Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan - Kebanyakan orang tentu sudah mengenal daun sirih. Daun sirih adalah herbal berkhasiat yang sudah dimanfaatkan di dunia kecantikan maupun dunia kesehatan sejak dahulu. Daun yang satu ini memiliki aroma khas yang menjadi daya tarik tersendiri.

Tanaman yang tumbuhnya merambat ini kini cukup sulit ditemui. Terkecuali jika anda tinggal di pedesaan atau anda menanamnya sendiri di rumah. Banyak manfaat daun sirih untuk kecantikan yang bisa anda dapatkan. Lantas apa saja manfaat daun sirih untuk kecantikan? Untuk mengetahuinya anda bisa langsung simak pada pembahasan di bawah ini.

Baca Juga:

Manfaat-daun-sirih-untuk-kecantikan.jpg

Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan

Daun sirih bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit atau rambut. Selain itu, daun sirih juga sering dimanfaatkan untuk mengatasi bau badan dan bau mulut yang membandel. Nah, untuk mengetahui lebih jelas apa saja manfaat daun sirih untuk kecantikan, simak di bawah ini.

1. Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Kesal karena terdapat jerawat di wajah? Keberadaan jerawat pada wajah memang sangat mengganggu. Benjolan kecil di wajah akan membuat anda merasa tidak percaya diri. Bahkan rasa gatal dan sakit yang ditimbulkan membuat anda merasa tidak nyaman.

Jerawat itu sendiri merupakan penyakit kulit yang disebabkan karena folikel rambut mengalami sumbatan oleh sel kulit mati atau minyak. Jerawat bisa muncul pada bagian tubuh seperti wajah, dada, punggung dan leher. ( Baca juga : Manfaat Lidah Buaya )

Meskipun bukan penyakit kulit yang membahayakan. Namun tetap saja keberadaannya akan sangat mengganggu. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan obat jerawat yang sudah tersedia di pasaran. Saat ini banyak obat jerawat yang bisa anda gunakan, mulai dari harga murah hingga harga mahal. Namun, selain itu anda juga menggunakan bahan alami untuk mengatasinya. Salah satu bahan alami yang dapat mengatasi jerawat yaitu daun sirih.

Daun sirih mengandung antiseptik yang bisa mencegah, serta mengobati jerawat membandel pada wajah. Cara memanfaatkan daun sirih untuk mengatasi atau mencegah jerawat sangat mudah. Untuk mengetahuinya anda bisa langsung simak di bawah ini:

  • Langkah pertama kali yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan daun sirih sebanyak 10 lembar.
  • Kemudian cuci daun sirih hingga benar-benar bersih.
  • Setelah itu rebus daun sirih dengan menggunakan air sebanyak 1 liter. Lalu tambahkan garam sebanyak 2 sendok makan.
  • Rebus semua bahan-bahan hingga mendidih.
  • Setelah mendidih, anda bisa mematikan api kompor dan tunggu beberapa saat hingga dingin.
  • Anda bisa menggunakan rebusan daun sirih yang sudah dingin untuk mencuci wajah anda. Lakukan cara ini setiap malam sebelum anda tidur.
  • Anda bisa merasakan sendiri manfaatnya, dimana jerawat akan mengering dan kempis.

2. Menghaluskan Wajah

Memiliki wajah halus adalah dambaan setiap wanita. Hanya saja, tidak semua orang memiliki wajah seperti ini. Terkadang karena sering terpapar oleh debu dan polusi menjadikan kulit kering dan mengelupas. Ada juga yang memiliki flek hitam di wajah karena bekas jerawat, bopeng, bekas luka dan lain sebagainya. Faktor-faktor yang menjadi penyebab wajah tidak halus ini terkadang membuat pemiliknya merasa tidak percaya diri.

Demi memiliki kulit wajah halus dan mulus, tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan uang banyak untuk melakukan perawatan ke salon atau klinik kecantikan. Namun tahukah anda? Memperoleh wajah halus seperti yang diinginkan sebenarnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan alami yang mudah didapatkan. Bahan alami yang dapat membantu menghaluskan kulit salah satunya yaitu daun sirih. Berikut cara menghaluskan wajah dengan daun sirih:

  • Langkah pertama kali yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan daun sirih sebanyak 5 lembar. Lalu cuci daun sirih hingga bersih.
  • Selanjutnya haluskan daun sirih dengan cara ditumbuk. Lalu tambahkan madu murni sebanyak 1 sendok makan. Aduk hingga merata.
  • Setelah itu, oleskan bahan tadi pada wajah anda dengan merata dan diamkan selama 15 menit.
  • Terakhir anda bisa membilas wajah dengan menggunakan air dingin.
  • Untuk hasil yang maksimal anda bisa melakukan cara ini dengan rutin, yakni 2 kali seminggu.

3. Mencerahkan Wajah

Memiliki wajah yang putih, sehat dan cerah tentunya akan meningkatkan rasa percaya diri anda. Kondisi wajah yang terlihat kusam, serta tidak bercahaya akan menjadikan seseorang merasa tidak percaya diri. Sayangnya untuk sebagian orang memiliki kulit wajah yang putih harus dilakukan dengan upaya ekstra.

Banyak orang yang ingin memiliki wajah putih dengan instan. Tak sedikit dari mereka memakai produk pemutih kulit yang keamanannya kurang terjamin. Sebenarnya selain dengan menggunakan produk pemutih kulit, untuk mendapatkan kulit putih dan cerah anda bisa melakukan cara alami dengan memanfaatkan bahan alami. Bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu mencerahkan kulit yaitu daun sirih.

Untuk mendapatkan manfaatnya anda bisa mencuci wajah menggunakan air rebusan daun sirih muda. Mencuci wajah dengan menggunakan air rebusan daun sirih muda dapat membuat kulit wajah yang kusam menjadi lebih cerah dengan alami. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya lakukan dengan rutin.

4. Mengatasi Kulit Berminyak

Tubuh manusia pada dasarnya memproduksi minyak untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan lembab. Hanya saja, jika produksi minyak berlebihan akan dapat mengganggu penampilan anda dan memicu timbulnya berbagai masalah pada wajah, salah satunya jerawat.

Adapun penyebab seseorang memiliki kulit wajah berminyak yaitu faktor genetik. Hormon dapat menjadi penyebab utama seseorang memiliki kulit berminyak, terutama pada wanita. Selain itu, ada beberapa faktor lainnya yang dapat menyebabkan kulit berminyak seperti stres, kondisi fisik, pola makan yang tidak sehat dan lain sebagainya.

Untuk anda yang memiliki kulit berminyak, anda tentu harus memperhatikan produk yang anda gunakan. Pasalnya produk perawatan kulit untuk kulit berminyak berbeda dengan jenis kulit yang lainnya.

Nah, untuk membantu mengatasi kulit wajah yang berminyak sebenarnya anda bisa melakukannya dengan cara alami atau tradisional dengan memanfaatkan air rebusan daun sirih. Untuk mendapatkan manfaatnya anda bisa simak di bawah ini:

  • Pertama kali, silakan siapkan daun sirih sebanyak 10 lembar. Daun sirih yang harus anda siapkan yaitu daun sirih yang masih muda
  • Rebus daun sirih tersebut dengan menggunakan air sebanyak 1 liter.
  • Kemudian setelah direbus diamkan beberapa saat hingga hangat-hangat kuku.
  • Selanjutnya anda bisa menggunakan air rebusan daun sirih untuk mencuci wajah anda tiap malam sebelum anda tidur.

5. Mencegah Bau Badan

Manfaat-daun-sirih-untuk-kecantikan-3.jpg

Anda memiliki bau badan yang tidak sedap? Bau badan yang tidak sedap tentu akan sangat mengganggu. Kondisi ini tentunya akan dapat mengurangi rasa percaya diri anda. Bahkan bisa jadi bau badan yang tidak sedap menjadi pertanda bahwa kesehatan anda terganggu.

Bau badan itu sendiri disebut juga dengan istilah bromihidrosis. Bau badan dapat terjadi saat bakteri yang terdapat pada tubuh anda bertemu keringat yang tidak berbau, kemudian berkembang biak. Dimana bau badan ini dihasilkan dari pemecahan protein keratin olah bakteri pada kulit. Kondisi ini biasanya terjadi ketika seseorang sedang dalam masa pubertas karena hormon androgen mengalami peningkatan.

Jika anda bau keringat atau bau badan, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya. Cara yang bisa anda lakukan yaitu dengan menggunakan deodoran atau antiperspiran selesai anda mandi pada ketiak. Namun, selain itu anda juga bisa melakukan cara alami untuk menghilangkan bau badan. Daun sirih dipercaya menjadi bahan alami yang mampu mencegah munculnya bau badan.

Daun sirih mengandung estradiol dan klavikula yang dapat membantu mengontrol produksi hormon, serta kelenjar keringat. Untuk mendapatkan manfaatnya anda bisa mengonsumsi air rebusan daun sirih atau dengan mengaplikasikan daun sirih merah yang sudah ditumbuk sebanyak 2 lembar pada ketiak anda dengan teratur. Minyak esensial pada daun sirih dapat membantu mengatasi bau badan yang anda alami. 

6. Mengatasi Bau Mulut

Daun sirih sudah sejak dulu digunakan untuk pengobatan alami, salah satunya yaitu untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Daun sirih dapat mengatasi bau mulut yang membandel. Pada daun sirih terkandung antioksidan alami yang memiliki efek sebagai antibakteri. Karena memiliki sifat antibakteri ini, daun sirih dapat menghambat tumbuhnya bakteri, serta produksi zat asam yang dihasilkan bakteri akan berkurang.

Di Cina, serta India daun sirih terkenal sebagai obat tradisional untuk mencegah terjadinya bau mulut. Berdasarkan penelitian menyatakan bahwa pada daun sirih terkandung minyak atsiri. Yang mana di dalamnya terdapat zat allylpyrocatechol (APC) yang bisa mengikat bakteri anaerob yang menjadi penyebab munculnya bau mulut. Produkasi methyl mercaptan, serta hydrogen sulfide yang merupakan gas berbau hasil bakteri tersebut, dapat berkurang dengan bantuan Antibakterial allylpyrocatechol (APC).

Untuk mendapatkan manfaat daun sirih mengatasi bau mulut, simak caranya berikut ini:

  • Siapkan daun sirih sebanyak 2 hingga 4 lembar. Lalu cuci daun sirih hingga bersih.
  • Kemudian anda bisa memasukan daun sirih ke dalam gelas dan seduh dengan menggunakan air panas. Tutup rapat.
  • Setelah hangat anda bisa berkumur dengan menggunakan air seduhan daun sirih tersebut.

Karena memiliki khasiat untuk mengatasi bau mulut, ekstrak daun sirih dijadikan bahan produk kesehatan gigi. Selain dapat membantu mengatasi mulut bau, daun ini juga bermanfaat dalam mencegah terbentuknya karies gigi.

7. Mencegah Rambut Rontok

Rambut rontok menjadi masalah yang sangat menjengkelkan. Setiap hari rambut berguguran ketika kita menyisir. Nah, sebelum semakin banyak rambut yang berguguran, anda bisa melakukan berbagai cara untuk mencegah terjadinya rambut rontok.

Mencegah rambut rontok bisa dilakukan dengan cara mengurangi risiko yang menyebabkan rambut rontok seperti menghindari mengikat rambut dengan kencang, mengurangi mencatok atau mengeringkan rambut dengan menggunakan hair dryer, menghindari penggunaan bahan kimia pada rambut, memenuhi nutrisi yang dibutuhkan dan menggunakan produk perawatan rambut yang sesuai dengan jenis rambut anda. Selain itu, untuk mencegah rambut rontok anda juga bisa melakukan perawatan alami. Anda bisa memanfaatkan daun sirih untuk membantu mencegah rambut rontok. Untuk mendapatkan manfaatnya, simak di bawah ini.

  • Pertama-tama silakan siapkan daun sirih secukupnya. Lalu giling daun sirih bersama minyak wijen, serta minyak kelapa.
  • Selanjutnya, oleskan dengan merata pada kulit kepala anda.
  • Diamkan selama kurang lebih 1 jam.
  • Terakhir anda bisa membilasnya.

8. Mengatasi Gatal Pada Kulit

Wanita kulitnya lebih sensitif dibandingkan dengan kulit pria. Pasalnya, kulit wanita lebih sering terkena pengaruh kosmetik jika dibandingkan pria, akibatnya sensitifitas kulit menjadi rendah. Selain itu, debu, paparan polusi sampai sinar matahari bisa menyebabkan alergi. Selain alergi, kulit juga dapat berubah menjadi memerah serta terasa sangat gatal.

Nah, untuk membantu mengatasi kulit yang gatal, anda bisa mencoba melakukan perawatan menggunakan daun sirih. Daun sirih mengandung antiseptik yang tinggi, sehingga daun sirih bisa dimanfaatkan untuk pembersih alami. Bakteri dan kuman yang mudah masuk ke dalam kulit bisa dicegah dengan daun sirih. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda bisa simak berikut ini:

  • Siapkan daun sirih sebanyak 10 hingga 20 lembar. Cuci daun sirih hingga bersih.
  • Lalu anda bisa merebusnya dengan air sampai mendidih.
  • Selanjutnya anda bisa menggunkan air rebusan daun sirih untuk mandi atau berendam. Namun, pastikan air rebusannya sudah dalam keadaan dingin atau hangat.
  • Bagian tubuh anda yang gatal bisa dibasuh dengan menggunakan air rebusan daun sirih.

9. Menghilangkan Bekas Jerawat

Selain jerawat, bekas jerawat juga menjadi permasalahan wajah yang sangat mengganggu. Setelah jerawat kempis atau hilang, maka akan muncul bekas jerawat. Meskipun sebenarnya bukan masalah yang besar, namun keberadaan noda bekas jerawat pada wajah akan mengurangi rasa percaya diri pemiliknya. Untuk anda yang memiliki noda bekas jerawat, anda jangan khawatir karena masalah wajah ini bisa diatasi.

Hanya saja, sebelum memutuskan melakukan perawatan di salon atau klinik kecantikan, tidak ada salahnya anda mencoba cara alami mengatasi bekas jerawat dengan memanfaatkan daun sirih. Antiseptik yang terdapat pada daun sirih selain dapat menghilangkan jerawat, juga bermanfaat untuk menyamarkan atau menghilangkan noda bekas jerawat yang mengganggu penampilan.

10. Meluruskan Rambut

Ingin meluruskan rambut dengan alami? Tentunya bisa. Anda bisa memanfaatkan daun sirih untuk meluruskan rambut. Selain alami dan murah, meluruskan rambut dengan memanfaatkan daun sirih tidak akan menimbulkan efek samping apapun.

Rambut lurus dan indah tentunya akan membuat anda merasa lebih percaya diri. Untuk mendapatkan manfaat daun sirih untuk meluruskan rambut caranya sangat mudah, seperti berikut ini.

  • Pertama-tama, silakan siapkan daun sirih sebanyak 10 lembar. Cuci daun sirih hingga bersih.
  • Setelah itu, rebus daun sirih dengan air.
  • Selanjutnya, tunggu air rebusan daun sirih dingin.
  • Apabila sudah dingin, anda bisa meniriskannya dan memasukan sarinya ke dalam semprotan rambut.
  • Semportkan ketika rambut anda dalam keadaan setengah kering.
  • Apabila sudah menyemprotkan daun sirih pada rambut, anda kemudian bisa menambahkan vitamin rambut supaya hasilnya menjadi maksimal.
  • Diamkan selama 3 jam. Lalu anda bisa membilasnya sampai bersih. Jika anda  melakukannya sebelum tidur, pagi harinya anda harus segera membilas rambut dengan menggunakan shampo yang cocok dengan jenis rambut anda. Lakukan dengan rutin sekitar 4 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Demikian beberapa manfaat daun sirih untuk kecantikan. Meskipun memiliki manfaat yang bagus bagi kecantikan, namun untuk anda yang memiliki jenis kulit sensitif sebaiknya berhati-hati saat melakukan perawatan dengan daun sirih ini. Untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi, alangkah lebih baik jika anda melakukan tes terlebih dahulu pada kulit anda untuk mengetahui apakah daun sirih cocok untuk kulit anda atau tidak. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...