3 Cara Untuk Men-transfer File Dari PC ke PC

Metode yang Anda gunakan untuk mentransfer file antara komputer Windows (PC) akan tergantung pada jumlah file yang Anda butuhkan untuk mentransfer. Mulailah dengan metode pertama untuk mentransfer sejumlah kecil file dari PC ke PC dan menggunakan metode Windows Easy Transfer untuk memindahkan seluruh sistem file.

Metode 1: Mentransfer File dengan Removable Drive

1.    Langkah pertama yang harus anda lalukan untuk bisa menstransfer file dengan removable drive adalah miliki terlebih dahulu hard drive removable yang kompatibel dengan PC Anda. Hard drive kecil hingga 1 terabyte ini bisa anda dapatkan di toko elektronik atau di toko online yang menyediakan perangkat computer. Hard drive ini memiliki banyak fungsi diantaranya untuk :

Baca Juga:

•    Mem-back-up file, jika anda tidak memiliki cloud storage provider.
•    Menghindarkan dari penggunaa backup drive yang sama, yang biasa dijumpai pada pemindahan file dari computer ke computer.
•    Jika Anda menggunakan backup cloud, periksa untuk melihat apakah Anda dapat men-download file Anda ke komputer lain dengan masuk ke komputer baru. Beberapa program mungkin tidak memiliki kemampuan ini, sementara yang lain mungkin memerlukan verifikasi komputer untuk tujuan keamanan.

2.    Gunakan USB flash drive kecil, jika Anda ingin mentransfer data dengan jumlah byte dibawah 64 gigabyte (GB) ke komputer yang berbeda. Hal ini akan sangat ideal jika PC Anda berada jauh satu sama lain.
•    Flash drive ini bisa anda dapatkan di toko alat tulis, atau toko online.
•    Pada USB drive Anda dapat memilih untuk melakukan burn file ke CD atau DVD. Atau jika anda membeli rewritable discs, yang lebih mahal , melakukan burn pada disk yang telah diisi dengan file akan membuat disk berisikan tulisan secara permanen. Dengan hard drive removable dan flash drive, Anda dapat menghapus dan menggunakan kembali drive.

3.    Hubungkan drive. Klik dua kali pada drive removable ketika itu muncul. Jendela akan tampil dnegan sendirinya.
•    Nonaktifkan perangkat lunak yang datang dengan hard drive removable, jika Anda ingin menggunakannya untuk tujuan ini. Beberapa hard drive yang datang dengan software akan  membantu Anda dalam membuat cadangan/backup pada komputer.

4.    Klik pada menu Start pada desktop Windows Anda. Arahkan ke tempat di mana file tersebut berada.
•    Jika file Anda terlihat berantakan, sebaiknya atur terlebih dahulu, drngan cara enempatkan file yang sama dalam satu folder. Hal ini lebih mudah untuk mentransfer folder dari file individual.

5.    Tarik jendela removable drive dan folder file jendela yang berdampingan. Ini akan memungkinkan Anda untuk klik dan tarik file dari komputer ke drive Anda.

6.    Klik pada folder yang ingin Anda transfer. Atau, Anda dapat klik pada nama file dan tarik setiap item secara individual.

7.    Tarik ke jendela removable drive. Sebuah kotak dialog kecil mungkin muncul untuk memberitahu Anda bahwa adalah file sedang ditransfer. Untuk file besar, ia akan memberitahu Anda berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyalin file.

8.    Ulangi prosedur ini sampai semua file yang ingin Anda transfer akan disalin ke drive removable.

9.    Pergi ke jendela removable drive. Tutup keluar. Pergi ke My Computer dan klik kanan untuk mengeluarkan removable drive.
•      Kegagalan untuk mengeluarkan drive sebelum mengeluarkannya dari komputer dapat mengakibatkan hilangnya beberapa file.

10.    Pasang drive removable ke dalam PC lain menggunakan kabel USB atau drive. Klik dua kali pada jendela drive ketika folder telah terdeteksi oleh computer.

11.    Tarik file ke desktop Anda atau ke folder di komputer Anda. Barangkali anda ingin menyusun folder secara berdampingan, sebagaimana telah anda lakukan sebelumnya. Tarik folder dan tempatkan dimana saja yang anda inginkan.

Metode 2: Men-transfer File Via Network atau Jaringan

1.    Pastikan jika 2 PC Anda berada di jaringan yang sama. Jika Anda menggunakan jaringan nirkabel, maka computeranda harus memiliki kecepatan yang sangat tinggi untuk membuat proses pemindahan/transfer data berjalan afektif.
•    Pilihan ini adalah yang terbaik jika Anda ingin mentransfer file antara PC secara teratur, tetapi belum tentu pada saat yang sama.

2.    Masuk ke dalam jaringan yang umum pada kedua PC.

3.    Klik pada Menu Start. Lalu pergi ke My Computer. Pilih drive C, atau hard drive, dari daftar pilihan.

4.    Klik kanan pada drive dan pilih "Properties." Anda juga harus bisa pilih Properties dari menu File di bagian atas.

5.    Klik  tab Sharing pada Properties dialog box. Pilih tombol "Advanced Sharing".

6.    Centang kotak di bagian atas yang berbunyi " Share this Folder " atau " Change Advanced Sharing Settings". Pilihan dapat berubah sesuai dengan versi Windows yang Anda jalankan.

7.    Klik "Apply" ketika Anda selesai.

8.    Log on ke PC Anda yang lain. Buka menu Start dan pilih "Network" pada list default options.

9.    Pada computer lain yang terhubung dengan computer anda. Double klik, kemudian Ketik password agar anda bisa mendapatkan akses.
•    Sandi/password ini adalah sandi yang sudah anda tetapkan sebelumnya pada computer lain.

10.    Carilah file yang telah dianggap bisa dibagikan pada PC anda yang lain. Dengan cara menyeret file pada PC anda yang baru.

Metode 3: Menggunakan Windows Easy Share

1.    Langkah paling utama yang harus anda siapkan adalah “easy transfer cable” atau kabel yang nantinya akan digunakan sebagai media transfer file dari satu computer ke computer lain. Kabel ini bisa anda dapatkan di toko elektronik maupun toko online.
•    Metode ini baik bagi mereka yang baru saja membeli sebuah PC baru dan ingin men-download semua file dan software mereka untuk PC barunya.
•    Pada PC yang lebih baru, Anda dapat menggunakan jaringan area lokal (LAN) untuk mentransfer file melalui Windows Easy Transfer. Anda akan diberikan kunci perpindahan yang dapat dimasukkan ke dalam aplikasi pada kedua komputer. PC Baru akan terhubung ke Internet lebih cepat, sedangkan PC yang lebih tua harus terhubung secara langsung untuk memastikan proses bahwa tidak waktu yang terbuang.

2.    Download aplikasi Windows Easy Transfer dari Microsoft Download Center. Hal ini diperlukan jika Anda memiliki Windows Vista atau Windows XP.
•    Download aplikasi bisa dilakukan dengan mengakses microsoft.com/en-us/download.

3.    Instal program. Sign up pada  sebuah account administrator yang dapat Anda akses dari kedua PC. Anda harus masuk terlebih dahulu dari akun yang sama pada kedua komputer Anda.

4.    Buka aplikasi Windows Easy Transfer pada PC baru Anda. Yang saat ini standarnya muncul pada  pada Windows 7 dan 8 OS.
•    Anda harus dapat menemukannya dalam aplikasi Anda. Jika Anda tidak dapat menemukannya, gunakan fungsi Search dan ketikan "Easy Transfer."

5.    Ketik masing-masing  password administrator atau tombol easy transfer, agar dapat digunakan dengan kabel easy transfer atau LAN.

6.    Klik "Next" pada layar pertama Anda. Pilih metode yang akan Anda gunakan untuk mentransfer, seperti kabel atau jaringan.

7.    Pilih " This is my new PC”, kemudian  Pilih jenis OS Windows sistem lama dulu pernah anda gunakan.

8.    Buka Windows Easy Transfer pada komputer lama Anda, jika belum terbuka. Klik "Next" pada kotak dialog awal.

9.    Mulai proses transfer. Ini akan memindai PC lama Anda untuk file, program dan account dapat mentransfer. Klik "Customize", kemudian kosongkan tanda centang pada kotak pilihan item yang tidak ingin anda transfer.

Loading...

Loading...