Untuk menjaga kecantikan kulit, anda tidak perlu menggunakan produk berbahan kimia setiap waktu. Tidak ada salahnya anda menggunakan bahan alami yang bermanfaat untuk kecantikan yang khasiatnya tidak kalah baik. Salah satu bahan alami yang bisa anda gunakan untuk perawatan kecantikan yaitu minyak zaitun.

Minyak zaitun sudah terkenal manfaatnya untuk kesehatan. Namun, selain itu minyak zaitun juga bermanfaat untuk kecantikan. Minyak zaitun mengandung nutrisi, serta antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Tidak hanya untuk kecantikan kulit saja, manfaat minyak zaitun juga bagus untuk kecantikan rambut.

Baca Juga:

Nah, untuk anda yang ingin tahu apa saja manfaat minyak zaitun untuk kecantikan, anda bisa simak di bawah ini.

Manfaat-minyak-zaitun-untuk-kecantikan.jpg

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan

Manfaat minyak zaitun bagi kecantikan sudah menjadi rahasia umum. Namun, untuk anda yang belum tahu apa saja manfaat baiknya, berikut kami jelaskan beberapa manfaat minyak zaitun bagi kecantikan.

1. Menghapus Riasan Wajah

Manfaat minyak zaitun untuk wajah salah satunya yaitu dapat membantu menghapus riasan pada wajah. Untuk terlihat cantik wanita biasanya tidak bisa terlepas dari make up. Setelah menggunakan make up selama seharian, penting untuk membersihkannya dengan cara yang baik dan benar. Membersihkan make up hanya dengan menggunakan air saja tidak cukup. Diperlukan cara yang lebih agar make up pada wajah benar-benar hilang.

Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk menghapus make up pada wajah anda. Setelah memakai make up anda bisa menggunakan minyak zaitun murni. Caranya dengan mengoleskan minyak pada pada wajah sambil diberikan pijatan lembut. Setelahnya anda bisa membilas wajah dengan menggunakan handuk yang sebelumnya sudah direndam menggunakan air hangat. Selain itu, anda juga bisa memakai sabun dengan kandungan ekstrak zaitun untuk membersihkan wajah anda. ( Baca juga : Manfaat Daun Kelor Untuk Kecantikan)

2. Mengatasi Jerawat

Memiliki jerawat di wajah tentu sangat menjengkelkan. Selain tidak nyaman karena terasa sakit dan gatal, keberadaan jerawat pada wajah juga mengganggu penampilan, apalagi jika jumlahnya banyak. Untuk mengatasi jerawat yang membandel pada wajah, anda bisa memanfaatkan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung vitamin E yang tinggi sehingga dapat membantu mengatasi masalah jerawat pada wajah. Vitamin E itu sendiri baik untuk kesehatan kulit. Minyak zaitun memiliki sifat antiinflamasi sehingga baik untuk mengatasi jerawat hingga bekasnya. Kandungan antibakteri pada minyak zaitun dapat memberantas jerawat yang disebabkan karena infeksi bakteri. Kandungan antioksidan polifenol pada minyak zaitun dapat membantu mengeluarkan racun, serta mencegah berbagai infeksi yang akan timbul. Berikut cara mengatasi jerawat dengan menggunakan minyak zaitun.

  • Silakan siapkan minyak zaitun secukupnya saja. Kemudian anda bisa mengoleskannya pada wajah anda yang berjerawat sambil diberikan pijatan lembut.
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  • Kemudian bilas wajah anda dengan menggunakan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut kering. Lalu anda bisa kembali melakukan pemijatan sekali lagi.

3. Mengatasi Kulit Kering

Kandungan vitamin E, serta kandungan antioksidan pada minyak zaitun cukup tinggi. Oleh karena itu, tidak heran jika minyak zaitun bermanfaat untuk kesehatan kulit. Minyak zaitun dapat melembabkan kulit, serta mencegah serangan radikal bebas.

Untuk mengatasi kulit kering dengan minyak zaitun, anda cukup menggunakannya seperti menggunakan body lotion. Minyak zaitun alami diketahui manfaatnya lebih baik dibandingkan dengan body lotion itu sendiri.

4. Melembutkan Wajah

Ingin memiliki kulit yang lembut dan mulus? Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan salah satunya yaitu untuk menghaluskan wajah. Agar hasilnya lebih maksimal, anda bisa membuat masker minyak zaitun yang dicampur dengan buah pepaya. Pepaya mengandung enzim papain yang bermanfaat untuk meregenerasi kulit. Kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin E bermanfaat sebagai antioksidan yang akan membantu untuk menutrisi kulit, melembabkan kulit dan menjadikan kulit lebih halus. Untuk mengetahui cara menghaluskan kulit dengan minyak zaitun dan pepaya, simak berikut ini.

  • Pertama-tama silakan tumbuk buah pepaya yang sudah anda siapkan hingga halus. Lalu tambahkan minyak zaitun sedikit saja, jangan sampai masker terlalu cair. Aduk hingga merata.
  • Kemudian, aplikasikan masker ini pada wajah anda.

5. Scrub Wajah

Selain bermanfaat untuk melembutkan dan melembabkan wajah, minyak zaitun juga bermanfaat untuk mengatasi kulit yang gatal meradang. Buatlah scrub alami dari campuran minyak zaitun dan garam laut. Scrub ini bermanfaat untuk kulit anda yang bersisik dan kering.

  • Campurkan minyak zaitun sebanyak 3 sendok makan dengan garam laut sebanyak 5 sendok makan.
  • Kemudian pijat lembut ke sisi hidung dan bagian wajah anda yang kering.
  • Kedua campuran ini bermanfaat untuk mengelupaskan kulit anda yang kering serta menjadikan wajah anda terasa lebih lembab.

6. Memutihkan Wajah

Minyak zaitun dapat membuat wajah anda menjadi lebih cerah. Zat polifenol yang terkandung pada minyak zaitun akan melindungi sel kulit dari kerusakan karena paparan ultraviolet ataupun radikal bebas. Selain itu, minyak zaitun bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah sehingga menjadikan wajah anda lebih bersinar dan bersih.

7. Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Ingin memiliki kulit wajah yang mulus namun terhambat karena pori-pori wajah yang besar? Besarnya pori-pori kulit wajah selain membuat kulit tidak mulus juga dapat memicu masalah yang lainnya karena pori-pori besar bisa tersumbat oleh minyak atau kotoran. Untuk mengatasi pori-pori besar, minyak zaitun memiliki khasiatnya. Minyak zaitun dapat membantu anda mengecilkan pori-pori, serta mengatasi kulit yang berminyak. Perawatan menggunakan minyak zaitun untuk mengecilkan pori-pori yaitu dengan mengoleskan pada area wajah anda yang memiliki pori-pori besar.

8. Mengencangkan Kulit

Pada minyak zaitun terkandung zat linoleic acid yang dapat menjaga kadar air untuk mencegah timbulnya keriput di usia muda. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung antioksidan polifenol, dimana zat ini akan melindungi sel dari kerusakan. Oleh karena itu, minyak zaitun bermanfaat untuk mengencangkan kulit dengan efektif. Berikut cara mengencangkan kulit dengan menggunakan minyak zaitun.

  • Siapkan minyak zaitun dan madu secukupnya saja.
  • Kemudian campurkan kedua bahan-bahan ini menjadi satu. Aduk hingga merata.
  • Kemudian aplikasikan bahan ini pada wajah anda sebagai masker.
  • Tunggu selama beberapa saat hingga mengering.
  • Berikan pijatan lembut sebentar saja pada wajah anda.
  • Terakhir anda bisa membilas wajah menggunakan air hangat.

9. Menebalkan Alis

Kandungan vitamin E pada minyak zaitun bermanfaat untuk memelihara kesehatan rambut, serta menyuburkan rambut. Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk mendapatkan alis lebat dengan alami. Banyak orang yang ingin memiliki alis tebal karena merasa lebih cantik. Untuk mendapatkannya anda bisa memanfaatkan minyak zaitun. Gunakan minyak zaitun yang murni atau belum dicampur dengan bahan kimia apapun untuk mendapatkan alis tebal nan cantik. Simak cara menebalkan alis dengan minyak zaitun berikut ini.

  • Apabila minyak zaitun sudah anda siapkan, anda bisa langsung mengoleskannya pada alis.
  • Kemudian berikan pijatan lembut dan perlahan supaya minyak zaitun bisa meresap ke akar rambut alis.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa melakukan cara ini dengan rutin setiap hari sebelum anda tidur. Diamkan selama semalaman dan keesokan harinya anda bisa membilasnya.

10. Mengatasi Mata Panda

Lingkaran gelap yang terdapat di bawah mata atau disebut dengan mata panda akan membuat wajah terlihat lelah dan kusam. Mata panda itu sendiri bisa disebabkan karena kurang tidur. Untuk menutupinya biasanya menggunakan cocealer dan foundation. Hanya saja, cara ini bersifat sementara karena setelah make up di hapus masalah mata panda akan tetap terlihat. Untuk menghilangkannya tidak perlu menggunakan produk mahal karena anda bisa menggunakan cara alami. Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda yaitu minyak zaitun.

  • Cara menghilangkan mata panda dengan minyak zaitun mudah sekali. Oleskan minyak zaitun pada bawah mata anda dengan perlahan.
  • Anda harus berhati-hati saat mengoleskannya agar tidak mengenai mata anda.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda bisa melakukannya dengan rutin.

11. Mengatasi Kutil Pada Wajah

Keberadaan kutil pada wajah tentu akan sangat mengganggu penampilan. Kutil itu sendiri merupakan penyakit pada kulit yang disebabkan karena bakteri yang masuk ke sel kulit, kemudian menyebabkan iritasi. Penyakit kulit yang satu ini akan menimbulkan rasa gatal yang tidak tertahankan. Hanya saja, jika digaruk iritasi justru akan semakin parah dan akan terasa semakin sakit. Nah, untuk mengatasi kutil pada wajah, anda bisa menggunakan cara alami dengan memanfaatkan minyak zaitun. Cara menghilangkan kutil dengan menggunakan minyak zaitun sangat mudah. Simak di bawah ini untuk mengetahui caranya.

  • Silakan siapkan minyak zaitun secukupnya saja.
  • Kemudian oleskan minyak zaitun pada kulit yang terdapat kutil. Lalu diamkan selama beberapa menit.
  • Anda dapat melakukan cara ini dengan rutin untuk hasil yang maksimal yaitu pagi, siang dan malam hari. Kondisi wajah anda juga harus bersih sebelum mengaplikasikan minyak zaitun pada wajah. Maka disarankan untuk membersihkan terlebih dahulu wajah anda sebelum melakukan langkah ini

12. Mengatasi Bibir Hitam

Setiap orang tentunya ingin memiliki bibir cantik dengan warna merah merona. Hanya saja, terkadang masalah bibir hitam dialami oleh beberapa orang. Kondisi bibir hitam tentunya akan menurunkan rasa percaya diri. Anda bisa mengatasi kondisi bibir hitam dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung vitamin K, serta vitamin E yang berkhasiat untuk membantu mengatasi bibir hitam dengan cara alami sehingga tampilan bibir anda akan terlihat semakin cantik. Untuk caranya sangat mudah, anda tinggal mengoleskan minyak zaitun pada bibir anda setiap hari.

13. Menjaga Kesehatan Rambut

Rambut yang indah dan cantik adalah dambaan setiap wanita. Rambut menjadi mahkota untuk para wanita sehingga penampilannya sangat dijaga. Biasanya untuk membuat tampilan rambut semakin cantik, tidak sedikit wanita yang mengkriting, meluruskan atau mewarnai rambutnya di salon. Memang benar rambut akan terlihat cantik, namun kesehatannya akan berkurang. Cara mempercantik rambut menggunakan bahan kimia akan menyebabkan kerusakan pada rambut. Kerusakan yang umumnya terjadi yaitu rambut menjadi kering, rontok, bercabang dan patah-patah.

Untuk mengembalikan kesehatan rambut, anda bisa memanfaatkan minyak zaitun. Kandungan vitamin E pada minyak zaitun akan menjaga kesehatan rambut anda. Selain itu, rambut anda juga akan menjadi lebih tebal dan berkilau. Untuk anda yang mengalami masalah kebotakan, anda juga bisa memanfaatkan minyak zaitun supaya pertumbuhan rambut dapat terangsang. Caranya yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun pada rambut dengan rutin.

14. Memanjangkan Bulu Mata

Siapa yang tidak ingin memiliki bulu mata panjang dan tebal? Memiliki bulu mata seperti ini tentunya akan membuat mata anda semakin cantik. Bahkan tidak sedikit wanita yang menggunakan bulu mata palsu untuk mendapatkan tampilan bulu mata seperti yang diinginkan. Kandungan vitamin E pada minyak zaitun dapat memicu pertumbuhan bulu mata. Dengan memanfaatkan minyak zaitun, pertumbuhan bulu mata anda akan terangsang dan menjadi meningkat.

Cara menggunakannya sangat mudah sekali. Anda cukup mengoleskan minyak zaitun di sekitar bulu mata anda. Pastikan anda mengoleskannya dengan sangat hati-hati supaya tidak mengenai mata anda.

15. Mengatasi Stretch Mark

Stretch mark merupakan masalah pada kulit yang berupa guratan dan biasanya muncul pada bagian tubuh yang menjadi pusat lemak seperti perut bagian atas, pantat, lengan bagian atas, paha atau payudara. Masalah pada kulit yang satu ini bisa dialami oleh siapa saja, baik wanita ataupun pria. Namun, anda jangan khawatir karena guratan pada kulit ini ternyata bisa dihilangkan.

Bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi stretch mark yaitu minyak zaitun. Caranya yaitu dengan melakukan pijatan lembut pada bagian kulit yang terdapat stretch mark menggunakan minyak zaitun. Pijatan lembut dengan menggunakan minyak zaitun akan dapat meningkatkan alirah darah dan dapat membantu pergantian sel baru.  

16. Mengatasi Ketombe

Anda memiliki masalah terhadap ketombe? Keberadaan ketombe pada kulit kepala anda tentu akan membuat tidak nyaman karena terasa gatal. Ketombe itu sendiri bisa dipicu oleh berbagai hal, salah satunya karena kurang menjaga kebersihan rambut.

Untuk membantu mengatasi ketombe pada kulit kepala, anda bisa mencoba menggunakan minyak zaitun. Anda cukup mengoleskan minyak zaitun yang sudah anda siapkan pada kulit kepala anda. Kemudian untuk meratakannya anda bisa menggunakan sisir. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal anda bisa menggunakan tambahan air jeruk lemon. Setelah didiamkan selama beberapa saat, anda bisa membilas rambut anda dengan menggunakan air.

17. Menghaluskan Rambut

Bagi anda  yang memiliki permasalahan rambut kering, tentunya akan terlihat kasar dan kilau alami rambut akan hilang. Anda harus menjaga kelembaban rambut agar rambut halus dan lembut anda dapatkan. Selain halus, rambut yang lembab juga akan terlihat lebih berkilau. Rambut anda juga akan lebih mudah diatur dan tidak akan mudah kusut.

18. Mengatasi Rambut Mengembang

Kondisi rambut mengembang tentu akan membuat kesal pemiliknya karena rambut akan menjadi sulit diatur dan tampilannya akan terlihat kurang menarik. Untuk mengatasi masalah rambut mengembang, anda bisa memanfaatkan minyak zaitun.

Cara mengatasi rambut mengembang dengan menggunakan minyak zaitun sangat mudah sekali. Anda hanya tinggal mengoleskan minyak zaitun pada rambut dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Anda bisa melakukan perawatan ini setiap hari supaya rambut anda kembali mudah diatur.

Dengan demikian, selain untuk kesehatan minyak zaitun juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, baik kecantikan kulit ataupun kecantikan rambut. Anda bisa mengatasi berbagai macam keluhan pada kulit atau rambut seperti yang sudah dijelaskan di atas dengan memanfaatkan minyak zaitun.  Hanya saja, untuk anda yang memiliki kulit wajah sensitif sebaiknya hindari menggunakan minyak zaitun pada wajah, apalagi jika anda mengalami jerawat parah dan mengalami dermatitis.  Itulah beberapa manfaat minyak zaitun untuk kecantikan. Semoga bermanfaat.

Loading...