Manfaat Temulawak Untuk Kecantikan - Temulawak, anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan tanaman herbal ini. Temulawak yang memiliki nama ilmiah Curcuma xanthorrhiza, merupakan salah satu tanaman yang berasal dari famili Zingiberaceae. Dalam kehidupan sehari-hari, temulawak itu sendiri biasanya dimanfaatkan bagian rimpangnya dan biasanya diolah sebagai minuman.

Bentuk rimpang temulawak hampir mirip dengan kunyit. Bahkan banyak orang yang sering tertukar antara temulawak dan kunyit. Namun, jika anda perhatikan dengan baik-baik kedua tanaman ini memiliki perbedaan. Dimana warna temulawak kuning oranye yang tidak seterang kunyit. Selain itu, antara keduanya memiliki perbedaan yang lainnya dari aroma, bentuk daun sampai rasanya.

Baca Juga:

Mempunyai bentuk yang hampir mirip, manfaat dan kandungan kedua tanaman tersebut memiliki kesamaan. Baik temulawak ataupun kunyit, keduanya sama-sama memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan maupun kecantikan.

Pada temulawak terkandung kurkumin yang merupakan kandungan utama. Selain itu, temulawak juga mengandung minyak atsiri yang mengandung senyawa organik. Kemudian, temulawak mengandung karbohidrat, protein, dan berbagai mineral seperti besi, mangan, natrium, kalium dan magnesium. Karena berbagai kandungannya tersebut, temulawak sering dimanfaatkan untuk kesehatan. ( Baca juga : Manfaat Air Kelapa Untuk Kacantikan )

Nah, selain untuk kesehatan temulawak juga memiliki manfaat yang bagus untuk kecantikan. Temulawak diketahui memiliki khasiat untuk perawatan kulit. Untuk anda yang ingin tahu apa saja manfaat temulawak untuk kecantikan, yuk simak di bawah ini.

manfaat-temu-lawak-untuk-kecantikan.jpg

Manfaat Temulawak Untuk Kecantikan

Anda akan mendapatkan manfaat temulawak jika menggunakannya dengan tepat. Adapun beberapa manfaat temu lawak untuk kecantikan seperti berikut ini.

1. Mencerahkan Kulit

Memiliki kulit yang sehat dan cerah adalah dambaan setiap wanita. Dengan kulit yang cerah akan dapat menunjang penampilan dan menambah rasa percaya diri seseorang. Hanya saja, karena sering melakukan aktivitas di luar ruangan dan terpapar oleh sinar matahari, banyak orang yang kulitnya terlihat kusam.

Namun, jangan khawatir karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencerahkan kulit. Mulai dari melakukan perawatan di dokter hingga menggunakan cara alami. Hanya saja, untuk anda yang tidak memiliki waktu, maka tidak ada salahnya jika anda menggunakan cara alami untuk mencerahkan kulit. Ada beberapa bahan alami yang diketahui memiliki khasiat untuk mencerahkan kulit, salah satunya temu lawak. Temulawak dapat membantu meningkat warna kulit anda sehingga akan terlihat semakin cerah.

2. Mengatasi Jerawat

Memiliki banyak jerawat pada wajah tentunya akan mengurangi rasa percaya diri anda. Anda tentu akan mencari cara untuk menghilangkan jerawat membandel pada wajah. Sebenarnya terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat pada wajah anda. Selain menggunakan obat jerawat, anda bisa menggunakan cara alami dengan memanfaatkan bahan alami untuk membasmi jerawat. Selain murah meriah, kemungkinan efek samping yang ditimbulkan kecil.

Nah, jerawat itu sendiri merupakan masalah kulit yang muncul saat folikel rambut mengalami sumbatan oleh sel kulit mati dan minyak. Dimana kondisi ini akan ditandai dengan munculnya bintik di beberapa bagian tubuh baik itu leher, dada, punggung atau wajah. Jerawat bisa dialami oleh siapa saja. Ada banyak faktor penyebab kulit berjerawat seperti perubahan hormon, masa pubertas, kurang menjaga kesehatan kulit, penggunaan make up yang tidak cocok dan lain sebagainya.

Bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk mengatasi jerawat yaitu temulawak. Temulawak memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan jerawat yang meradang dan membuat jerawat cepat kering. Untuk mendapatkan manfaat temu lawak, anda bisa mengonsumsi temulawak dengan rutin atau menjadikan temu lawak sebagai masker.

3. Menyamarkan Flek Hitam Pada Kulit

Selain jerawat, flek hitam menjadi masalah kulit yang sangat menjengkelkan, terutama untuk para wanita. Masalah kulit dengan nama lain hiperpigmentasi menjadi masalah umum yang dialami oleh para wanita seiring bertambahnya usia. Namun, wanita yang usianya masih muda juga bisa saja mengalami masalah flek hitam pada wajahnya jika kesehatan kulit tidak diperhatikan.

Flek hitam itu sendiri muncul ketika kulit yang terpapar oleh matahari, produksi sel melanositnya meningkat sehingga akan menimbulkan penggelapan kulit. Oleh karena itu, flek hitam biasanya akan muncul pada area kulit yang lebih sering terpapar oleh sinar matahari seperti lengan, kaki, wajah dan punggung.

Selain karena paparan sinar matahari, flek hitam itu sendiri dapat disebabkan karena kehamilan, efek samping penggunaan obat tertentu atau hormon yang tidak seimbang. Selain itu, flek hitam dapat disebabkan karena merokok, kekurangan vitamin, bekas jerawat yang tidak memudar, kurang tidur atau stres. Untuk mencegah munculnya flek hitam pada kulit, anda harus mengonsumsi makanan sehat yang bermanfaat untuk kulit serta menggunakan suncreen.

Namun, masih ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menyamarkan atau menghilangkan flek hitam pada kulit, termasuk melakukan perawatan dengan cara alami. Temulawak diketahui memiliki manfaat untuk menyamarkan flek hitam pada kulit. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda bisa menjadikan temulawak sebagai masker.

4. Mencegah Penuaan Dini

Seiring dengan usia yang semakin bertambah, maka jaringan kolagen serta elastin kulit akan mulai melemah. Hal ini akan membuat keelastisan kulit berkurang, akibatnya tanda-tanda penuaan akan muncul. Beberapa tanda penuaan di antaranya yaitu keriput dan munculnya garis halus pada kulit. 

Kondisi ini ternyata selain terjadi pada orang yang sudah berumur, juga dapat terjadi pada orang yang masih muda. Anda mengalami penuaan dini jika terlihat lebih tua dibandingkan dengan usia anda yang sesungguhnya.

Ada beberapa kebiasaan yang dapat memicu munculnya tanda penuaan dini, entah itu yang disadari atau tidak disadari, beberapa di antaranya yaitu paparan sinar matahari tanpa menggunakan pelindung, kebiasaan merokok, pola makan yang tidak sehat, konsumsi alkohol dengan berlebihan dan kurang tidur.

Penuaan menjadi proses alami tubuh. Namun berbeda halnya dengan penuaan dini yang bisa  dicegah. Untuk mencegah munculnya tanda penuaan dini pada kulit, anda harus menghindari kebiasaan buruk dan memperhatikan kesehatan kulit.

Saat ini banyak produk perawatan kulit untuk mencegah penuaan dini. Namun, anda juga bisa melakukan perawatan alami dengan memanfaatkan temulawak. Masker yang terbuat dari bahan temulawak diketahui memiliki manfaat untuk memperlambat penuaan. Jika anda menggunakan temulawak dengan teratur maka penuaan dini akan dapat dicegah.

5. Menghaluskan Kulit

Memiliki kulit wajah halus adalah dambaan setiap orang. Hanya saja, akibat sering terpapar polusi dan debu anda mungkin memiliki kulit kering dan mengelupas. Selain itu, beberapa masalah wajah lainnya seperti bopeng, bekas jerawat, bekas cacar dan flek hitam membuat anda tidak dapat memiliki kulit wajah seperti yang didambakan.

Agar memiliki kulit halus, tidak sedikit orang yang mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan di klinik kecantikan. Namun, selain itu anda bisa menghaluskan kulit dengan menggunakan bahan alami. Salah satu bahan alami yang dapat menghaluskan kulit yaitu temulawak.

Temulawak mengandung bahan alami yang dapat mengikis sel kulit mati yang membuat kulit terlihat kusam tidak terawat. Cara memanfaatkan temu lawak untuk menghaluskan kulit itu sendiri mudah dan sederhana. Anda cukup menempelkan temulawak segar yang sudah diiris pada wajah anda. Untuk mendapatkan kulit halus dan lembab, anda bisa melakukan cara ini dengan rutin.

6. Mengencangkan Wajah

manfaat-temu-lawak-untuk-kecantikan-2.jpg

Seiring usia yang semakin bertambah, kekencangan kulit akan berkurang dan kulit mulai mengendur. Meskipun hal ini biasa dialami oleh semua orang seiring usia yang semakin bertambah, namun beberapa orang memilih melakukan perawatan untuk membuat kulitnya nampak awet muda dan kencang. Berbagai cara kemudian ditempuh agar wajah tetap kencang, mulai dari melakukan perawatan di klinik kecantikan hingga menggunakan produk khusus mengencangkan kulit.

Kulit yang kendur atau tidak kencang disebabkan karena kulit kemampuan regenerasinya semakin menurun seiring dengan usia yang semakin bertambah. Dimana akibatnya akan muncul garis halus pada wajah seperti mulut, hidung, pipi, area mata dan kulit wajah yang mengendur. Kondisi ini akan membuat wajah nampak lebih tua.

Nah, sebelum anda mengalurkan banyak uang untuk melakukan perawatan, mengencangkan kulit bisa anda lakukan dengan menggunakan cara alami memanfaatkan temulawak. Antioksidan yang terkandung pada temulawak berperan untuk mengencangkan kulit. Untuk membuat kulit lebih kencang, anda bisa menggunakan temulawak dengan rutin.

7. Melembabkan Wajah

Sering terpapar oleh AC atau udara yang dingin dapat menyebabkan wajah terasa lebih kering, kusam, kasar dan berkerak. Terlebih lagi jika anda memiliki jenis kulit kering. Oleh karena itu, anda harus berusaha untuk menjaga agar kulit anda tetap dalam keadaan lembab. Salah satu cara yang harus anda lakukan untuk melembabkan wajah yaitu dengan menggunakan pelembab khusus wajah.

Selain menggunakan produk pelembab wajah, anda bisa mencoba melakukan perawatan alami agar wajah anda lebih lembab dan sehat. Temulawak diketahui memiliki manfaat untuk melembabkan wajah. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda bisa membuat masker dari temulawak.

  • Cara membuatnya yaitu, silakan campurkan temulawak bubuk dengan kuning telur dan minyak zaitun. Aduk semua bahan tersebut sampai merata.
  • Setelah itu anda bisa mengaplikasikannya pada wajah dan diamkan selama beberapa saat.
  • Terakhir anda bisa membilas wajah dengan menggunakan air hingga bersih.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa melakukan cara ini dengan rutin.

8. Sebagai Antioksidan Alami

Antioksidan sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh kulit. Antioksidan itu sendiri merupakan senyawa yang bisa menghambat, mencegah, memperlambat atau menunda reaksi oksidasi. Antioksidan bisa kita temukan pada berbagai jenis bahan makanan. Antioksidan bermanfaat untuk menangkal atau mentralisir radikal bebas  yang dapat memberikan efek berbahaya untuk kesehatan maupun kecantikan.

Nah, jika berhubungan dengan kecantikan kulit, antioksidan bermanfaat untuk merawat kulit dari efek buruk polusi dan sinar matahari. Antioksidan memiliki peran untuk melindungi kulit mulai dari dalam keluar, caranya dengan menjaga supaya sel-sel tubuh terhindari dari kerusakan.  Selain itu, antioksidan juga bermanfaat untuk menteralkan radikal bebas, membuat produksi kolagen meningkat, mengurangi kerutan dan garis halus, mengurangi flek hitam dan jerawat.

Nah, temulawak diketahui memiliki manfaat sebagai antioksidan alami untuk kulit. Temulawak dapat menjaga kesehatan kulit dan mencegah berbagai masalah kulit karena radikal bebas.

9. Mengatasi Bekas Luka

Memiliki bekas luka pada wajah tentu akan mengganggu penampilan. Dari waktu ke waktu biasanya bekas luka akan hilang dengan sendirinya. Namun, karena keberadaannya mengganggu penampilan, jadi banyak orang yang mencari cara untuk menghilangkannya.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas luka pada kulit. Untuk menghilangkannya, anda bisa memanfaatkan masker temulawak dengan rutin. Dengan begitu,  secara bertahap dan alami bekas luka pada kulit anda akan menghilang dan kulit anda akan kembali cantik.

Hanya saja, jika luka pada kulit anda masih baru sebaiknya hindari melakukan perawatan dengan menggunakan temulawak ini. Sebab temulawak hanya digunakan untuk membantu mengatasi bekas luka saja yang sudah lama dan tidak kunjung hilang.

10. Mengecilkan Pori-Pori

Masalah pori-pori yang besar dikeluhkan oleh banyak orang. Terlebih lagi jika anda memiliki kulit tipe berminyak atau kombinasi. Pori-pori wajah yang terlihat besar tentunya akan membuat anda merasa kurang percaya diri. Selain membuat kulit anda tidak mulus, juga akan membuat kulit anda semakin mudah berminyak. Selain itu, pori-pori wajah yang besar juga akan memicu jerawat muncul. Oleh karena itu, anda harus mengetahui solusi yang tepat untuk mengecilkan pori-pori wajah anda.

Sebenarnya ukuran pori-pori pada wajah tidak bisa dirubah. Namun, anda bisa menyamarkannya dengan cara membersihkan segala macam kotoran dan minyak yang tersumbat dalam pori-pori. Efeknya kulit anda akan terlihat lebih bersih, mulus, serta pori-pori yang awalnya terlihat besar akan menjadi lebih kecil dan rata. Untuk mendapatkan hasil seperti itu, anda  tidak perlu menggunakan produk mahal. Pasalnya anda bisa melakukan perawatan sederhana dengan menggunakan temulawak. Bahan alami ini bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori karena diketahui memiliki manfaatnya.

Cara Menggunakan Temulawak

Sudah tidak dapat diragukan lagi, temulawak memiliki manfaat yang bagus untuk kecantikan. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda bisa mengonsumsi sari temulawak atau menjadikan temulawak sebagai masker. Agar penggunaannya lebih mudah anda bisa menggunakan bubuk temulawak. Masker temulawak bisa anda kombinasikan dengan bahan alami lainnya sesuai dengan kebutuhan kulit anda, seperti minyak zaitun atau madu.

Efek Samping Temulawak

manfaat-temu-lawak-untuk-kecantikan-1.jpg

Meskipun temulawak memiliki manfaat yang bagus, namun anda perlu hati-hati akan kemungkinan efek samping yang ditimbulkan, baik dengan cara diminum atau dijadikan masker. Mengonsumsi temulawak dalam waktu yang lama atau jangka waktu panjang akan dapat menyebabkan mual dan mengiritasi lambung. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi temulawak dilakukan dalam waktu yang singkat, maksimal 18 minggu untuk menghindari efek samping yang akan membahayakan tubuh tubuh. ( Lihat juga : Manfaat Teh Hijau )

Diketahui ada beberapa golongan yang tidak disarankan mengonsumsi temulawak, seperti berikut ini:

  • Wanita yang Sedang Hamil dan Menyusui

Wanita hamil dan menyusui tidak disarankan mengonsumsi temulawak. Meskipun efek sampingnya belum diketahui dengan pasti, namun kelompok ini sebaiknya menghindari penggunaan temulawak. Sebab penggunaan temulawak dikhawatirkan akan mengganggu janin dalam kandungan maupun bayi yang sudah lahir.

  • Seseorang yang Mengalami Gangguan Hati serta Kandung Empedu

Temulawak diketahui mengandung zat yang akan membuat produksi empedu terangsang, sehingga akan memperburuk kondisi.

Selain itu, untuk anda yang memiliki tipe kulit sensitif atau alergi terhadap kandungan temulawak sebaiknya menghindari perawatan dengan menggunakan temulawak untuk mencegah terjadinya efek samping. Untuk anda yang memiliki luka terbuka juga sebaiknya menghindari perawatan dengan bahan ini. Namun, untuk mendapatkan informasi lebih jelasnya anda dapat berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui apakah temulawak cocok atau tidak dengan kondisi anda. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...