Memiliki kehidupan rumah tangga yang harmonis pada dasarnya adalah dambaan untuk setiap pasangan di muka bumi ini. Namun pada kenyataannya, untuk mendapatkan hal tersebut tidak semudah ketika kita membalikan telapak tangan. Ya, seperti yang bisa kita saksikan sendiri kini banyak sekali pasangan yang tidak bisa mempertahankan pernikahannya sehingga harus kandas di tengah jalan. Dalam hal ini setiap pasangan harus bisa memahami bahwa untuk mempertahankan pernikahan tetap harmonis setiap pasangan harus mampu bekerja sama untuk mengatasi setiap tantangan yang menghampiri.

Ada banyak sekali pendapat tentang bagaimana cara mempertahankan agar suatu keharmonisan dalam pernikahan tetap tercipta. Di bawah ini ada beberapa usaha yang perlu diupayakan oleh setiap pasangan agar pernikahan yang dijalankan tetap harmonis. Namun, semuanya kembali lagi pada diri setiap pasangan, apabila usaha di bawah ini dilakukan dengan sungguh-sungguh maka hasilnya akan memusakan, begitu juga dengan sebaliknya jika anda tidak mengupayakan dengan benar maka hasil yang didapatkan pun akan mengecewakan. Untuk itu, jika anda benar-benar serius dan menginginkan pernikahan yang anda jalankan tetap harmonis maka sebisa mungkin upayakanlah hal-hal di bawah ini.

Baca Juga:

Usaha Untuk Mempertahankan Pernikahan Tetap Harmonis

1. Berusaha untuk selalu menyenangkan pasangan anda

Untuk bisa menyenangkan pasangan anda tidak perlu harus memberikan sebuah hadiah. Hal-hal yang sederhana seperti selalu menjaga ucapan untuk selalu lemah lembut, saling bertegur sapa, membantu meringankan pekerjaan pasangan, memberikan perhatian dan lain sebagainya merupakan salah satu bentuk sederhana untuk bisa menyenangkan hati pasangan anda.

2. Berusaha untuk saling mengenal dan memahami

Anda harus mengingat bahwa anda dan pasangan anda merupakan pribadi yang berbeda. Anda dibesarkan oleh keluarga dengan tradisi dan kebiasaan yang berbeda, begitu pula dengan pasangan anda. Oleh sebab itu, semenjak anda berdua berkenalan dan memutuskan untuk melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius, maka berusahalah untuk saling mengenal dan memahami satu sama lain. Cara ini juga mampu mempertahankan hubungan anda dan pasangan tetap harmonis. Ya, karena jika dalam hubungan rumah tangga tidak saling memahami dan mengenal maka keegoisan masing-masing akan tumbuh dan hal tersebut akan membuat adanya perselisihan sehingga hubungan pernikahan tidak akan menjadi harmonis.

3. Berusaha untuk saling menghormati

Dalam sebuah pernikahan kadang kala suatu kesedihan hadir karena tidak adanya sikap saling menghormati di anatara pasangan. Nah, apabila hal ini tetap dibiarkan maka dapat mengarahkan pernikahan ke ujung kehancuran. Untuk itu, demi mempertahankan hubungan anda dan pasangan anda maka hal utama yang perlu dilakukan yakni ciptakanlah keadaan yang harmonis, salah satu cara yang bisa diupayakan yaitu menghormati pasangan anda secara tulus.

4. Berusaha mengatasi segala persoalan secara bersama

Setiap orang di dunia ini tentunya memiliki masalah, namun meskipun begitu dengan adanya masalah maka anda akan menjadi pribadi yang lebih kuat lagi. Apabila anda dan pasangan dihampiri oleh masalah maka berusahalah untuk menyelesaikannya secara bersama-sama. Seberat apapun masalah yang ada dihadapan maka akan nampak ringan apabila anda berusaha menyelesaikanya bersama pasangana anda. Cara ini juga mampu membuat hubungan anda dan pasangan lebih erat lagi sehingga upaya untuk mempertahankan keharmonisan dalam pernikahan akan terwujud.

5. Berusaha untuk selalu peka terhadap pasangan

Sebagai pendamping dan orang terdekat, maka diharapkan anda dan pasangan selalu tolong menolong serta mampu memahami satu sama lainnya dengan baik. Ya, hal tersebut merupakan salah satu bentuk latihan kepekaan insting serta perasaan terhadap pasangan anda. Dengan begitu maka anda dan pasangan anda mampu memberikan perhatian satu sama lain secara timbal balik.

6. Berusaha terus terang akan segala hal

Dalam mempertahankan sebuah hubungan pernikahan agar tetap harmonis maka salah satu hal yang perlu dilakukan yaitu tidak boleh ada hal yang ditutupi. Kejujuran haruslah menjadi prioritas utama untuk setiap pasangan. Apapun dan bagaimanapun keadaannya tetaplah harus berterus terang kepada pasangan anda. Ketidakjujuran apapun itu bentuknya apabila ditutupi maka suatu saat pasti akan terbongkar dan hal itu akan melukai perasaan pasangan anda yang pada akhirnya akan membuat hubungan pernikahan tidak menjadi harmonnis lagi.

7. Berusaha untuk peduli dan menjunjung tinggi solidaritas

Hidup di dunia ini hanyala sekali, untuk itu berusahalah ciptakan kehidupan yang selalu bahagia. Ketahuilah semua orang diberkan kesempatan atau potensi yang sama untuk bisa hidup dengan bahagia. Orang-orang yang dicintai seperti pasangan anda merupakan sumber kebahagiaan di dalam hidup ini, karena dengannya anda akan menghabiskan waktu sampai tua. Oleh sebab itu, tunjukanlah sikap peduli kepadanya dan tingkatkah rasa solidaritas diantara anda dan pasangan. Apabila anda bisa melakukan hal seperti itu, percayalah maka pernikahan anda akan bertahan dan tetap harmonis.

8. Berusahan untuk memberikan sikap toleransi

Seperti yang kita ketahui semuanya bahwa semua orang di dunia tidak ada yang sempurna. Kesempurnaan dari masing-masing individu juga berbeda-beda, untuk itu Tuhan menciptakan manusia berpasang-pasangan agar bisa menutupi kekurangan masing-masing dan membuat apa yang telah ada pada dirinya lebih sempurna dengan kesempurnaan yang dimiliki oleh pasangan. Nah, jika lambat laun pasangan anda melakukan kesalahan-kesalahan baik itu disadari atau tidak disadari maka hal yang perlu anda lakukan yaitu untuk bisa mengupayakan sikap toleransi dalam setiap sendi kehidupan anda, dengan begitu maka anda kan bisa menerima dengan ikhlas kelemahan-kelemahannya. Bukah hanya anda saja, tetapi pasangan anda juga perlu melakukan hal yang sama terhadap anda. Untuk itu, berdiskusilah bersama pasangan akan masalah ini.

9. Berusaha untuk selalu mempererat iman

Perlu anda ketahui bahwa setan memiliki beribu-ribu macam cara untuk menggoda dan menghancurkan pernikahan pasangan di dunia ini, mereka akan merasa bahwa dengan menghancurkan keluarga-keluarga maka rencananya akan berhasil. Oleh sebab itu, jangan sampai anda memberikan celah untuk mereka menghancurkan hubungan anda dan pasangan anda. Cara yang bisa dilakukan untuk terhindar dari hal seperti itu maka tingkatkanlah keimanan dan kearifan antara anda dan pasangan.

10. Berusaha mencoba sesuatu yang baru

Rutinitas yang biasa anda lakukan bersama pasangan pastinya akan menghadirkan kejenuhan serta kebosanan. Bahkan dalam sebuah pernikahan dengan pondasi yang begitu besar sekalipun. Dua hal tersebut bisa kapan saja hadir dan mengancam pernikahan anda. Untuk menghindarinya, cobalah lakukan hal-hal menantang bersama pasangan anda agar bisa keluar dari zona ketidaknyamanan. Anda bisa meluangkan waktu dan berlibur bersama dengan pasangan. Suasana baru ini mampu membuat hubungan anda tetapi harmonis.

Itulah 10 Usaha untuk mempertahankan hubungan pernikahan tetap harmonis. Tidak hanya usaha di atas saja, namun jika ada usaha-usaha menurut anda lebih baik maka lakukanlah. Jangan pernah ragu untuk melakukan hal terbaik demi bertahannya sebuah pernikahan.

Loading...

Loading...