Buah naga terkenal karena kulitnya menyerupai kulit naga. Di balik rupanya yang unik, buah naga memiliki daging yang enak. Dagingnya pun terbilang unik karena terdapat banyak biji hitam kecil-kecil dan bisa dimakan. Rasanya yang manis sangat menyegarkan, enak disantap langsung ataupun diolah menjadi berbagai hidangan lezat seperti jus, es buah, smoothies bowl, puding dan lain sebagainya.

Buah naga juga terkenal dengan sebutan pitaya dan menjadi bagian keluarga kaktus. Buah yang satu ini bisanya tumbuh di daerah dengan iklim tropis. Selama ini kita mungkin hanya mengenal dua jenis buah naga, yakni buah naga dengan daging berwarna merah dan putih. Namun, sebenarnya buah naga itu sendiri memiliki beberapa jenis.

Baca Juga:

Meskipun bentuknya tidak menggugah seperti buah yang lainnya, namun untuk rasanya jangan pernah diragukan lagi. Di samping itu buah naga kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Seperti yang kita ketahui, manfaat buah naga untuk kesehatan telah menjadi rahasia umum.

Tahukah anda? Selain bermanfaat untuk kesehatan buah naga juga bermanfaat untuk kecantikan. Buah naga bisa dijadikan bahan alami untuk perawatan kulit, rambut dan makanan untuk membantu menurunkan berat badan. Nah, bagi anda yang penasaran tentang manfaat baik dari buah naga untuk kecantikan, baik kecantikan kulit, rambut ataupun untuk diet, anda bisa simak langsung pada pembahasan di bawah ini.

Manfaat-buah-naga-untuk-kecantikan-1.jpg

Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan

Buah naga bisa dikonsumsi langsung untuk menjaga kecantikan dari dalam. Namun, banyak juga yang menjadikan buah naga sebagai masker untuk perawatan kulit. Buah naga diketahui dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan kulit dan menjadikan kulit lebih cantik dan sehat. Lantas apa saja manfaat buah naga untuk kecantikan? Yuk simak beberapa manfaat buah naga di bawah ini.

1. Mengatasi Jerawat

Jerawat menjadi permasalahan kulit yang tidak ada habisnya muncul pada wajah. Setelah jerawat yang satu hilang, muncul lagi jerawat yang lainnya. Tentunya hal ini akan membuat anda kesal. Selain menimbulkan rasa gatal dan nyeri, jerawat pada wajah juga akan mengganggu penampilan.  Jerawat itu sendiri muncul karena perubahan hormon, stres, kebersihan wajah kurang terjaga, penggunaan kosmetik yang tidak cocok, konsumsi obat-obatan, merokok dan lain sebagainya. Jerawat sebenarnya bisa disamarkan dengan menggunakan make up, namun hasilnya tidak permanen karena setelah menghapus make up jerawat akan kembali terlihat.

Saat ini telah banyak obat atau produk yang mengklaim dapat mengobati jerawat, dari yang berharga murah hingga mahal.  Hanya saja, anda harus memastikan jika produk tersebut tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang justru akan menyebabkan kondisi jerawat semakin parah atau menimbulkan masalah yang lainnya pada wajah. ( Baca juga : Manfaat Daun Kelor Untuk Kecantikan )

Mengetahui seperti itu, untuk mengobati jerawat alangkah lebih baiknya jika anda mencoba menggunakan cara alami. Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi jerawat yaitu buah naga. Buah naga mengandung antioksidan, vitamin E dan vitamin C yang akan dapat mempercepat penyembuhan jerawat tanpa membuat kulit kering. Mengatasi jerawat dengan menggunakan buah naga sangat mudah. Anda cukup menjadikannya masker dan mengaplikasikannya pada wajah. Nah, untuk mengetahui cara membuat masker buah naga untuk mengatasi jerawat, anda bisa simak di bawah ini.

  • Siapkan 1/2 buah naga merah berukuran sedang.
  • Lalu potong-potong buah naga menjadi beberapa bagian kecil.
  • Kemudian haluskan buah naga baik dengan cara ditumbuk atau menggunakan blender.
  • Setelah itu, aplikasikan masker buah naga pada wajah anda yang sebelumnya sudah dibersihkan. Diamkan selama kurang lebih 20 menit.
  • Jika sudah, anda bisa membilas wajah menggunakan air dingin.
  • Agar hasilnya maksimal anda bisa melakukan perawatan ini dengan rutin.

2. Mencegah Tanda Penuaan

Buah naga merupakan sumber antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas sehingga tidak akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada tubuh. Antioksidan akan dapat mengendalikan jumlah radikal bebas pada tubuh. Oleh karena itu, untuk mencegah radikal bebas anda sebaiknya memperbanyak asupan antioksidan. Tubuh kita sebenarnya menghasilkan antioksidan. Hanya saja, untuk mengimbangi jumlah radikal bebas jumlah antioksidan yang dihasilkan tubuh tidak mencukupi. Dibutuhkan asupan antioksidan yang bisa didapatkan dari sumber luar dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, salah satunya buah naga.

Radikal bebas memiliki kaitan dengan penuaan dini. Beberapa tanda penuaan dini di antaranya yaitu munculnya bercak hitam pada wajah, terdapat garis halus pada wajah, pori-pori terlihat lebih besar, kulit wajah mengendur dan lain seabaginya. Untuk mencegah paparan radikal bebas anda membutuhkan antioskidan. Nah, selain mengonsumsi buah naga langsung, anda juga bisa menjadikan buah naga sebagai masker. Berikut cara membuat masker buah naga untuk mencegah penuaan dini.

  • Silakan siapkan buah naga sebanyak 1/2 bagian dan 1 sendok makan yoghurt.
  • Haluskan buah naga lalu tambahkan yoghurt. Aduk kedua bahan ini hingga tercampur rata.
  • Aplikasikan masker buah naga ini pada wajah anda dengan merata dan diamkan selama 20 menit atau sampai masker kering.
  • Apabila sudah kering anda bisa membilas wajah hingga bersih.
  • Untuk hasil yang optimal anda bisa menggunakan masker ini dengan rutin.

3. Menghaluskan Wajah

Ingin memiliki kulit wajah yang halus dan sehat? Tidak perlu melakukan perawatan mahal karena anda bisa menggunakan perawatan alami dengan menggunakan buah naga. Buah naga mengandung vitamin C dan vitamin E yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah anda dengan optimal sehingga akan menjadikan kulit wajah anda nampak lebih bersih dan mulus.

Untuk mendapatkan manfaat bagus dari buah naga, selain mengonsumsinya langsung anda juga bisa menjadikannya masker dengan menghaluskan buah naga kemudian diaplikasikan pada wajah dengan merata.

4. Mengurangi Produksi Minyak

Produksi minyak yang berlebih pada wajah akan menjadikan wajah anda terlihat kusam dan tidak bercahaya. Selain itu, wajah berminyak juga rentan mengalami berbagai masalah pada wajah seperti jerawat dan komedo. Bahkan make up yang anda gunakan tidak akan bertahan lama jika anda memiliki kulit wajah yang berminyak.

Saat ini telah banyak produk yang mengklaim dapat membantu mengurangi minyak berlebih pada kulit wajah. Namun, anda juga bisa menggunakan cara alami untuk mengurangi produksi minyak dengan memanfaatkan buah naga. Vitamin C yang tinggi pada buah naga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan atau kecantikan, salah satunya dapat membantu mengurangi produksi minyak yang berlebih pada wajah sehingga kemungkinan wajah terkena masalah akan semakin kecil.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa membuat masker buah naga yang dicampurkan dengan air mawar. Anda bisa mengoleskan masker ini pada wajah anda yang sebelumnya sudah dibersihkan.

5. Mencerahkan Kulit

Kulit yang cerah akan meningkatkan rasa percaya diri pemiliknya dan membuat terlihat semakin cantik. Untuk mendapatkan kulit putih atau cerah, berbagai perawatan rela dilakukan termasuk menggunakan produk pemutih kulit yang keamanannya belum tentu terjamin. Perlu anda ketahui, menggunakan produk pemutih kulit yang mengandung bahan kimia berbahaya akan berdampak buruk untuk kulit.

Nah, buah naga diketahui memiliki khasiat untuk mencerahkan kulit. Kandungan vitamin C pada buah naga mampu mengatasi kulit kusam dan menjadikan kulit terlihat lebih sehat dan cerah. Karena khasiatnya yang bagus, buah naga sering dijadikan salah satu kandungan untuk krim atau serum.

6. Meremajakan Sel Kulit Baru

Proses regenerasi dibutuhkan untuk meremajakan kulit. Dengan regenerasi kulit baru maka akan menjadikan wajah terlihat lebih bersinar dan cerah. Anda bisa memanfaatkan khasiat buah naga untuk meregenerasi kulit.

Sama seperti perawatan lainnya, anda bisa menjadikan buah naga sebagai masker. Hanya saja, untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda bisa menambahkan madu alam. Aplikasikan masker pada wajah anda  yang sebelumnya sudah dibersihkan. Lalu diamkan selama kurang lebih 30 hingga 60 menit yang akan menjadikan kulit wajah anda cantik dan cerah.

7. Meredakan Kulit Akibat Terbakar Matahari

Manfaat-buah-naga-untuk-kecantikan.jpg

Bagi anda yang sering atau selalu melakukan kegiatan di luar ruangan, anda tentunya pernah mengalami kulit terbakar oleh matahari. Kulit akan terbakar oleh sinar matahari jika anda tidak menggunakan suncreen. Maka dari itu, menggunakan suncreen sebelum beraktivitas di luar rumah sangat diperlukan.

  • Untuk mengobati kulit yang terbakar oleh sinar matahari, anda bisa menggunakan buah naga. Buah naga mengandung vitamin C dan vitamin E yang akan membantu meredakan inflamasi dan melindungi kulit dari sinar UV.
  • Caranya yaitu dengan mencampurkan buah naga sebanyak 1/4 potong dengan 1 kapsul vitamin E. Aduk merata hingga buah naga halus dan menjadi  krim kental.
  • Kemudian oleskan krim ini pada kulit anda yang terbakar matahari biarkan selama beberapa saat sebelum anda membilasnya.

8. Menyehatkan Kulit Dari Dalam

Selain merawat kulit dari luar, anda juga perlu menjaga kulit dari dalam agar kulit tetap sehat. Anda bisa menjaga kesehatan kulit dari dalam dengan mengonsumsi makanan sehat dan mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kulit. Salah satu makanan yang bisa menyehatkan kulit dari dalam yaitu buah naga.

  • Pada buah naga terkandung antioksidan yang tinggi. Mengonsumi buah naga dengan rutin akan menjaga kulit anda dari dalam. Selain itu, kandungan vitamin C yang terdapat pada buah naga akan menjadikan kulit anda lebih segar.
  • Melembabkan Kulit
  • Kulit yang terlalu kering tentu selain membuat tidak nyaman, juga akan mengganggu penampilan. Kulit yang kering akan terlihat bersisik atau bahkan mengelupas. Untuk mencegah efek samping semakin parah, maka penting untuk melembabkan kulit.
  • Selain menggunakan produk pelembab kulit, anda bisa mengonsumsi buah naga. Buah naga mengandung air yang sangat tinggi sekitar 90%. Mengonsumsi buah naga akan membantu menghidrasi kulit sehingga efeknya kulit anda akan lembab.

9. Mengatasi Rambut Rusak

Rambut adalah mahkota untuk wanita, sehingga menjaga kesehatan dan kecantikan rambut sudah menjadi keharusan. Untuk membuat rambut terlihat cantik dan lebih menarik, proses styling rambut terkadang dilakukan. Bahkan tidak sedikit yang memutuskan untuk mewarnai rambutnya agar mendapatkan penampilan baru. Namun sebenarnya hal-hal seperti itu justru memberikan dampak negatif untuk rambut. Akibatnya rambut akan rusak.

Buah naga diketahui dapat membantu mengatasi kerusakan rambut, baik karena hal-hal yang sudah disebutkan di atas ataupun karena gaya hidup. Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah naga akan menjadikan rambut lebih berkilau dan menguatkan akar rambut.

10. Mencegah Rambut Patah

Rambut tebal dan sehat hanyalah impian belaka karena masalah rambut rontok. Untuk mencegah rambut patah atau rontok dengan alami, buah naga memiliki khasiatnya. Buah naga akan memperkuat akar rambut  dengan pemakaian rutin. Kandungan vitamin C pada buah naga juga dapat menangkal radikal bebas dan akan menjadikan batang rambut lebih kuat sehingga tidak akan mudah patah.

11. Menjadikan Rambut Berkilau

Selain berkhasiat untuk  menjadikan kulit lebih cerah, buah naga juga ternyata memiliki khasiat untuk membuat rambut berkilau karena kandungan vitamin C nya. Selain itu, enzim yang terkandung pada buah naga akan membantu mengobati rambut rusak dan mengatasi rambut kusam. ( Lihat juga : Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan

12. Menurunkan Berat Badan

Kalori yang terkandung pada buah naga sedikit. Hanya terdapat 60 kalori yang terdapat pada buah naga seberat 198 gram. Karena kandungan kalorinya yang sedikit, anda bisa memasukan buah naga ke dalam daftar makanan jika sedang diet menurunkan berat badan. Selain bermanfaat untuk diet, konsumsi buah naga juga bermanfaat untuk kesehatan.

  • Pada buah naga terkandung karbohidrat, protein dan lemak sedikit. Meskipun karbohidrat terkandung pada buah naga tetapi bukan berarti buah yang satu ini tidak baik dikonsumsi untuk diet.
  • Selain itu, terkandung 90% air pada buah naga, serta tinggi akan kandungan serat yang akan membuat anda merasa kenyang lebih lama jika mengonsumsinya. Tidak hanya bagi wanita, manfaat buah naga untuk diet juga bagus untuk pria.

13. Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Bibir pecah-pecah menjadi permasalah yang mungkin pernah dialami oleh siapa saja. Keadaan bibir yang pecah-pecah akan membuat penampilan kurang maksimal dan kurang percaya diri.

Udara yang kelembabannya kurang atau paparan sinar matahari akan menyebabkan bibir kering. Apabila tidak dirawat dengan baik kondisi bibir akan menjadi semakin buruk. Kondisi bibir pecah-pecah dan mengelupas membutuhkan treatment khusus. Hindari mencabut kulit yang terkelupas karena akan menjadikan keadaan semakin parah dan memicu terjadinya infeksi.

Nah, untuk mengatasi kulit bibir yang mengelupas anda  bisa mencoba menggunakan scrub buah naga. Bukan daging buahnya, tetapi anda bisa menggunakan kulitnya. Anda bisa menggunakan kulit buah naga, gula pasir dan madu. Simak di bawah ini untuk mengetahui cara membuatnya:

  • Silakan siapkan kulit dari tiga buah naga. Anda harus menggunakan kulit buah naga yang kering. Lalu siapkan pula 100 gram gula pasir dan madu sebanyak 2 sendok teh.
  • Bersihkan kulit buah naga. Lalu tumbuk.
  • Setelah ditumbuk, campurkan dengan madu dan gula pasir. Aduk hingga merata.
  • Kemudian anda bisa mengoleskannya pada bibir anda yang kering dan percah-pecah.
  • Alasan memilih buah naga karena memiliki kandungan vitamin E dan vitamin C yang khasiatnya bagus untuk kesehatan.

14. Menyehatkan Kulit

Rutin minum jus buah naga akan membuat tubuh sehat. Selain itu, racun pada tubuh akan keluar. Sehingga efeknya kulit akan menjadi lebih sehat dan cerah sebab buah naga kaya akan kandungan antioksidan, serta vitamin C.

Dengan demikian, buah naga memiliki manfaat yang bagus untuk perawatan alami kulit dan rambut. Selain itu, buah naga juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Mengetahui banyaknya manfaat buah naga untuk kecantikan ataupun kesehatan, tidak ada salahnya anda menyediakan stock buah naga di rumah.  Semoga bermanfaat.

Loading...