Kita semua tahu betul bagaimana bahayanya rokok bagi kesehatan. Efek dari kepulan asap rokok yang terbang bebas diudara bukan hanya akan berdampak pada si perokok aktif saja. Akan tetapi, orang-orang yang ada disekelilingnya pun punya dampak yang sama yang mana ini sangatlah merugikan.

Oleh karenanya, mau tidak mau dan siap tidak siap sudah waktunya kita mempertimbangkan menjalani gaya hidup yang lebih sehat karena meski kematian adalah urusan Tuhan namun setidaknya mencintai diri sendiri dan tidak menyakitinya adalah tugas kita semua.

Baca Juga:

Memang tidak mudah rasanya keluar dari bayang-bayang rokok apalagi bila kegiatan ini sudah anda lakukan sejak lama bahkan sejak dari remaja. Bahkan beberapa ex-perokok sampai mengalami stres dan pada akhirnya kembali menjadi seorang pecandu setelah sekian lama bersusah payah menahan hasratnya untuk menghisap gulungan demi gulungan tembakau.

Namun bagi anda yang memang punya kemauan keras untuk berhenti menjadi seorang perokok, belumlah terlambat dan tidak ada yang sia-sia. Selama memang tekad anda besar dan niat anda untuk melakukan hal tersebut sudah bulat.

Bagi anda yang tengah berjuang berhenti dari kecanduan rokok, urusan makanan perlu pula anda perhatikan dengan baik. Sebab rupanya ada beberapa jenis makanan yang mampu mengurangi efek kecanduan anda terhadap rokok. Hal ini tentu akan mengurangi sedikit beban dan tantangan ketika candu tersebut kembali datang menghampiri anda. Apa sajakah jenis makanan tersebut? Mari simak informasinya di bawah ini.

makanan-bantu-atasi-kecanduan-rokok.jpg

5 Makanan Bantu Kurangi Efek Kecanduan Rokok Secara Alami

Salah satu tantangan terbesar ketika berusaha keras berhenti dari rokok adalah anda akan cenderung mudah stres karena besarnya candu yang dirasakan. Namun hal tersebut adalah wajar dan itulah yang harus bisa anda taklukan sehingga anda bisa bebas dari belenggu asap rokok dan zat kimia berbahaya yang merugikan diri anda selama ini.

Menurut penelitian yang dimuat dalam sebuah jurnal bernama Tobacco Induced Diseases yang dirilis pada tahun 2017 kemarin, mengatur pola makan rupanya bisa menjadi salah satu cara sukses bagi si perokok terbebas dari belenggu candunya. Apa sajakah hal tersebut? Mari simak informasi menariknya di bawah ini.

  1. Susu

Jenis makanan atau minuman pertama yang masuk ke dalam daftar makanan sehat yang membantu anda menghadapi candu dari asap rokok adalah susu. Susu adalah produk minuman dari alam yang kaya akan kalsium dan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Dan siapa menyangka jika manfaat dalam susu pun bisa membantu mengurangi candu yang dialami oleh para perokok.

Bukan hanya isapan jempol belaka, temuan ini diperkuat dengan studi yang dimuat di dalam jurnal Nicotine and Tobacco Research yang juga dilakukan di tahun 2007. Dalam studi tersebut para peneliti mengumpulkan sekitar 200 orang perokok dimana mereka diminta untuk menikmati aneka makanan dan menilai jenis makanan apa saja yang bisa membuat lidah mereka terasa enak dan tidak.

Dari sanalah didapatkan hasil bahwa makanan yang dapat membantu candu yang dialami oleh para perokok adalah susu dan produk olahannya. Hal ini dikarenakan susu dapat menghilangkan rasa pahit pada bagian lidah akibat seringnya merokok. Nah, hal serupa bisa menjadi alternatif rehabilitas anda ketika hasrat ingin merokok datang maka anda sebaiknya tidak buru-buru pergi ke warung dan membeli sebatang rokok akan untuk membuat anda merasa lebih segar.

Karena excuse semacam ini bukan membuat anda cepat sembuh dari kecanduan rokok. Namun sebaliknya, anda tidak akan pernah bisa menghilangkan dan memisahkan diri anda dari efek kecanduan terhadap barang berpenyakit tersebut. Cobalah konsumsi susu dan nikmati sesuka hati anda. Selain susu produk olahannya seperti keju atau yogurt bisa menjadi alternatif yang baik untuk anda nikmati.

  1. Sayur dan Buah

Jenis makanan lain yang bisa anda konsumsi untuk membantu anda meredakan efek candu dari kebiasaan merokok adalah sayur dan buah. Makanan sehat ini tentu sudah sejak lama kita kenal sebagai jenis makanan ini sebagai menu yang baik disajikan setiap hari. Selain kaya akan serat yang amat bermanfaat untuk tubuh dan pencernaan. Sayur dan buah pun akan membantu para perokok mengurangi rasa tidak nyaman dari indera pengecap mereka setelah beberapa saat tidak merokok.

Dari penelitian Nicotine anda Tobacco Research di tahun 2013 menjelaskan bahwa dari uji coba terhadap mantan perokok yang senang menyantap sayur dan buah ditemukan fakta bahwa mereka lebih mudah terbebas dari jeratan rokok dibandingkan mereka yang tidak mengontrol dengan baik pola makannya. Bahkan katanya, semangat untuk berhenti merokok semakin meningkat selama 30 hari kedepan dibandingkan mereka yang jarang mengkonsumsi sayur dan buah.

Adapun jenis sayur dan buah yang disarankan untuk dikonsumsi agar mengurangi perasaan tidak nyaman pada bagian lidah adalah jeruk, apel, pir atau pisang atau jenis makanan dengan kandungan antioksidan dan vitamin serta serat yang tinggi. Sama halnya dengan susu makanan tersebut mampu mengembalikan sensitivitas indera pengecap dengan lebih cepat.

  1. Pop Corn

Siapa menyangka jika cemilan yang sering kita jumpai di bioskop ini adalah salah satu jenis makanan yang akan ampuh mengurangi efek candu anda terhadap rokok. Bukan hanya nikmat, konsumsi pop corn pun bisa buat kita lebih mudah kenyang dalam waktu yang cukup lama. Dalam sekitar 1 kg pop corn atau setara dengan 5 cangkir pop corn hanya mengandung 150 kalori. Jadi demikian, konsumsi cemilan ini tak perlu membuat anda khawatir dengan kenaikan berat badan.

Hanya saja, perhatikan untuk tidak membeli pop corn yang sudah jadi melainkan anda bisa membuat pop corn sehat buatan anda di rumah. Daripada menggunakan margarin dengan kandungan lemak yang banyak anda bisa beralih dengan menggunakan minyak zaitun.

  1. Kacang

Jenis makanan selanjutnya yang aman dikonsumsi untuk anda yang sedang berusaha susah payah menahan godaan merokok adalah konsumsi kacang. Cemilan yang satu ini adalah jenis cemilan nikmat yang sehat dan tidak akan membuat anda mengalami kenaikan berat badan yang besar.

Ya, pada saat seseorang berusaha berhenti dari rokok maka biasanya mereka akan cenderung menambah nafsu makan yang lebih besar. Tidak selektif memilih aneka jenis makanan atau cemilan bisa mungkin membuat anda mengalami kegemukan setelah berhenti merokok.

  1. Permen Rendah Gula

Alternatif makanan lain yang bisa membantu anda mengurangi candu terhadap rokok adalah memakan permen. Namun perhatikan dengan baik untuk memilih permen dengan kandungan gula yang rendah untuk menghindarkan anda dari risiko kegemukan setelah berhenti merokok.

Loading...

Loading...