5 Makanan yang Dapat Memicu Timbulnya KetombeRambut yang indah dan sehat tentunya merupakan hal yang diimpikan semua orang baik laki-laki maupun wanita. Untuk mendapatkan rambut seperti itu tentunya harus berawal dari keadaan akar serta kulit kepala yang sehat. Oleh sebab itu, penting untuk kita dalam menjaga kesehatan kulit kepala agar rambut yang sehat dan indah dapat kita miliki.

Tetapi apa jadinya apabila rambut yang diimpikan tersebut terhambat karena adanya masalah seperti ketombe? Nah, tentunya hal ini dapat menghambat impian anda untuk memiliki rambut yang sehat dan indah.  Ketombe tersebut selain mempengaruhi rambut juga akan mempengaruhi kepercayaan diri anda. Bayangkan saja jika rambut anda berketombe maka anda pun akan malu dan merasa minder sehingga keadaan tersebut dapat menghambat anda dalam bergaul.

Baca Juga:

Ada dua macam faktor yang dapat menyebabkan timbulnya ketombe pada kulit kepala, yaitu faktor intern dan ekstern. Faktor intern diantaranya yaitu karena adanya perubahan hormon sedangkan faktor ekstern yaitu karena anda kurang menjaga kebersihan rambut atau bisa saja karena penggunaan produk untuk rambut yang tidak cocok.

Namun tahukan anda, ternyata disamping faktor penyebab tersebut ternyata ada beberapa makanan yang mungkin biasa anda konsumsi dapat menyebabkan timbulnya ketombe. Nah, berikut merupakan daftar makanan yang dapat memicu timbulnya ketombe pada rambut anda.

1.Gorengan

Makanan yang diproses dengan cara digoreng terlebih dahulu dapat memicu timbulnya jerawat. Apabila dikonsumsi secara berlebih maka akan membuat kulit kepala menjadi berminyak serta membuat kulit kepala menjadi tidak stabil. Untuk itu hindarilah makanan yang digoreng untuk sementara waktu. Karena selain untuk mencegah timbulnya ketombe, menghindari gorengan juga dapat membuat anda terhindar dari kolesterol.

2.Makanan berbahan dasar susu

Seperti yang kita ketahui makanan yang berbahan dasar susu seperti es krim dan keju merupakan makanan yang banyak disukai. Namun ternyata, makanan tersebut dapat memicu timbulnya ketombe pada rambut. Mengkonsumsi makanan yang berbahan dasar susu maka akan menyebabkan kulit kepala menjadi berkurang ketahanannya serta hal itu juga akan memicu timbulnya ketombe.

3.Makanan pedas

Selain gorengan makanan pedas juga dapat menyebabkan produksi minyak pada kulit kepala menjadi berlebih serta membuat kulit kepala menjadi tidak stabil. Apabila anda sering mengkonsumsi makanan pedas maka kondisi rambut anda akan menjadi berketombe, gatal, lepek dan yang lebih parahnya akan mudah patah.

4.Makanan mengandung gula tinggi

Apabila anda menyukai makanan yang mengandung gula tinggi, sebaiknya mulai dari sekarang jauhi kebiasaan tersebut. Mengkonsumsi makanan yang mengandung gula yang tinggi secara berlebih maka akan memperparah keadaan rambut dan ketombe akan semakin banyak muncul. Apabila anda memang menyukai makanan yang manis ada baiknya ganti cemilan manis anda dengan cemilan manis alami seperti buah-buahan.

5.Makanan terlalu panas

Jika anda akan mengkonsumsi makanan panas yang baru disajikan, maka sebaiknya tunggu sampai dingin. Apabila anda mengkonsumsi makanan tersebut dalam keadaan panas maka suhu tubuh akan terangsang menjadi lebih meningkat dari mulai bagian kepala sampai organ pencernaan, sehingga hal itu akan mempengaruhi keadaan kulit kepala.

Itulah 5 makanan yang dapat memicu timbulnya ketombe. Ada baiknya sekarang anda mulai hindari makakanan tersebut demi mendapatkan rambut yang sehat dan indah. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...