Sirsak adalah tanaman yang berasal dari Karibia, Amerika Selatan, serta Amerika Tengah. Sirsak memiliki rasa yang menyegarkan, manis dan agak asam. Buah sirsak kaya akan kandungan serat. Daging sirsak sebanyak 100 gram mengandung 3.3 gram serat yang akan memenuhi kebutuhan serat dalam per hari sebanyak 13 persen. Selain kaya akan kandungan serat, buah sirsak juga mengandung banyak karbohidrat.

Buah sirsak yang sudah matang bisa dikonsumsi langsung atau diolah menjadi berbagai sajian yang lezat. Selain buahnya yang kaya akan kandungan gizi, daunnya mengandung senyawa yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat daun sirsak untuk kesehatan bahkan menjadi populer setelah terdapat penelitian yang membuktikan bahwa pada daun sirsak terdapat senyawa yang bisa mengobati kanker.

Baca Juga:

Ternyata, selain bermanfaat untuk kesehatan, daun sirsak juga bermanfaat untuk kecantikan, baik kecantikan kulit ataupun kecantikan rambut. Beberapa manfaat daun sirsak untuk kecantikan di antaranya mengatasi jerawat, mengatasi komedo, mengatasi flek hitam dan lain sebagainya. Nah, untuk anda yang ingin tahu lebih jelas tentang manfaat daun sirsak untuk kecantikan, anda bisa langsung simak pada pembahasan di bawah ini.

Manfaat-daun-sirsak-untuk-kecantikan.jpg

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kecantikan

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan sudah tidak bisa diragukan lagi, namun di balik manfaatnya yang bagus untuk kesehatan, daun sirsak juga terkenal akan manfaatnya yang bagus untuk kecantikan. Anda bisa memanfaatkan daun sirsak untuk perawatan kecantikan dan membantu mengobati berbagai masalah pada kulit anda. Berikut ini manfaat daun sirsak untuk kecantikan.

1. Mengatasi Jerawat

Jerawat menjadi permasalahan pada wajah yang sangat mengganggu. Selain membuat tidak nyaman karena rasa sakit yang ditimbulkan, keberadaan jerawat pada wajah kerap kali membuat penderitanya merasa tidak percaya diri. Apalagi jika ukurannya besar dan sangat jelas terlihat, keberadaan jerawat seperti ini tentu tidak bisa disamarkan meskipun sudah menggunakan make up.

Ada beberapa penyebab munculnya jerawat yang paling utama seperti produksi minyak, keadaan pori-pori wajah yang tersumbat, sel kulit mati atau karena bakteri. Kelenjar minyak akan mengeluarkan minyak untuk melumaskan wajah serta rambut. Hanya saja, ketika produksi minyak menjadi berlebihan maka akan menyebabkan folikel rambut terisi dengan minyak atau kulit mati yang akan membuat pori-pori wajah anda tersumbat. Nah, saat bakteri menginfeksi sumbatan tersebut maka akan terjadi peradangan dan terbentuklah jerawat pada kulit.

Untuk mengobati jerawat, saat ini telah banyak produk atau obat jerawat yang mengklaim dapat mengatasi jerawat hingga tuntas. Namun, bagi anda yang sudah mencoba berbagai cara namun jerawat tetap tidak mau pergi, anda bisa mencoba menggunakan cara alami dengan menggunakan daun sirsak. Manfaat daun sirsak untuk kecantikan salah satunya yaitu membantu mengatasi jerawat. Cara mengobati jerawat dengan menggunakan daun sirsak yaitu seperti berikut:

  • Siapkan daun sirsak sebanyak 6 lembar. Lalu bersihkan daun sirsak dengan menggunakan air bersih. Setelah itu, anda bisa menumbuknya hingga halus.
  • Campurkan daun sirsak yang sudah anda haluskan dengan air mawar dan aplikasikan pada wajah anda yang sebelumnya sudah dibersihkan.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda bisa menggunakan masker ini sebelum tidur dengan rutin.

2. Memudarkan Flek Hitam

Selain jerawat, permasalahan pada wajah yang sering dialami yaitu flek hitam. Keberadaan flek hitam pada wajah tentunya akan mengganggu penampilan wajah anda karena wajah akan terlihat tidak mulus. Munculnya flek hitam pada wajah bisa disebabkan karena efek buruk dari paparan sinar matahari. Selain pada wajah, flek hitam juga bisa muncul pada bagian tubuh manapun.

Bekas jerawat juga biasanya menyebabkan flek hitam. Anda mungkin bisa menyamarkan flek hitam saat menggunakan make up, namun itu hanya bersifat sementara. Oleh karena itu, agar anda percaya diri dengan tampilan kulit yang mulus dan sehat, anda harus mengatasi flek hitam pada kulit anda. Banyak produk khusus untuk membantu mengatasi flek hitam pada kulit. Namun, anda bisa mencoba menggunakan cara alami dengan memanfaatkan daun sirsak. Cara memudarkan flek hitam pada kulit dengan menggunakan daun sirsak seperti berikut:

  • Pertama-tama silakan siapkan daun sirsak sebanyak 6 lembar. Cuci daun sirsak hingga bersih.
  • Kemudian tumbuk daun sirsak sampai halus dan campurkan dengan air mawar yang sudah anda siapkan.
  • Oleskan masker daun sirsak yang sudah anda buat ini pada wajah dengan merata.

3. Menghilangkan Komedo

Wajah mulus dan sehat adalah dambaan setiap orang. Hanya saja tidak semua orang memiliki wajah mulus seperti yang diimpikan karena mengalami masalah pada wajahnya. Selain jerawat dan flek hitam, keberadaan komedo tentunya sangat mengganggu. Komedo itu sendiri menjadi cikal bakal jerawat. Komedo lebih sering muncul pada wajah, hanya saja tidak menutup kemungkinan muncul pada bagian tubuh yang lainnya seperti dada, lengan, punggung dan bahu.

Komedo sebenarnya tidak menyebabkan rasa sakit. Hanya saja, keberadaannya akan mengganggu penampilan. Namun lain halnya saat komedo terinfeksi, rasa sakit, kulit bengkak, kemerahan dan jerawat akan anda alami.

Komedo pada kulit terbentuk akibat tersumbatnya pori-pori oleh sel kulit mati, serta minyak. Apabila lapisan kulit menutup permukaannya, maka komedo tersebut disebut dengan komedo putih. Sedangkan komedo yang permukaannya terbuka disebut komedo hitam.

Untuk menghilangkan komedo banyak orang yang mencoba menekannya. Namun, hal itu justru tidak dibenarkan karena akan melukai dan memperparah kondisi kulit. Untuk mengatasi komedo, daun sirsak diketahui memiliki manfaatnya. Anda bisa memanfaatkan daun sirsak untuk dijadikan masker dalam membasmi komedo pada kulit. ( Baca juga : 14 Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan )

4. Mengencangkan Kulit

Manfaat daun sirsak untuk kecantikan selanjutnya yaitu dapat membantu mengencangkan kulit. Setiap wanita pastinya ingin memiliki kulit kencang sehingga akan terlihat lebih awet muda. Agar anda bisa mendapatkan manfaat daun sirsak untuk mengencangkan kulit caranya yaitu dengan meminum air rebusan daun sirsak.

Caranya yaitu, siapkan daun sirsak sebanyak 8 hingga 10 lembar daun sirsak. Kemudian anda bisa merebus daun sirsak dengan air sebanyak 3 gelas. Rebus air hingga mendidih dan hanya tersisa air sebanyak  1 gelas. Anda bisa meminum ramuan ini. Anda bisa melakukannya 1 sampai 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan manfaatnya.

5. Melangsingkan Tubuh

Untuk sebagian orang, melangsingkan tubuh bukanlah perkara yang mudah. Sebab banyak orang yang sudah mencoba berbagai metode diet namun tubuh langsing tetap tidak didapatkan. Untuk anda yang sudah mencoba diet namun tubuh langsing seperti impian tidak juga didapatkan, anda dapat mencoba memanfaatkan daun sirsak. Manfaat daun sirsak salah satunya dapat melangsingkan tubuh dan bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

Dengan mengonsumsi air rebusan daun sirsak maka sistem pencernaan anda akan menjadi lebih sehat dan buang air besar akan menjadi teratur. Dengan demikian, tidak akan ada lagi timbunan lemak pada tubuh anda sehingga efeknya perut anda akan terlihat lebih datar.

Caranya yaitu dengan menyiapkan daun sirsak sebanyak 10 lembar. Silakan rebus daun sirsak dengan menggunakan 3 gelas air. Rebus hingga tersisa 2 gelas air. Anda bisa meminumnya dengan teratur dan rasakan sendiri manfaatnya.

6. Memutihkan Wajah

Setiap wanita tentu mendambakan kulit putih berseri. Banyak yang rela melakukan perawatan dengan menggunakan produk pemutih kulit. Hanya saja terkadang hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan harapan, seperti misalkan tidak cocok dengan jenis kulit.

Agar lebih alami dan aman, anda bisa mencoba memutihkan kulit dengan menggunakan cara alami. Bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk memutihkan kulit yaitu daun sirsak. Siapa sangka, di balik manfaatnya yang bagus untuk kesehatan, daun sirsak juga ternyata dapat mencerahkan kulit. Anda bisa membuat daun sirsak menjadi masker untuk mendapatkan manfaatnya dalam memutihkan kulit.

  • Silakan siapkan daun sirsak yang sudah tua sebanyak 8 lembar. Lalu anda bisa menghaluskannya dengan cara ditumbuk.
  • Kemudian anda bisa menambahkan air dan aplikasikan pada wajah anda sebagai masker.
  • Untuk mendapatkan manfaatnya, selain dijadikan sebagai masker anda juga bisa mengonsumsi air  rebusannya. Caranya yaitu dengan merebus daun sirsak sebanyak beberapa lembar menggunakan air 3 gelas. Rebus hingga mendidih dan tersisa 1 gelas air.

7. Menjaga Kesehatan Rambut

Air rebusan daun sirsak tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, namun juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan. Daun sirsak mengandung vitamin dan beragam nutrisi yang dapat menjaga kesehatan rambut dengan mengatasi berbagai masalah pada rambut seperti kerontokan, rambut bercabang, rambut kusam, rambut berminyak dan dapat mencegah munculnya uban pada usia dini.

Sebagai perawatan rambut, anda bisa menggunakan air rebusan daun sirsak untuk mencuci rambut anda setidaknya sebanyak 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

8. Membasmi Kutu Rambut

Rambut adalah mahkota untuk para wanita. Untuk itu menjaga kesehatan dan kecantikan rambut menjadi hal penting yang harus dilakukan. Terkadang berbagai masalah pada rambut dapat dialami yang akan mengganggu kesehatan rambut, seperti misalkan rambut rontok, ketombe, rambut pecah-pecah atau bahkan adanya keberadaan kutu pada rambut. Adanya kutu pada rambut selain membuat tidak nyaman karena gigitannya yang menimbulkan gatal, juga akan mengganggu kepercayaan diri anda. Apalagi jika anda sedang berkumpul dengan teman-teman, gigitannya yang gatal akan membuat anda ingin menggaruk-garuk terus rambut anda.

Untuk membasminya, selain menggunakan obat pembasmi kutu yang saat ini sudah tersedia di pasaran, anda juga bisa menggunakan cara alami dengan memanfaatkan daun sirsak. Di balik manfaatnya yang bagus untuk kesehatan maupun kecantikan, daun sirsak ternyata beracun untuk parasit atau serangga. Oleh karena itu, daun sirsak sering dijadikan bahan untuk membasmi kutu pada rambut. Caranya yaitu dengan menggunakan air rebusan daun sirsak untuk mencuci rambut anda.

9. Mengatasi Ketombe

Ketombe merupakan masalah pada kulit kepala yang berupa serpihan berwarna putih. Serpihan ini biasanya mudah terlihat pada rambut dan sering berjatuhan pada bahu. Meskipun masalah pada kulit kepala ini tidak menular, serta jarang berkembang menjadi penyakit yang serius, namun keberadaan ketombe pada kulit kepala akan mengganggu rasa percaya diri. Selain itu, rasa gatal yang ditimbulkan akan membuat anda tidak nyaman.

Saat ini banyak shampo anti ketombe yang bisa anda gunakan untuk membasmi ketombe. Anda juga bisa melakukan perawatan untuk membantu mengatasi ketombe dengan memanfaatkan daun sirsak. Berikut cara menghilangkan ketombe dengan daun sirsak:

  • Silakan siapkan daun sirsak sebanyak beberapa helai.
  • Kemudian tumbuk daun sirsak hingga halus. Lalu tambahkan air sedikit.
  • Hasil tumbukan daun sirsak diperas dan hasil perasannya bisa anda oleskan pada kulit kepala anda.
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Lalu anda bisa membilas rambut hingga bersih.

10. Mencegah Rambut Rontok

Anda memiliki masalah rambut rontok? Jika masalah ini terus menerus anda alami ditakutkan akan menyebabkan kebotakan. Maka dari itu, penting untuk mengatasinya dengan segera.

Anda bisa memanfaatkan daun sirsak untuk mengatasi kerontokan rambut yang anda alami karena sirsak banyak mengandung vitamin C.

11. Mencegah Penuaan

Bagi wanita, munculnya tanda penuaan menjadi hal yang menakutkan karena wajah akan tidak terlihat muda lagi. Untuk mencegah munculnya tanda penuaan, para wanita rela melakukan berbagai perawatan dengan menggunakan skin care mahal bahkan hingga melakukan perawatan di klinik kecantikan.

Munculnya tanda penuaan sebenarnya bukan hanya karena bertambahnya usia saja. Berbagai faktor dapat memicu munculnya penuaan dini lebih cepat seperti paparan sinar matahari, merokok, pola makan yang kurang sehat dan lain sebagainya.

Munculnya tanda penuaan sebenarnya bisa dicegah. Beberapa tanda penuaan yang umumnya terjadi yaitu:

  • Munculnya bercak hitam pada wajah. Munculnya bercak hitam menjadi tanda penuaan dini terjadi. Bercak hitam dapat muncul disebabkan karena paparan sinar matahari, stres, kurangnya asupan vitamin dan lain sebagainya.
  • Muncul garis halus. Saat tersenyum anda dapat melihat garis halus di dekat mulut, itu berarti anda mulai mengalami tanda penuaan.
  • Wajah keriput atau mengendur. Seiring dengan usia yang semakin bertambah serta karena faktor dari luar, kulit wajah akan mulai mengendur atau keriput. Hal ini disebabkan karena keelastisan kulit wajah mulai berkurang dengan perlahan. Selain membuat wajah terlihat tua, kulit kendur juga akan membuat wajah anda terlihat lesu.

Nah, untuk menjaga kesehatan kulit dan terhindari dari gangguan radikal bebas yang dapat memicu tanda penuaan seperti yang sudah dijelaskan di atas, anda bisa memanfaatkan daun sirsak karena daun sirsak kaya akan kandungan vitamin C. Selain itu, daun sirsak juga ampuh mengatasi berbagai masalah kulit yang lainnya. ( Lihat juga : 17 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan )

12. Mengatasi Penyakit Kulit

Penelitian menyatakan bahwa daun sirsak ataupun buahnya dapat membantu mengatasi masalah pada kulit. Masalah yang dialami kulit tersebut bisa disebabkan karena jamur, kulit yang terluka karena tergores benda tajam ataupun masalah kulit lainnya berupa bisul atau cacar.

Penyakit atau masalah pada kulit tersebut dapat diatasi dengan menggunakan daun sirsak. Tidak perlu menumbuknya atau menghaluskannya untuk mendapatkan manfaat baik daun sirsak, karena anda cukup menempelkannya pada kulit anda yang mengalami masalah. Anda bisa menempelkan daun sirsak yang masih segar dan tunggu hingga daunnya menjadi layu. Agar masalah kulit cepat teratasi, anda bisa melakukan cara ini setiap hari. Jangan lupa untuk konsumsi buah sirsak langsung ataupun diolah terlebih dahulu menjadi jus.

Dengan demikian, daun sirsak bisa anda gunakan untuk perawatan kecantikan kulit ataupun rambut anda. Namun, bagi anda yang memiliki kulit sensitif sebaiknya hati-hati dalam menggunakan daun sirsak untuk perawatan kecantikan, untuk menghindari masalah yang akan terjadi. Alangkah lebih baik jika anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter untuk mengetahui apakah jenis kulit anda cocok atau tidak melakukan perawatan dengan daun sirsak. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...