5 Hal Penting yang Dibutuhkan Kulit Setiap hariSeperti halnya anggota tubuh lainnya, kulit juga memerlukan perawatan agar kesehatannya tetap terjaga. Khususnya untuk wanita menjaga dan merawat kulit merupakan hal yang biasa dilakukan untuk mendapatkan kulit yang sehat, cantik dan cerah. Menggunakan berbagai macam produk kecantikan diyakini oleh para kaum hawa dapat menjaga kesehatan serta kecantikan kulitnya. Bahkan ada beberapa dari wanita menggunakan produk kecantikan yang berlebih, karena beranggapan bahwa dengan cara seperti itu hasil yang didapatkan pun akan semakin maksimal.

 

Baca Juga:

Namun faktanya, kebiasaan tersebut tidaklah benar adanya, mengapa? Karena hal itu bukannya membuat kulit menjadi sehat, justru malah akan membuat kulit menjadi rusak. Sebenarnya dari berbagai macam perawatan dan produk kecantikan, ada hal lain yang dibutuhkan kulit agar kesehatannya tetap terjaga. Untuk itu anda perlu mengetahui hal-hal apa saja yang dibutuhka kulit dalam setiap harinya, agar anda bisa menghindari penggunaan produk perawatan yang membahayakan kulit.

Nah, berikut 5 hal penting yang dibutuhkan kulit.

1.Air

Air merupakan komponen penting yang diperlukan dalam kehidupan. Selain itu air juga dibutuhkan tubuh untuk melangsungkan berbagai proses penting di dalam tubuh, misalkan mengeluarkan racun, membantu sel dalam menyerap nutrisi yang diperlukan di dalam tubuh, juga menjaga sistem pencernaan agar tetap lancar.

Dalam hubungannya dengan kulit air sangat diperlukan untuk melembabkan serta membuat kulit menjadi lebih halus. Selain itu, membantu untuk menghilangkan kotoran yang menyumbat pada kulit, dimana kotoran tersebut merupakan penyebab timbulnya jerawat.

2.Pembersih

Pembersih merupakan hal utama yang diperlukan untuk perawatan kulit dalam setiap harinya. Kotoran, miyak dan polutan yang menempel didalam kulit dapat dihilangkan menggunakan pembersih.Selain itu pembersih juga diperlukan sebelum kita menggunkan produk perawatan tertentu, seperti vitamin dan tabir surya. Hal ini bertujuan agar kandungan dari produk tersebut dapat meresap secara sempurna.

Meskipun pembersih sangat dibutuhkan, tetapi anda juga harus selektif dalam memilih pembersih karena tidak semua pembersih aman digunakan. Pembersih yang aman yaitu pembersih yang tidak mengandung sabun karena sabun memiliki sifat agak keras apabila sering digunakan pada wajah. Selain itu, anda juga harus memilih pembersih yang sesuai dengan jenis kulit anda.

3.Antioksidan

Antioksidan dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, misalkan untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker dan juga menjaga kesehatan kulit. Antioksidan bisa kita temukan pada buah, sayuran dan makanan yang berasal dari laut. Anti oksidan dapat melawan juga menghancurkan molekul jahat yang dapat merusak sel, termasuk sel kulit. Ada dua jenis antioksidan yang baik untuk kulit yaitu, Vitamin C dan Vitamin E. Vitamin C berfungsi untuk membentuk kolagen, sedangkan Vitamin E berfungsi untuk melawan kerusakan yang disebabkan akibat paparan sinar UV. Kebutuhan kulit akan Vitamin C yaitu sebanyak 75 mg dan bisa didapatkan dari buah-buahan seperti jeruk, kiwi, apel dan lainnya. Sedangkan Vitamin E dibutuhkan oleh kulit sebanyak 15 gram, dan bisa didapatkan dari kacang, gandum, serta buah-buahan yang lainnya.

4.Tabir surya

Tabir surya bukan hanya bermanfaat utuk mencegah terjadinya kanker kulit, tetapi juga bermanfaat untuk melindungi kulit serta mencegah munculnya tanda-tanda kerusakan dan penuaan dini yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Dalam memilih tabir surya sebaiknya anda memilih tabir surya dengan kandungan SPF lebih dari 15. Gunakan tabir surya  20 menit sebelum anda melakukan aktivitas di luar ruangan.

5.Asam lemak

Asam lemak dapat membantu memproduksi sel-sel yang berguna untuk mempertahankan air dan nutrisi lainnya serta dapat membentuk lapisan yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Tanpa asam lemak, maka kandungan air dan nutrisi pada kulit akan mudah hilang, serta dapat membuat kulit anda menjaddi kusam dan rentan terkena masalah. Anda bisa menemukan asam lemak ini pada makanan seperti telur, ikan dan juga beberapa jenis minyak goreng.

Itulah 5 hal penting yang dibutuhkan kulit dalam setiap harinya. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...