk mulai menyiapkan segalanya, mulai dari hal kecil hingga hal yang besar.

Namun, sebenarnya sebelum menghadapi hari pernikahan demi kelancaran acara, anda tidak hanya harus menyiapkan barang-barang seperti undangan, baju pengantin, dekorasi, ketring dan yang lainnya. Sebenarnya hal yang paling penting harus anda siapkan yaitu kondisi psikis anda sebagai calon pengantin, hal ini juga merupakan salah satu kunci agar acara berharga dalam hidup anda ini bisa dikenang.

Karena kondisi psikis tidak diutamakan, oleh sebab itu tidak sedikit pasangan yang hendak menikah justru dihadapkan oleh perasaan gundah dan grogi. Dan jika keadaan seperti ini dibiarkan maka sudah bisa dipastikan akan berdampak pada kelangsungan acara. Oleh sebab itu, agar anda lebih tenang dan tidak grogi di hari pernikahan, ada baiknya anda simak tips-tips di bawah ini.

Tips yang Perlu Dilakukan Agar Tidak Grogi di Hari Pernikahan

1. Tidur lebih awal agar semangat dihari pernikahan

Hari pernikahan tentunya adalah hari yang ditunggu-tunggu dalam hidup anda. Terkadang saking pentingnya acara ini, hal-hal yag dibutuhkan dalam acara pernikahan membuat anda sering tidur larut malam. Hal tersebut memang sah-sah saja. Namun, alangkah baiknya jika anda tidak melakukannya terlalu sering. Usahakan sebisa mungkin anda tidur lebih awal dengan kualitas tidur yang baik. Lupakanlah semua hal tentang besok pagi, karena sekarang sudah bukan waktunya lagi untuk mengkhawatirkan semuanya. Sekarang adalah saatnya anda menyiapkan mental dan kondisi fisik yang fit.

Tidur dengan nyenyak dan berkualitas, makan dengan makanan yang sehat dan janganlah biarkan orang lain mengganggu waktu istirahata anda. Dengan begitu maka anda akan terlihat lebih segar dan semangat di hari pernikahan esok. Tidur yang cukup juga akan membuat anda menjadi lebih segar dan menghasilkan keadaan hati yang positif, bahkan aura positif juga akan terpancar dari diri anda.

2. Ajak sahabat untuk berada disamping anda

Mengadapi hari pernikahan memang tidak jarang akan membuat anda merasa tegang, hal ini disebabkan karena tanggung jawab setelah menikah yang tidak mudah. Namun, hari bahagia ini bisa anda jalani dengan tenang saat sahabat berada terdekat di sisi anda ketika menjelang acar dimulai. Sebelum acara dimulai mungkin anda dan sahabat bisa berfoto atau membicarakan hal-hal keluar dari tema pernikahan. Biarkanlah sahabat anda melontarkan lelucon yang membuat anda tertawa. Dengan cara-cara seperti ini maka tidak jarang anda akan lebih santai ketika waktunya tiba.

3. Mengabadikan diri dengan berfoto pada detik-detik melepas masa lajang

Menikah merupakan momen penting yang akan merubah hidup anda sepenuhnya. Untuk itu tidak aneh jika anda akan merasa grogi saat menjelang pengucapan janji setia. Sebelum anda tampil dihadapan umum, tidak ada salahnya jika anda berfoto terlebih. Misalkan saat sedang dirias, saat menunggu calon pasangan datang atau ketika mempersiapkan hal-hal lainnya.

Meskipun anda sudah menyewa fotografer profesional untuk mengabdikan semua momen yang istimewa tersebut, tetapi dengan berfoto sendiri atau selfie dengan menggunakan kamera sendiri akan membuat anda lebih santai dan tenang. Anda juga akan memiliki kenangan dalam foto selfie anda meskipun ala kadarnya.Dan dengan cara ini dijamin stres anda akan berkurang.

4. Gunakan gaun pengantin yang bisa membuat anda nyaman

Banyak sekali pakaian adat pernikahan di Indonesia yang memang salah satunya harus dipakai saat hari pernikahan. Diantara sekian banyak pakaian adat tersebut, tentunya ada pakaian yang tidak membuat anda nyaman ketika menggunakannya. Terkadang persiapan yang kurang matang bisa membuat anda menjatuhkan pilihan pada gaun yang tidak sesuai dengan keinginan anda, sehingga akan membuat anda stres, grogi atau tidak nyaman ketika acara berlangsung. Nah, agar hal ini tidak terjadi maka anda harus pintar-pintar memilih gaun pernikahan sejak awal.

5. Berhenti memikirkan kelengkapan pernikahan

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa resah dan tidak tenang bisa anda rasakan karena terlalu memikirkan kelengkapan pernikahan. Misalkan anda memikirkan keadaan gedung yang hendak digunakan untuk resepsi, bagaimana katering, atau bagaimana caranya menjamu para tamu agar merasa nyaman. Hal-hal seperti ini secara tidak langsung bisa menghantui pikiran anda sendiri. Terlebih lagi saat beberapa jam menjelang acara dimulai.

Anda seharusnya tidak perlu membebani diri anda sendiri untuk memikirkan itu semua. Banyak sekali orang-orang terdekat anda yang bisa membantu anda dalam mengurus semuanya, dan berikanlah kepercayaan penuh kepada mereka semua. Atau jiga ingin memastikan, anda bisa menghubungi panitia pernikahan. Bertanyalah atas apa yang ada dipikiran anda agar anda bisa tenang dihari pernikahan.

6. Memiliki manajemen waktu yang baik

Bisa memanajemen waktu tidak hnya akan membuat anda terbebas dari stres dihari pernikahan saja, melainkan dikehidupan anda juga. Buatlah daftar kegiatan apa saja yang harus anda lakukan selama hari pernikahan, dari mulai bangun tidur hingga seharian. Melakukan cara ini dan menjalankannya akan membuat anda memiliki banyak waktu untuk bisa menenangkan diri dari grogi atau ketegangan.

7. Mengucapkan terimakasih kepada orang-orang terdekat anda

Menikah bukanlah acara anda dan pasangan saja, tetapi acara keluarga besar. Jika anda menginginkan kebahagiaan anda terasa lebih lengkap, maka cobalah untuk mengucapkan terimakasih kepada orang-orang terdekat anda. Sebelum anda menjadi bagian hidup orang lain, tidak ada salahnya anda temui kedua orangtua anda sendiri dan keluarga besar anda. Ucapkan terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada mereka, karena berkat merekalah anda bisa berada pada momen bahagia ini.

Tidak hanya itu, anda juga perlu mengucapkan terimakasih kepada seseorang yang akan duduk dipelaminan dan hidup bersama anda. Dengan begitu, maka kebahagiaan anda akan terasa lebih lengkap. Anda juga tidak akan lagi grogi saat menjalani prosesi atau berhadapan dengan tamu undangan.

8. Meminta do'a kepada orang tua

Selain mengucapkan terimakasih, anda juga perlu meminta restu kepada orangtua anda agar acara berlangsung dengan sukses. Mintalah do'a kepada orang yang paling berjasa dalam hidup anda, karena berkat didikan dan kerja keras mereka anda bisa menjadi sosok dewasa seperti ini. Jika orangtua anda telah memberikan do'anya, tentunya anda pun akan menjadi lebih tenang dan mustahil grogi akan menghampiri diri anda.

Itulah tips-tips yang perlu anda terapkan saat menjalani prosesi pernikahan. Semoga acara pernikahan anda kelak lancar.

Subscribed Youtube Channel Kami, dan dapatkan video-video terbaru dari kami