Hidup bersama orang yang dicintai merupakan hal yang diharapkan oleh semua pasangan di muka bumi ini. Sebelum memulai untuk hidup bersama orang yang kita cintai tentunya ada ritual yang harus ditempuh yakni suatu pernikahan. Pernikahan merupakan kejadian dimana perjanjian antara wanita dan pria berlangsung, berjanji untuk saling memiliki dan berjanji untuk hidup bersama.

Dalam sebuah pernikahan tentunya semua orang menginginkan bahwa pernikahan yang telah dijalankannya tersebut bisa bertahan untuk selamanya, karena pada umumnya semua pasangan memiliki prinsip untuk menikah sekali dalam seumur hidup. Dan memang pada kenyataannya tidak sedikit pasangan di dunia ini bisa mempertahankan pernikahannya sampai kakek nenek. Namun, meskipun begitu tidak sedikit juga pernikahan yang hanya bertahan seumur jagung.

Baca Juga:

 

Nah, anda tidak ingin pernikahan yang selama ini telah anda jalankan bersama suami kandas di tengah jalan bukan? Untuk itu demi tidak terjadinya hal seperti itu anda harus mengetahui rahasia agar suatu pernikahan bisa awet dan selalu harmonis sampai kakek nenek. Jika mereka bisa mempertahankan pernikahannya tentunya anda juga harus bisa melakukannya. Oleh karena itu disini kami dari tim bisikan.com akan memberikan informasi mengenai cara menciptakan agar suatu pernikahan tetap bahagia dan harmonis. Untuk lebih jelasnya anda bisa simak pembahasan di bawah ini.

Cara Menciptakan Pernikahan yang Bahagia dan Harmonis

1. Tidak melupakan pasangan walaupun sibuk mengurus anak dan rumah tangga

Sibuk mengurus anak dan rumah tangga bukanlah suatu alasan untuk anda tidak memperhatikan pasangan anda. Meskipun pada kenyataannya waktu yang anda miliki banyak tersita oleh urusan rumah tangga dan keperluan anak, namun pasangan anda juga membutuhkan perhatian dari anda meskipun dia tidak pernah mengungkapkannya, tetapi percayalah terkadang di dalam hatinya terbesit sedikit rasa cemburu karena anda lebih perhatian kepada anak dan urusan yang lainnya. Oleh karena itu, sebisa mungkin bagilah waktu anda antara memberikan perhatian kepada anak, pasangan dan urusan rumah tangga. Dengan begitu niscaya kehidupan pernikahan yang anda jalani akan selalu bahagia jika dilakukan dengan baik.

2. Saling mengalah

Agar hubungan pernikahan tetap bahagia maka untuk setiap pasangan tidak boleh menganggap bahwa dirinyalah yang paling mengetahui segalanya, semua pasangan juga tidak boleh memiliki sebuah perasaan bahwa dirinyalah yang paling benar. Perbedaan pendapat juga terkadang selalu terjadi di dalam suatu hubungan pernikahan, untuk itu ketika mengahadapi sebuah perselisihan setiap pasangan harus bisa mengontrol diri dan emosinya masing-masing serta mau mengalah demi terciptanya keharmonisan pernikahan.

3. Memiliki kesepakatan bersama

Banyak sekali pasangan yang tidak pernah membuat kesepakatan bersama sebelum memulai pernikahan mereka dalam mengurus rumah tangga, dan sering kali inilah yang menjadi sumber masalah terjadinya perselisihan. Oleh karena itu, demi terhindar dari hal seperti itu idealnya semua pasangan sebelum memulai pernikahan sudah harus membuat kesepakatan bersam entah itu untuk pembagian tugas dan tanggung jawab, keuangan, pola asuh anak, pendidikan anak dan lain sebagainya.

4. Harus seimbang diantara pekerjaan dan keluarga

Setiap pasangan yang baru menikah atau yang sudah lama menikah harus mengetahui bahwa membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga merupakan hal yang sangat penting, karena jika tidak maka hal itu akan mempengaruhi kebahgiaan keluarga. Oleh seba itu, jika anda menginginkan kehidupan pernikahan anda dan pasangan anda tetap bahagia maka sesibuk apapun kalian luangkanlah setidaknya sedikit waktu untuk bisa berkumpul bersama seluruh anggota keluarga.

5. Bisa menerima apapun kekurangan pasangan

Perlu disadari untuk kita semua bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna kecuali sang maha pencipta kerena setiap orang di muka bumi ini memiliki kelemahan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, apapun keadaan anda dan semarah apapun anda kepada suami anda jangan pernah sekali-kali mengeluarkan kata-kata kasar di bibir anda atau bahkan sampai mengeluarkan sumpah serapah kepada pasangan anda, karena bila itu terjadi maka keharmonisan akan berkurang dan akibatnya kebahagiaan pernikahan akan terancam.

6. Saling jujur dan terbuka kepada pasangan masing-masing

Di dalam sebuah pernikahan tidak boleh ada sesuatu yang disembunyikan oleh pasangan, setiap orang baik itu anda maupun pasangan harus bisa terbuka satu sama lain. Segala bentuk kebohongan baik itu kebohongan besar maupun kebohongan kecil sekalipun lambat laun akan menggerogoti keharmonisan dan kebahagiaan kehidupan rumah tangga anda.

7. Setia dan Jangan selingkuh

Selingkuh merupakan penyebab utama yang bisa merusak hubungan pernikahan. Bisa kita saksikan sendiri kini banyak sekali perceraian yang terjadi dan itu sebagian besar diakibatkan oleh perselingkuhan. Di dalam kehidupan pernikahan tentunya tidak ada seorang pun di dunia ini yang berharap pasanggannya selingkuh dengan orang lain, ya karena perselingkuhan ini merupakan bukti nyata akan ketidakseriusan dan pengkhianatan. Oleh sebab itu, jika anda benar-benar mencintai dan menyayangi pasagan anda maka jangan pernah sekali-kali memiliki pemikiran atau keinginan untuk berselingkuh dengan orang lain, karena jika tidak maka anda akan menanggung sendiri akibatnya.

8. Melakukan rekreasi keluarga

Terkadang untuk memperkuat ikatan hubungan dan ikatan batin sebagai keluarga diperlukan kegiatan yang bisa dilakukan secara bersama-sama. Ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan secara bersama-sama bersama keluarga salah satunya yaitu rekreasi atau liburan. Untuk itu, luangkanlah waktu anda agar bisa melakukan kegiatan ini, tidak perlu berlibur ke tempat yang jauh dan mengeluarkan biaya yang mahal, tetapi yang perlu anda perhatikan yakni seberapa efektifkah acara rekreasi tersebut bisa memperkuat hubungan keluarga terlebih lagi hubungan pernikahan anda.

9. Lakukan komunikasi setidaknya 10 menit setiap hari

Jika anda dan pasangan merupakan orang yang sibuk, itu tidak berarti kesibukan menjadi suatu alasan renggangnya hubungan anda dan pasangan anda. Sempatkanlah waktu setidaknya 10 menit untuk bercengkrama baik itu melalui pesan singkat ataupun telepon. Di rumah pun selalu sempatkan waktu untuk berbicara santai, misalkan ketika makan malam, sambil nonton TV atau sebelum tidur. Bagilah keluh kesah anda kepada pasangan anda, karena dengan begitu maka dia akan merasa dirinya dianggap. Semakin banyak waktu yang digunakan maka semakin banyak kesempatan untuk bisa menciptakan hubungan pernikahan yang bahagia dan harmonis.

10. Ciptakan suasana yang tepat

Jika anda dan pasangan sedang mengalami konflik maka buatlah suasana yang kondusif, tenang serta penuh kasih. Saling menghormati dan menghargai satu sama lainnya serta selalu memikirkan masa depan pernikahan dan anak merupakan hal penting yang harus dilakukan. Suasana yang nyaman dalam keluarga merupakan penghilang stres yang baik apabila anda merasa lelah karena seharian telah bekerja.

Itulah dia cara agar hubungan pernikahan anda tetap bahagian dan harmonis. Jangan pernah sekali-kali melakukan hal-hal yang dapat merusak hubungan anda dan pasangan anda. Semoga pernikahan anda selalu diselimuti oleh kebahagiaan.

Loading...

Loading...