Jeruk nipis, buah kecil yang kaya akan manfaat. Buah ini kaya akan kandungan vitamin C, serta asam sitrat dengan rasa yang begitu asam. Jeruk nipis itu sendiri terkenal manfaatnya untuk masakan. Rasanya yang khas dan asam dapat membuat masakan semakin sedap. Tak hanya itu, manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan juga tidak kalah bagusnya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jeruk nipis mengandung banyak vitamin C. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B6, asam pantotenat, folat, serta terkandung kolin di dalamnya. Mineral juga terkandung pada buah ini yang bermanfaat untuk tubuh seperti misalkan kalsium, kalium dan magnesium. ( baca juga : Manfaat Kunyit )

Baca Juga:

Untuk perawatan kecantikan, penggunaan jeruk nipis memang sering dimanfaatkan. Buah ini biasanya dimanfaatkan untuk perawatan kulit, rambut hingga program diet. Nah, berikut ini manfaat jeruk nipis untuk kecantikan yang bisa anda simak.

Manfaat-jeruk-nipis-2.jpg

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan

Meskipun harganya terjangkau, tapi jeruk nipis memiliki manfaat yang bagus untuk kecantikan. Apa saja manfaat jeruk nipis untuk kecantikan? Simak di bawah ini.

1. Mengurangi Jerawat

Manfaat jeruk nipis yang pertama yaitu dapat membantu mengurangi jerawat. Seperti yang kita tahu, jerawat merupakan masalah kulit yang umum dialami. Keberadaannya pada kulit sangat mengganggu karena akan menurunkan rasa percaya diri. Jerawat pada kulit itu sendiri dapat muncul disebabkan karena beberapa kondisi seperti hormon, bakteri, sebum berlebih dan adanya sumbatan pada pfolikel rambut.

Jeruk nipis menjadi salah satu bahan alami yang dipercaya dapat membantu mengurangi jerawat membandel pada wajah. Jeruk nipis berkhasiat untuk membuka pori-pori wajah dan membasmi bakteri yang menjadi  penyebab jerawat, efeknya jerawat akan hilang dengan mudah. Sebagai cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan jeruk nipis, anda bisa  simak di bawah ini.

  • Pertama-tama, silakan siapkan jeruk nipis berwarna hijau sebanyak 2 buah.
  • Kemudian iris jeruk nipis menjadi 2 bagian dan manfaatkan airnya.
  • Tuangkan air perasan jeruk nipis tersebut ke dalam wadah yang bersih.
  • Setelah itu, celupkan kapas ke dalam air jeruk nipis. Lalu anda bisa menempelkannya pada wajah yang berjerawat. Tunggu selama kurang lebih 15 hingga 20 menit.
  • Jika sudah anda bisa membilas wajah dengan menggunakan air dingin. Tarakhir anda bisa mengeringkan wajah menggunakan handuk lembut.
  • Untuk hasil yang maksimal anda bisa melakukan cara ini dengan rutin.

2. Mengontrol Produksi Minyak Pada Wajah

Memiliki wajah yang sangat berminyak terkadang membuat kita merasa tidak percaya diri. Selain membuat wajah mengkilap, melakukan perawatan yang salah justru akan menyebabkan timbulnya jerawat dan membuat wajah terlihat kusam. Kulit kita sebenarnya memproduksi minyak. Hanya saja, pada beberapa orang kulitnya memproduksi minyak dengan berlebihan, akibatnya kulit wajahnya selalu terlihat mengkilap dan kusam.

Melakukan perawatan yang tepat akan membantu mengurangi minyak pada wajah. Selain menggunakan produk khusus untuk kulit berminyak, anda bisa melakukan perawatan alami dengan memanfaatkan bahan alami. Jeruk nipis dipercaya sebagai salah satu bahan yang dapat membantu mengontrol produksi minyak pada wajah. Asam yang terkandung pada jeruk nipis akan membantu meluruhkan minyak yang terdapat pada kulit dan membuat kelenjar minyak sedikit pasif. Untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis dalam mengontrol produksi minyak, anda bisa simak caranya di bawah ini.

  • Siapkan beberapa buah  jeruk nipis. Lalu iris tipis.
  • Tempelkan irisan jeruk nipis tersebut pada wajah anda, terutama bagian wajah yang sangat  berminyak.
  • Diamkan kurang lebih selama 15 menit, kemudian anda bisa membilas wajah dengan menggunakan air hingga bersih.
  • Lakukan perawatan ini dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Mengatasi Bekas Jerawat

Selain bermanfaat untuk mengobati jerawat, jeruk nipis juga bermanfaat untuk mengatasi bekas jerawat. Meskipun bukan masalah yang besar, namun noda bekas jerawat akan membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Untuk anda yang memiliki noda bekas jerawat, anda tidak perlu khawatir karena anda bisa melakukan perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat. Sebelum anda memutuskan menggunakan produk mahal atau melakukan perawatan di klinik kecantikan, tidak ada salahnya jika anda mencoba cara alami untuk mengatasi bekas jerawat membandel pada wajah.

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang akan menjadikan kulit lebih putih dan membantu memperbaiki noda hitam pada kulit.  Untuk penggunaan jeruk nipis itu sendiri bisa disesuaikan dengan keinginan anda. Bisa memanfaatkan airnya, kemudian dioleskan pada bagian wajah yang terdapat bekas jerawat atau anda bisa mengiris jeruk nipis dan menempelkannya pada wajah anda. Apabila wajah anda masih terdapat jerawat yang meradang dan kondisinya parah, sebaiknya jangan melakukan treatment ini karena akan menyebabkan rasa perih.

4. Mencerahkan Kulit

Setiap orang tentunya ingin memiliki kulit wajah yang putih dan bersih. Memiliki kulit yang putih akan membuat seseorang merasa lebih percaya diri. Kondisi kulit wajah yang putih juga dapat meningkatkan daya tarik untuk yang memandangnya.

Disayangkan sekali banyak orang yang lebih memilih cara instan untuk memutihkan kulit wajahnya. Namun, memutihkan wajah sebenarnya bisa dilakukan dengan cara alami. Jeruk nipis dipercaya dapat membantu mencerahkan kulit wajah.

Jeruk nipis dapat mengangkat penumpukan sel kulit mati yang menyebabkan wajah kusam. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis akan membantu mencerahkan wajah anda. Agar wajah anda tidak terlalu perih saat memanfaatkan jeruk nipis untuk mencerahkan wajah, anda bisa menambahkan lidah buaya atau madu.

Caranya dengan membuat masker dari campuran jeruk nipis, madu dan lidah buaya. Oleskan pada wajah anda dengan merata. Lalu anda bisa membilasnya dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

5. Mengurangi Noda Hitam

manfaat-jeruk-nipis-3.jpg

Keberadaan noda  hitam pada wajah akan membuat penampilan seseorang lebih tua dibandingkan usia yang sebenarnya. Selain itu, noda hitam juga akan membuat penampilan kurang menarik. Adapun penyebab noda hitam pada wajah yaitu karena terlalu lama terpapar oleh cahaya matahari tanpa menggunakan tabir surya, bekas jerawat yang mengempes dan lain sebagainya.

Meskipun banyak produk yang mengklaim dapat membantu mengatasi noda hitam pada wajah, namun tidak ada salahnya anda mencoba cara alami untuk menyamarkan noda hitam pada wajah anda. Perasan jeruk nipis menjadi bahan alami yang dapat digunakan untuk mencerahkan kulit, termasuk mencerahkan noda hitam pada wajah.

Untuk mendapatkan manfaatnya, anda bisa mengaplikasikan perasan jeruk nipis dengan menggunakan kapas. Diamkan selama sekitar 30 menit. terakhir anda bisa membilasnya. Saat melakukan perawatan ini, anda tidak boleh berada di bawah sinar matahari karena akan membuat kulit anda lebih sensitif.

6. Mencerahkan Ketiak Hitam

Ketiak hitam bisa disebabkan karena sering mencabut atau mencukur bulu halus. Untuk mencerahkan kembali kulit ketiak anda yang hitam, anda bisa memanfaatkan jeruk nipis. Kaya akan kandungan vitamin C, serta antioksidan, jeruk nipis dapat membantu meregenerasi sel kulit dan membuatnya menjadi lebih cerah. Jeruk nipis juga memiliki sifat antibakteri dan antiseptik sehingga bisa merawat ketiak anda agar lebih sehat, serta mencegah terjadinya infeksi. Berikut ini cara mencerahkan ketiak hitam dengan menggunakan jeruk nipis.

  • Pertama-tama, silakan siapkan jeruk nipis yang masih segar.
  • Kemudian belah jeruk nipis, air perasannya ditempatkan pada wadah kecil.
  • Siapkan mentimun, lalu haluskan dengan cara diblender. Kemudian campurkan dengan air jeruk nipis sebanyak 1 sendok teh.
  • Setelah itu, oleskan pada ketiak anda dan diamkan selama kurang lebih 15 hingga 20 menit.
  • Jika sudah anda bisa membilas ketiak dengan menggunakan air dingin. Lalu anda bisa memijat ketiak dengan lembut.

7. Mengatasi Ketombe

Setiap orang tentu akan terganggu jika terdapat ketombe pada kepalanya. Selain itu, rasa gatal yang ditimbulkan akan membuat tidak nyaman. Ketombe itu sendiri bisa terjadi karena tidak maksimalnya pengelupasan kulit, akibatnya sel-sel kulit mati menumpuk pada kulit kepala dan serpihan putih gatal muncul pada kulit kepala. Beberapa hal dapat menyebabkan munculnya ketombe, seperti kulit kepala kering, jarang mencuci rambut, stres, produk perawatan rambut yang tidak cocok dan lain sebagainya.

Terkadang meskipun sudah menggunakan shampo anti ketombe, ketombe tidak mau hilang juga. Nah, untuk mengatasinya anda bisa mencoba menggunakan cara alami dengan memanfaatkan jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung asam yang dapat membantu mengatasi ketombe.

Cara mendapatkan manfaat jeruk nipis untuk mengatasi ketombe yaitu dengan menggosokan jeruk nipis pada kulit kepala langsung. Anda juga bisa membilasnya menggunakan air yang sudah dicampur jeruk nipis. Hanya saja, jeruk nipis akan menyebabkan kulit kepala kering. Untuk mencegahnya anda bisa mencampurkannya dengan minyak kelapa.

8. Membuat Rambut Berkilau

Rambut merupakan mahkota untuk para wanita. Menjaga kesehatan dan kecantikan rambut menjadi keharusan bagi wanita. Rambut akan terlihat semakin indah jika tampilannya sehat dan berkilau. Untuk mendapatkan rambut cantik berkilau, anda bisa memanfaatkan jeruk nipis. Simak caranya di bawah ini.

  • Pertama-tama, siapkan jeruk nipis 1 buah. Lalu peras airnya.
  • Kemudian campurkan perasan air jeruk nipis dengan madu sebanyak 1 sendok makan dan minyak zaitun 1 sendok makan. Aduk semua bahan-bahan hingga merata.
  • Jika sudah seperti itu, anda bisa mengoleskan pada rambut anda menggunakan handuk setelah anda selesai keramas.
  • Diamkan selama beberapa saat, lalu anda bisa membilas rambut dengan menggunakan shampo sampai bersih.

9. Mengatasi Bau Badan

Anda tentu tidak akan percaya diri jika bau badan anda menyengat. Tidak akan ada yang betah berada di dekat anda jika anda bau badan. Bau badan atau bau keringat itu sendiri disebabkan karena keringat bercampur dengan bakteri, serta sel kulit mati. Selain itu, bau badan juga bisa disebabkan karena hormon atau makanan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan badan kita agar terhindar dari masalah bau badan. Caranya yaitu dengan membuat ketiak agar tetap kering, serta mengontrol pertumbuhan bakteri pada ketiak. Anda bisa memanfaatkan jeruk nipis untuk hal ini. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda bisa simak caranya di bawah ini:

  • Siapkan buah jeruk nipis yang sudah matang.
  • Kemudian potong jeruk nipis menjadi dua bagian. Lalu anda bisa menggosokannya pada ketiak.
  • Diamkan selama beberapa saat atau hingga kering.
  • Anda bisa melakukan cara ini setiap hari sebagai pengganti deodorant.
  • Hanya saja jika ketiak anda sedang terluka atau terdapat luka terbuka, sebaiknya hindari cara ini.

Asam sitrat terkandung pada buah jeruk nipis yang dapat membunuh bakteri yang menjadi penyebab bau badan, serta jamur di ketiak. Selain dapat menghilangkan bau badan, cara ini juga akan membuat ketiak anda lebih cerah.

10. Menghilangkan Komedo

Komedo pada wajah akan membuat tampilan terlihat kusam. Salah satu cara yang sering dilakukan untuk menghilangkan komedo pada wajah yaitu facial. Hanya saja, banyak yang mengeluh sakit dengan melakukan treatment yang satu ini.

Namun, jangan khawatir karena anda bisa melakukan cara alami untuk menghilangkan komedo membandel pada wajah. Caranya yaitu dengan memanfaatkan jeruk nipis.

Jeruk nipis kaya akan kandungan antioksidan, serta vitamin C. Jeruk nipis dapat mengangkat sel kulit mati. Bahkan bahan yang satu ini dapat membantu menghilangkan komedo hitam dengan cara alami. Untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis dalam mengatasi komedo hitam, simak caranya di bawah ini:

  • Silakan siapkan jeruk nipis. Kemudian potong menjadi dua bagian dan peras airnya.
  • Setelah itu, silakan oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah anda yang terdapat komedo.
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah anda bisa membilas wajah hingga bersih.

11. Membantu Pertumbuhan Rambut

Jeruk nipis bermanfaat untuk membantu pertumbuhan rambut. Khasiat jeruk nipis untuk masalah kebotakan rambut sudah terbukti, termasuk karena rambut rontok. Jeruk nipis mengandung vitamin C yang bagus untuk kesehatan rambut. Oleh karena itu, buah yang satu ini sering digunakan untuk perawatan rambut.

Untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis untuk pertumbuhan rambut caranya mudah. Anda cukup menggunakan jeruk nipis sebagai minyak rambut yang digunakan sebelum anda keramas. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda bisa memanfaatkan minyak zaitun atau minyak almond. ( Lihat juga : Khasiat Daun Sirsak Untuk Kesehatan )

12. Diet

Manfaat-jeruk-nipis.jpg

Memiliki tubuh ideal adalah dambaan setiap wanita. Tak heran, mereka yang memiliki berat badan berlebih melakukan program diet untuk menurunkan berat badannya.

Buah-buahan memiliki manfaat yang bagus untuk membantu proses menurunkan berat badan. Buah yang baik dikonsumsi saat diet salah satunya yaitu jeruk nipis. Jika konsumsi jeruk nipis ditingkatkan dalam program diet diketahui akan mempercepat penurunan berat badan.

Manfaat jeruk nipis untuk diet yaitu dapat membuat pembakaran lemak menjadi maksimal. Kandungan pada jeruk nipis berkhasiat untuk membuat sistem metabolisme tubuh lebih cepat. Jeruk nipis mengandung serat larut dan tak larut. Dimana kedua jenis serat ini berkhasiat untuk membuat anda merasa lebih kenyang namun tanpa kalori yang berlebih. Berkat kandungan senyawa flavonoid, jeruk nipis dapat melancarkan sistem pencernaan. Dengan senyawa tersebut produksi enzim akan meningkat yang dibutuhkan untuk mengurai makanan. Sehingga dengan begitu tubuh tidak perlu menimbun banyak sisa makanan dan racun. Zat-zat yang tertimbun tersebut akan menyebabkan tambah lebarnya perut dan pinggang.

Seperti yang kita ketahui, tidak ada makanan yang dapat membuat kita kurus dengan instan. Menurunkan berat badan membutuhkan usaha, mulai dari mengatur pola makan, menerapkan gaya hidup sehat hingga olahraga. Agar diet yang anda lakukan maksimal, anda bisa menambahkan perasan air jeruk nipis pada minuman atau makanan anda setiap hari.

Saat melakukan perawatan dengan menggunakan jeruk nipis untuk kulit, sebaiknya hindari paparan sinar matahari karena akan membuat kulit kemerahan dan iritasi. Selain pemilik jenis kulit sensitif, beberapa kondisi seperti dermatitis seboroik dan rosacea tidak disarankan menggunakan jeruk nipis untuk perawatan kulit karena akan memperparah kondisi kulit.

Loading...

Loading...