Tumbuh dewasa dan memasuki masa tua adalah suatu kepastian.

Waktu terus berjalan, begitupula dengan usia seseorang yang akan terus mengalami penambahan dari waktu ke waktunya. Kita tidak bisa menyangkal masa tua dimana kulit yang tadinya kencang menjadi keriput dan mengendur. Wajah yang tadinya terlihat mulus dan kenyal akan berubah dengan hadirnya kerutan didahi dan dibagian inggir mata tatkala kita tersenyum. Tubuh yang tadinya tegap pun akan mungkin berubah menjadi lemah dan membungkuk. Begitupula dengan pendengaran, penglihatan dan indera lain yang dulunya bekerja dengan aktif. Namun pada masa tua hal ini mungkin berubah menjadi kurang responsif. Hal inilah yang seringkali menjadi ketakutan untuk sebagian besar wanita.

Baca Juga:

Apalagi kata "tua" seringkali diartikan sebagai suatu hal yang menyeramkan. Sebab pada masa ini penampilan seorang wanita akan mengalami perubahan, salah satunya dengan hadirnya penuaan pada kulit. Ya, seiring dengan pertambahan usia, jaringan kolagen dan elastin pada kulit manusia akan melemah. Hal ini tentu akan membuat elastisitas kulit menjadi berkurang sehingga muncul tanda-tanda penuaan, seperti keriput.

Memiliki garis halus atau bahkan keriput tentu akan merusak kecantikan seutuhnya pada wajah anda. Itulah mengapa banyak wanita yang telah memasuki usia lanjut akan cenderung melakukan segala cara agar dapat menunda penuaan.

kebiasaan-picu-penuaan-dini.jpg

Mulai dari menggunakan perawatan sederhana sampai dengan pergi ke dokter kecantikan guna mendapatkan kulit yang tetap terjaga kekencangannya meski usia mereka telah cukup lanjut. Tidak ada salahnya memang melakukan perawatan untuk menunda penuaan yang terjadi. Apalagi kondisi ini seringkali dilakukan guna menjaga kecantikan dan penampilan seseorang. Selama hal tersebut tidak melukai dirinya atau membuatnya berada dalam bahaya, melakukan perawatan untuk menunda penuaan adalah hak setiap orang.

Akan tetapi rupanya kondisi timbulnya penuaan bukan hanya terjadi pada mereka yang telah berumur, namun kalangan muda pun bisa mengalami hal serupa? Lantas apa sebenarnya hal yang dapat menyebabkan mereka mengalami kondisi ini?

Seseorang dikatakan mengalami penuaan dini ketika mereka terlihat lebih tua dari pada usia mereka seharusnya. Nah, bila kondisi ini terjadi maka tentu saja akibatnya akan langsung menurunkan rasa percaya diri seseorang. Bila anda mengalami kondisi ini, bisa jadi hal ini dipengaruhi oleh kebiasaan sehari-hari yang anda lakukan yang baik secara sadar atau tidak disadari dapat menjadi penyebab yang memicu timbulnya penuaan dini lebih cepat.

Nah, dengan mengetahui penyebabnya ini diharapkan anda segera menghentikan kebiasaan tersebut sebelum kondisi penuaan diri yang terjadi pada anda berubah menjadi lebih buruk dan sulit ditangani. Lalu apa saja kebiasaan yang dapat menyebabkan penuaan dini datang lebih cepat? Simak dibawah ini.

5 Kebiasaan Buruk Perempuan yang Picu Penuaan Dini Lebih Cepat

1. Kurang Tidur

Sudah bukan rahasia lagi bila kesibukan yang begitu padat akan mungkin membuat seseorang mengalami jam tidur yang tidak cukup pada malam hari. Kurang tidur akan dapat mempercepat proses penuaan kulit. Berbagai masalah pun akan ikut muncul dari kebiasaan yang seringkali dilakukan ini. Beberapa masalah seperti kulit kusam, muncul lingkaran hitam dibawah kelopak mata dan hal lain yang akan mungkin dialami adalah stres.

Sepanjang hari, kulit anda bermandikan dengan snar matahari, berjuang melawan berbagai racun dan kotoran seperti debu yang berterbangan diudara. Tidur merupakan kebutuhan tubuh yang amat vital bagi kulit karena tidur akan dapat menurunkan kadar hormone stres dalam tubuh, termasuk dalam kulit.

Ketika tubuh anda stres maka kondisi ini akan dapat meningkatkan kadar hormone kortisol sehingga meningkatkan produksi minyak. Bila sudah begini maka wajah anda akan menjadi mudah berjerawat dan terlihat tidak segar.

Dengan tidur berarti anda memberikan waktu untuk kulit anda agar beristirahat. Selain itu, tidur pun akan dapat membantu meremajamkan kulit dan meremajakan sel-selnya. Lewat tidur energi yang anda buang sepanjang hari akan dapat dikembalikan sehingga hari-hari anda akan lebih fresh.

2. Sering Merokok

Anda dan kita semua tentu paham betul bahwa kegiatan merokok bukanlah hal yang baik untuk kesehatan. Dan rupanya untuk wanita kegiatan yang satu ini akan dapat berdampak buruk untuk kesehatan dan keindahan kulit yang dimilikinya.

Didalam rokok terkandung banyak racun yang akan dapat mempercpat tanda-tanda penuaan kulit. Ketika anda seringkali merokok maka dampaknya akan lebih mudah anda alami. Kebiasaan buruk merokok akan dapat membuat anda mengalami kerutan dengan lebih cepat. Hal ini pun akan dapat menimbulkan area kulit lebih gelap dan tidak bersinar.

3. Menggunakan Terlalu Banyak Produk Perawatan Kulit Pada Waktu yang Bersamaan

Tanpa sadar seringkali kita menggunakan berbagai macam produk kulit dalam satu waktu yang sama. Hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan kulit. Bayangkan kulit anda harus bekerja dengan ekstra keras pada saat menerima begitu banyak zat kimia yang diperolehnya dari berbagai produk perawatan kulit yang anda gunakan setiap harinya.

Terlalu banyak menggunakan produk perawatan kulit dalam satu waktu akan mungkin menyebabkan kulit menjadi iritasi. Untuk tiu, sebaiknya gunakan sesuai dengan kebutuhkan saja. Seandainya anda harus menggunakan produk ini maka sebaiknya gunakan satu jenis saja.

4. Terlalu Sering Bergunta-Ganti Produk Perawatan Kulit

Ada begitu banyak ragam produk perawtaan kulit yang dijual dipasaran. Namun tidak semua jenis yang dijual akan cocok dengan kulit anda. Terkadang anda tergiur untuk mencoba jenis lainnya pada saat anda melihat teman anda cocok menggunakan produk tersebut. Hal inilah yang pada akhirnya membuat anda menjadi lebih sering bergunta-ganti produk perawatan kulit karena tergiur denga orang lain.

Bukan tidak boleh mengganti produk perawatan yang anda gunakan saat ini. Akan tetapi sebaiknya tunggulah beberapa saat sebelum anda memutuskan untuk menggunakan krim atau produk yang lain. Biarkan kulit anda beristirahat sejenak selama kurang lebih 6 minggu. Terkadang seuatu produk akan menampakan hasil dalam waktu yang cukup lama. Jadi demikian sebaiknya bersabarlah.

Bergunta-ganti produk kecantikan kulit hanya akan membuat kulit cepat menua karena zat kimia didalamnya bereaksi dengan kulit anda.

5. Tidak Membersihkan Makeup Saat Tidur

Mungkin karena lelah seharian melakukan aktivitas dan tidak sanggup untuk pergi ke kamar mandi dan membersihkan makeup yang dikenakan. Seorang wanita cenderung bergegas ke tempat tidur dan terlelap meksi masih menggunakan makeup yang menempel pada wajahnya. Kebiasaan buruk ini bila dilakukan terus-menerus tentu akan berdampak buruk untuk kulit wajah anda.

Untuk itu, sebaiknya sempatkanlah membersihkan muka pada saat anda hendak tidur. Jangan menunggu terlalu larut malam agar anda tidak terlanjur mengantuk yang membuat anda semakin enggan pergi ke kamar mandi untuk membersihkannya.

Selama satu harian penuh berdandan dengan makeup, debu, kotoran dan polusi mungkin menempel pada wajah dan bercampur bersama dengan makeup yang anda gunakan. Bila tidak segera dibersihkan maka hal ini akan memicu timbulnya penuaan dini pada kulit wajah anda.

Demikian beberapa daftar kebiasaan buruk yang akan dapat memicu timbulnya penuaan dini lebih cepat. Semoga bermanfaat dan segera hindari kebiasaan tersebut agar wajah anda tetap kencang dan segar. 

Loading...

Loading...