4 Kesalahan Ini Membuat Rambut Berketombe Semakin ParahKetombe merupakan salah satu gangguan pada rambut yang hampir melanda semua orang baik itu wanita maupun laki-laki, terutama seseorang yang sedang mengalami masa pubertas. Adanya ketombe tentu saja akan mengganggu kesehatan dan keindahan rambut, sehingga hal tersebut akan berdampak pada ketidak nyamanan kita, terlebih lagi masalah tersebut akan menghambat kepercayaan diri dalam berpenampilan.

Kurangnya perhatian anda pada kebersihan serta kesehatan rambut, jumlah kelenjar minyak yang berlebih, perubahan hormon dan stress merupakan penyebab umum diantara penyebab lainnya yang dapat memicu timbulnya ketombe pada rambut anda.

Baca Juga:

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi ketombe, baik itu cara alami maupun non alami. Namun, cara apapun yang dilakukan untuk mengatasi ketombe akan percuma apabila anda masih melakukan beberapa kesalahan yang dapat memperparah kondisi tersebut.

Berikut merupakan 4 kesalahan  yang membuat rambut berketombe semakin parah.

1.Mencuci rambut berlebih

Sebagian orang menganggap bahwa mencuci rambut menggunakan shampo secara berlebih dapat menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Namun faktanya, hal tersebut tidaklah dibenarkan adanya. Ketombe yang terjadi tersebut kemungkinan bukan karena kulit kepala kotor, tetapi bisa saja karena anda terlalu berlebihan dalam menggunakan produk untuk rambut sehingga kulit kepala mengelupas.

Terlalu sering dan berlebihan dalam mencuci rambut justru akan membuat kulit kepala meradang dan menjadi lebih sensitif. Dari pada anda terus menerus mencucinya secara berlebihan untuk menghilangkan ketombe, lebih baik anda menggunakan shampo khusus yang memiliki pH netral yang dapat mengembalikan asam basa kulit kepala.

2.Menggaruk kepala

Ketombe muncul biasanya sering dibarengi dengan kulit kepala yang gatal. Menggaruk kulit kepala mungkin dapat menghilangkan rasa gatal dan mengurangi ketombe. Namun siapa sangka, ternyata hal tersebut justru akan memperparah ketombe yang ada pada rambut anda. Pada dasarnya ketombe merupakan sel-sel kulit mati yang terangkat karena adanya masalah pada kulit kepala. Nah, apabila anda terus-terusan menggaruknya maka akan membuat kulit mati semakin terlihat dan terangkat, sehingga ketombe akan semakin banyak.

3.Melembabkan rambut

Banyak orang yang beranggapan bahwa salah satu penyebab rambut berketombe yaitu karena keringnya kulit kepala. Untuk itu demi mengatasinya anda kerap kali menggunakan pelembab. Cara tersebut memang dapat mengatasi ketombe, namun hasil yang diberikan akan bersifat sementara. Apabila ketombe muncul lagi maka ketombe tersebut akan lebih parah dibandingkan sebelumnya.

4.Menggunakan shampo yang salah

Sodium lauryl sulfate merupakan salah satu kandungan shampo yang harus anda hindari. Kandungan tersebut merupakan kandungan yang dapat memperbanyak busa dan dapat menghilangkan minyak pada kulit kepala. Namun, sebenarnya minyak yang terdapat pada kulit kepala berperan sebagai pelembab alami dan justru dapat mencegah timbulnya ketombe. Untuk itu, dalam memilih shampo pilihlah shampo yang mengandung bahan efektif untuk menghilangkan ketombe, seperti piroctone olamine, salicylic acid, seng, ceramides, vitamin PP dan selenium.

Itulah 4 kesalahan yang dapat membuat rambut berketombe semakin parah. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...