Siapa yang tidak mengenal jahe? Jahe merupakan tanaman herbal yang mudah dikenali karena memiliki aroma yang khas. Jahe bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Biasanya jahe digunakan sebagai bahan masakan agar terasa lebih lezat. Selama ini kita mungkin mengenal jahe hanya sebagai bahan masakan saja. Sebenarnya jahe memiliki manfaat untuk kesehatan ataupun kecantikan. Khasiat jahe untuk kesehatan sudah diakui diberbagai penjuru dunia. Jahe sering digunakan sebagai obat herbal untuk membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Jahe itu sendiri memiliki beberapa jenis yaitu jahe putih kecil, jahe putih besar dan jahe merah. Selama ini jahe dikenal dapat meningkatkan sistem imunitas seperti membantu mengobati flu atau masuk angin.

Baca Juga:

Nah, selain memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan, jahe juga dapat dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Pada jahe terdapat 40 jenis antioksiodan yang berperan untuk membuang racun dalam tubuh, serta meningkatkan sirkulasi darah. Jahe juga bisa digunakan untuk menunjang kecantikan dari luar.

Memang masih terdengar asing, namun faktanya manfaat jahe untuk kecantikan tidak bisa diragukan lagi. Untuk anda yang penasaran apa saja manfaat jahe untuk kecantikan, anda bisa simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat-jahe-untuk-kecantikan.jpg

Manfaat Jahe Untuk Kecantikan

Merawat kecantikan tubuh menjadi hal penting yang harus dilakukan, terutama wanita. Para wanita tidak segan-segan mengeluarkan uang banyak untuk perawatan kecantikannya, baik perawatan kulit ataupun rambut. Sebenarnya, perawatan kecantikan bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami, salah satunya jahe. Jahe memiliki manfaat yang bagus untuk kecantikan kulit, rambut dan bermanfaat untuk diet. Berikut ini manfaat jahe untuk kecantikan.

1. Mengatasi Jerawat

Bisa dikatakan jerawat adalah musuh setiap orang. Keberadaannya pada wajah akan mengganggu penampilan. Bahkan jerawat menimbulkan rasa sakit dan gatal yang membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Jika digaruk atau dipegang kondisinya akan semakin parah. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan munculnya jerawat, seperti produksi sebum yang berlebihan, bakteri, hormon dan sumbatan pada folikel rambut.

Untuk mengembalikan rasa percaya diri anda, maka penting untuk mengatasi jerawat sampai tuntas. Saat ini memang banyak produk atau obat jerawat yang mengklaim dapat mengobati jerawat dengan efektif. Namun, sebelum membeli obat jerawat alangkah lebih baiknya jika anda mencoba terlebih dahulu mengatasi jerawat dengan menggunakan cara alami. Beberapa bahan alami dipercaya ampuh dalam mengatasi jerawat, salah satunya jahe. Rempah yang biasanya dijadikan bahan masakan ini memiliki sifat anti mikroba atau anti bakteri yang baik. Selain bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit, juga dapat membunuh bakteri yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Itulah mengapa jahe bisa dipakai untuk mengatasi jerawat. Untuk mendapatkan manfaat jahe sebagai obat jerawat, anda bisa membuatnya menjadi jus, lalu diminum dengan rutin. ( Baca juga : 14 Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan )

2. Mencegah Penuaan Dini

Usia yang semakin bertambah akan membuat jaringan kolagen, serta elastin kulit menjadi melemah. Akibatnya elastisitas kulit akan menurun dan pada akhirnya muncul tanda-tanda penuaan seperti munculnya garis halus pada kulit, keriput dan lain sebagainya. Ternyata munculnya tanda-tanda penuaan tidak hanya dialami oleh orang yang sudah berumur. Terkadang orang yang masih muda juga dapat mengalami tanda-tanda penuaan dini. Lantas apa penyebab munculnya tanda penuaan dini? Anda dikatakan mengalami penuaan dini apabila anda terlihat lebih tua dari usia anda yang sebenarnya. Jika anda mengalami tanda penuaan dini, bisa jadi penyebabnya karena kebiasaan anda sehari-hari yang memicu tanda penuaan dini. Adapun penyebab tanda-tanda penuaan muncul lebih cepat di antaranya yaitu paparan sinar matahari, kebiasaan merokok, konsumsi alkohol yang berlebihan, pola makan yang tidak sehat, kurang tidur dan lain sebagainya.

Proses penuaan adalah proses alami tubuh, namun berbeda dengan penuaan dini. Munculnya tanda penuaan dini dapat anda cegah, yakni dengan menghindari kebiasaan yang akan memicu munculnya tanda penuaan dan menerapkan gaya hidup sehat.

Selain itu, untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini jahe diketahui memiliki manfaatnya. Kandungan antioksidan pada jahe dapat melawan efek buruk radikal bebas yang dapat menyebabkan kulit keriput, penuaan dini. Jahe juga akan membuat peredaran darah lancar, serta darah menjadi bersih sehingga munculnya jerawat dapat dicegah.

3. Mengatasi Bintik Hitam Pada Wajah

Keberadaan bintik hitam pada wajah tentunya akan mengganggu rasa percaya diri, terutama untuk kaum wanita. Flek hitam itu sendiri muncul disebabkan karena produksi melanin yang semakin meningkat terlebih lagi setelah kulit terpapar sinar matahari.

Penggunaan make up sebenarnya dapat membantu menyamarkan noda hitam atau flek hitam pada wajah. Namun itu hanyalah bersifat sementara. Untuk menghilangkan flek hitam pada wajah hingga tuntas, anda bisa mencoba menggunakan cara alami dengan memanfaatkan jahe.

Tidak perlu melakukan perawatan mahal, dengan jahe masalah anda akan teratasi. Cara mengatasi flek hitam dengan jahe yaitu seperti berikut:

  • Langkah pertama kali yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, di antaranya jahe dan teh hijau.
  • Kemudian parut jahe dan campurkan dengan teh hijau. Aduk merata.
  • Basuhkan pada wajah anda. Lalu pijat dengan lembut.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda bisa melakukan cara ini dengan rutin.

4. Membuat Kulit Lebih Bercahaya

Ingin memiliki kulit bersih dan bercahaya? Tidak perlu menggunakan produk pemutih kulit atau perawatan mahal, sebab anda bisa memanfaatkan jahe untuk mendapatkan kulit seperti yang anda inginkan.

Sama seperti mengatasi masalah penuaan dini, anda bisa mendapatkan kulit yang sehat dan bersih jika rutin meminum air jahe. Minum air jahe akan memberikan perawatan kulit dari dalam. Anda juga dapat memanfaatkan jahe untuk perawatan kulit dari luar. Anda  bisa memanfaatkan jahe untuk masker. Untuk mendapatkan manfaatnya, silakan haluskan jahe. Kemudian gunakan sebagai masker untuk menjaga kelembutan kulit anda.

5. Mengangkat Sel Kulit Mati

Penumpukan sel kulit mati akan membuat kulit anda terlihat kusam, bahkan dapat menyebabkan munculnya flek hitam pada kulit. Agar kulit anda kembali sehat dan bercahaya, maka penting melakukan perawatan untuk mengangkat sel kulit mati.

Jahe bisa anda gunakan sebagai cara alami mengangkat sel kulit mati pada kulit. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda tinggal memarut jahe dan menggosokannya pada kulit anda. Anda harus menggosokannya dengan perlahan. Untuk mendapatkan kulit yang bersih anda  harus melakukannya dengan rutin.

6. Menghilangkan Kantung Mata

Kantung mata atau yang lebih sering  dikenal dengan mata panda akan muncul seiring dengan bertambahnya usia, saat melemahnya otot dan jaringan untuk menopang  mata. Keberadaan kantung mata tentu akan mengganggu penampilan. Beberapa hal seperti kelelahan, penuaan hingga kurang tidur akan menyebabkan timbulnya kantung mata atau lingkar hitam pada mata anda.

Anda bisa mencoba memanfaatkan jahe untuk mengatasi lingkar hitam pada mata anda. Caranya yaitu dengan mengompres area mata anda menggunakan perasan jahe yang sebelumnya sudah dibekukan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentunya anda harus melakukan cara ini dengan rutin. Dengan melakukan cara ini mata anda akan kembali cerah dan segar kembali. Hanya saja, anda harus lebih berhati-hati saat mengompres mata dengan bahan ini.

7. Memudarkan Bekas Luka

Masker-jahe.jpg

Keberadaan bekas luka pada kulit akan mengganggu rasa percaya diri. Namun anda tidak perlu lagi merasa minder, karena anda bisa memudarkan bekas luka dengan menggunakan perawatan yang efektif mengatasi bekas luka.

Cara menghilangkan bekas luka pada kulit bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari menggunakan krim hingga menggunakan bahan alami. Jahe dapat membantu memudarkan bekas luka dengan cara meregenerasi sel kulit.

Cara memudarkan bekas luka dengan menggunakan jahe sangat mudah. Anda cukup mengoleskan air jahe pada bekas luka di kulit anda. Banyak orang yang sudah mencoba cara ini dan hasilnya bekas luka dapat tersamarkan.

8. Mencegah Selulit

Selulit merupakan lemak yang terdapat di bagian bawah kulit yang muncul di permukaan kulit. Keberadaan selulit akan menjadikan kulit anda bergelombang karena jaringan ikat akan terdorong. Biasanya selulit muncul di bagian tubuh tertentu seperti bokong, paha atau perut. Selulit dapat dicegah dengan melakukan perawatan yang tepat, salah satunya dengan memanfaatkan jahe.

Jahe berperan untuk meningkatkan sirkulasi maupun regenerasi sel kulit, sehingga kemunculan selulit dapat dicegah. Untuk mendapatkan manfaat jahe dalam mencegah selulit, caranya yaitu dengan membuat scrub jahe yang terdiri dari jahe yang sudah diparut, minyak zaitun, air jeruk nipis dan gula organik. Anda bisa menggosokan bahan ini pada kulit anda dengan gerakan memutar. Kemudian setelah mengering anda bisa membilasnya dengan menggunakan air dingin.

9. Mengatasi Warna Kulit Tidak Merata

Pengaruh buruk paparan sinar matahari memang menjadi hal yang menakutkan untuk kecantikan. Paparan sinar matahari akan memberikan berbagai dampak negatif, khususnya untuk kulit seperti munculnya flek hitam, kulit menjadi kering hingga menyebabkan warna kulit tidak merata. Bagian yang terpapar oleh sinar matahari biasanya lebih gelap dibandingkan dengan bagian yang tertutup oleh pakaian.

Meskipun begitu, warna kulit tidak merata bisa juga disebabkan oleh faktor yang lainnya seperti misalkan penumpukan pigmen yang disebabkan karena luka, biang keringat atau lain sebagainya. Apapun penyebabnya, warna kulit yang tidak merata tentu akan mengganggu rasa percaya diri.

Untuk mengatasi masalah warna kulit yang tidak merata, sebenarnya banyak cara yang bisa anda lakukan. Tidak perlu mengeluarkan uang banyak, karena anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang terdapat di sekitar anda. Salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk meratakan warna kulit yaitu jahe. Anda bisa melakukan perawatan terhadap kulit anda dengan menggunakan jahe agar warna kulit belang bisa diatasi.

10. Meremajakan Kulit

Untuk mendapatkan manfaat jahe dalam meremajakan kulit yaitu dengan meminumnya atau mengoleskan jahe sebagai masker. Jahe memiliki 40 sifat antioksidan yang berperan untuk mencegah terjadinya kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas sehingga akan membuat kulit anda tetap sehat dan melindungi tubuh anda dari penuaan.

Selain itu, jahe juga bermanfaat untuk meningkatkan keelastisan kulit dengan cara menjadikannya masker. Olah jahe bubuk atau jahe parut dengan beberapa bahan yang lainnya seperti perasan air lemon dan madu menjadi masker. Anda bisa menggunakannya sebagai masker dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Terakhir anda bisa membilas wajah hingga benar-benar bersih.

11. Mengatasi Inflamasi

Pada jahe terkandung anti inflamasi yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pada kulit yang diakibatkan karena inflamasi, termasuk penyakit eksim. Mengatasi inflamasi dengan menggunakan jahe caranya sangat mudah yaitu dengan mencampurkan minyak jahe sebanyak beberapa tetes dengan minyak zaitun sebanyak 1 sendok teh. Kemudian anda bisa memijatkan kedua campuran bahan ini pada kulit yang mengalami masalah. Selain membantu mengatasi inflamasi, bahan ini juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah.

12. Menumbuhkan Rambut

Manfaat-jahe-untuk-rambut.jpg

Anda memiliki masalah rambut tipis? Anda dapat memanfaatkan jahe sebagai pendorong regenerasi rambut. Jahe juga dapat membantu merangsang aliran darah pada kulit kepala dan menjadikan rambut tetap sehat serta mencegahnya dari kerusakan.

Untuk membantu menumbuhkan rambut, jahe bisa digunakan menjadi minyak penumbuh rambut. Cara membuat minyak penumbuh rambut menggunakan jahe yaitu dengan mencampurkan perasan jahe sebanyak 2 sendok dengan minyak jojoba sebanyak setengah cangkir. Panaskan minyak selama kurang lebih 1 hingga 2 menit. Diamkan selama beberapa saat hingga minyak dingin. Setelah dingin, anda bisa memijatkan minyak ini pada rambut anda dengan perlahan. Diamkan selama semalaman dan keesokan harinya anda bisa membilas rambut sampai bersih.

13. Mengendalikan Ketombe

Manfaat jahe untuk kecantikan rambut selanjutnya yaitu dapat membantu mengendalikan ketombe. Untuk anda yang memiliki masalah ketombe, namun tidak kunjung hilang meskipun sudah menggunakan shampo anti ketombe, anda bisa mencoba melakukan perawatan dengan menggunakan jahe. Jahe memiliki sifat antimikroba yang akan membantu mengendalikan ketombe pada rambut. Selain itu, jahe juga dapat membantu mengendalikan rambut rontok yang disebabkan oleh ketombe.

14. Mengatasi Rambut Kering

Salah satu permasalahan rambut yang dialami oleh wanita yaitu rambut kering dan kusam. Kondisi rambut seperti ini tentu akan mengurangi kecantikan dan kesehatan rambut. Untuk mengatasi rambut kering jahe diketahui memiliki khasiatnya. Jahe dapat digunakan sebagai kondisioner alami sehingga bisa digunakan untuk mengatasi masalah rambut kering. Jahe juga dapat digunakan untuk mengunci kelembaban alami rambut anda. ( Lihat juga : 14 Manfaat Bawang Putih Untuk Kecantikan )

15. Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok terus menerus akan membuat rambut anda tipis. Untuk mengatasinya, penting melakukan perawatan yang tepat dengan menggunakan produk yang tepat. Sebagai perawatan rambut rontok agar berkurang, jahe dipercaya memiliki khasiatnya. Pada jahe terkandung senyawa keto atau yang lebih sering disebut sebagai zingeron. Senyawa ini bermanfaat untuk mengatasi sariawan, flu dan mengatasi rambut rontok. Selain itu, pada jahe juga terdapat kandungan yang akan menjadikan rambut lembab dan berkilau.

Cara mengatasi rambut rontok menggunakan jahe yaitu dengan menghaluskan jahe. Kemudian oleskan pada kulit kepala dan berikan pijatan lembut. Jika sudah, diamkan selama 30 menit supaya kandungan nutrisi pada jahe tersebut dapat menyerap dan menstimulasi sel pada akar rambut. Terakhir anda bisa mencuci rambut hingga bersih dengan air hangat.

16. Membakar Timbunan Lemak

Setiap wanita tentunya ingin memiliki tubuh yang ideal. Tak jarang, mereka yang memiliki berat badan berlebih melakukan segala cara untuk menurunkan berat badannya.

Jahe memiliki manfaat untuk membakar lemak. Jahe berperan sebagai penguat metabolisme tubuh, membakar kalori dan meningkatkan rasa kenyang. Berdasarkan sebuah penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi minuman panas dengan kandungan jahe akan lebih mudah merasa kenyang dibandingkan yang jarang mengonsumsi air jahe.

Dengan demikian, manfaat jahe untuk kecantikan sudah tidak bisa diragukan lagi. Anda bisa memanfaatkan jahe untuk perawatan kulit, rambut ataupun membantu membakar timbunan lemak. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...