Dalam sebuah pernikahan biasanya masa-masa pengantin barulah yang paling indah. Namun, meskipun begitu tidak berarti pasangan pengantin baru selalu bahagia, pasalnya untuk beberapa pasangan masa pengantin baru juga bisa menjadi masa-masa tersulit dalam sebuah pernikahan. Pada saat masa awal pernikahan biasanya seseorang mulai belajar untuk memahami semua kebiasaan pasangannya, begitupun dangan sebaliknya. Misalkan kebiasaan yang dilakukan pada bangun tidur hingga tertidur kembali.

Dalam sebuah pernikahan tentunya karakter atau kebiasaan masing-masing orang memiliki perbedaan. Dan hal inilah yang biasanya menjadi kendala bagi pasangan pengantin baru untuk menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan pasangannya. Dalam masa-masa ini pengantin baru harus bisa lebih siap menerima segala tantangan baik itu tantangan yang kecil ataupun tantangan yang besar sekalipun. Agar bisa mewujudkan sebuah pernikahan yang bahagia, maka setiap pasangan harus bisa memahami karakter dan kebiasaan pasangannya sendiri, dan memang itu bukanlah hal yang mudah. Oleh sebab itu ada beberapa kebiasaan yang perlu anda hindari, ya kebiasaan-kebiasaan tersebut adalah kebiasaan buruk yang mungkin jika dilakukan akan mengancam pernikahan anda. Di bawah ini adalah kebiasaan-kebiasaan yang dimaksud.

Baca Juga:

6 Kebiasaan yang Wajib Dihindari Oleh Pasangan Pengantin Baru

1. Takut dan Enggan mencoba hal yang baru

Pernikahan merupakan masa awal dimana pasangan yang sudah lama menjalin cinta memulai dan memasuki babak yang baru untuk hidup bersama. Ketika pertama menikah akan banyak sekali perbedaan yang akan terjadi bagi setiap pasangan pengantin baru. Namun, jangan sampai perbedaan tersebut justru mengambat rumah tangga anda. Perbedaan yang ada di antara anda dan pasangan cobalah jadikan sebagai pelengkap untuk bisa saling mengisi kekosongan masing-masing. Jangan sampai karena perbedaan tersebut segala aktivitas anda dan pasangan terhambat. Meskipun anda memiliki perbedaan dengan pasangan tetapi itu bukan berarti anda tidak bisa melakukan hal-hal bersama pasangan anda sendiri. Meskipun perbedaan membentang di antara anda berdua, untuk menyatukan perbedaan tersebut cobalah lakukan hal-hal baruseperti berlibur ke tempat-tempat baru yang bisa mendekatkan anda berdua dan mencoba segala hal baru yang positif yang bisa memberikan dampak yang baik bagi kehidupan pernikahan anda.

2. Berbicara Seenaknya kepada pasangan

Pasangan yang baru menikah bukan berarti akan selalu damai-damai saja. Perselisihan, perbedaan pendapat tentunya kapan saja akan menghampiri kehidupan pernikahan anda dan pasangan. Oleh sebab itu, tidak jarang ketika terjadi sebuah perselisihan emosi akan terpancing, bahkan karena mempertahankan ego masing-masing maka anda dan pasangan tidak dapat mengendalikan diri. Sebelum menikah, mungkin saja anda dan pasangan masih bisa menahan diri atau bersabar ketika sedang dihadapkan oleh emosi yang memuncak, namun setelah menikah untuk bisa mengendalikan emosi adalah hal yang sangat sulit. Namun yang perlu anda ingat yaitu, ketika memang diri anda sedang emosi maka anda janganlah berbicara kasar kepada pasangan anda agar pasangan anda pun tidak melakukan hal yang sama seperti itu. Ketika anda dan pasangan sedang emosi maka alangkah baiknya jika anda menjaga jarak. Jika memang emosi tidak bisa terbendung lagi cobalah untuk tarik nafas sedalam-dalamnya demi menenangkan pikiran anda, jangan sampai anda kelepasan berbicara kasar kepada pasangan anda yang bisa menyakiti perasaannya. Jika pada tahap awal pernikahan saja pasangan anda sudah sakit hati, maka bagaimana kehidupan selanjutnya? Yang ada justru pasangan anda merasa tidak nyaman dan kehidupan pernikahan anda berdua pun akan terancam.

3. Berbohong masalah keuangan

Kebiasaan yang biasanya dilakukan oleh para wanita yaitu berbohong soal keuangan. Kebiasaan ini dilakukan biasanya oleh mereka yang memiliki hasrat belanja yang tinggi. Tipe wanita seperti ini terkadang selalu menutupi materi yang dimilikinya, dan hal tersebut dilakukan agar dirinya tidak terlihat boros oleh sang suami. Ingatlah anda jangan pernah sekalipun berbohong kepada pasangan anda soal materi, karena jika sudah dilakukan sekali hal seperti ini justru akan menjadi kebiasaan. Jika memang anda terus menerus selalu berbohong soal materi kepada pasangan anda, maka sudah dipastikan bahwa suami anda juga akan berlaku demikian. Jika memang anda perlu belanja maka sebaiknya buatlah anggaran untuk semua itu, dan yang perlu anda lakukan yaitu tetaplah untuk memberitahukan semuanya kepada suami anda terlebih dahulu. Dengan begitu maka hubungan anda akan lebih terbuka tanpa adanya rahasia.

4. Membanding-bandingkan masa lalu dan sekarang

Untuk pasangan pengantin baru sangat pantang melakukan kebiasaan ini. Saat pasangan anda tidak bisa melakuan sesuatu yang anda ingikan, janganlah pernah anda mengatakan kalimat dengan maksud membanding-bandingkan masa lalu misalkan, "Dulu saya masih bisa bersenang-senang, namun setelah saya menikah dengan kamu saya tidak bisa bersenang-senang lagi", dan lain sebagainya. Ingatlah membandingkan masa lalu dan masa sekarang hanya akan membuat pasangan anda sakit hati, dengan begitu maka pernikahan anda pun akan menjadi tidak bahagia.

5. Tidak memperhatikan pasangan

Ketika dua insan yang sedang jatuh cinta masih dalam proses berpacaran, biasanya mereka akan selalu memberikan semua yang terbaik untuk pasangan masing-masing dengan selalu memperhatikan satu sama lainnya. Ketika dalam proses berpacaran mungkin anda dan pasangan tidak akan pernah membuang kesempatan, dimana dalam setiap waktu anda dengannya selalu mengirim pesan singkat untuk menanyakan aktivitas yang dilakukan masing-masing. Namun setelah menikah dan tinggal dalam satu rumah, kebiasaan untuk saling memperhatian lambat laun akan jarang dilakukan karena berpikir bahwa anda berdua sekarang sudah tinggal dalam satu atap. Walaupun demikian sebaiknya anda tidak boleh memiliki pemikiran seperti itu, pasalnya setiap pasangan membutuhkan perhatian dari pasangannya masing-masing dan itu memang kebiasaan yang wajib untuk dilakukan oleh pasangan yang saling mencintai.

6. Tidak mendukung pasangan

Ketika awal-awal pernikahan janganlah sampai melakukan hal ini, pasalnya hal ini akan berdampak tidak baik bagi hubungan anda dan pasangan di masa depan. Ketika awal pernikahan mungkin anda memiliki keraguan kepada pasangan anda, namun meskipun begitu anda tetap harus mendukung pasangan anda dalam berbagai hal. Jika anda melakukannya, maka anda bisa memberikan hal positif bagi pasangan anda, dimana hal ini akan memotivasi pasangan anda untuk menjadi sosok yang lebih baik lagi bagi anda, bahkan menjadi seseorang yang sukses di masa yang akan datang. Bahkan dengan sendirinya pasangan anda juga akan mendukung anda dalam segala hal.

Nah, jangan sampai kebiasaan-kebiasaan seperti di atas dapat merusak hubungan anda dan pasangan anda. Meskipun mungkin anda menganggap bahwa masa awal pernikahan adalah masa-masa yang sulit, tetapi hal itu tidak lantas membuat anda putus asa, anda harus bertahan dengan terus belajar agar bisa menyesuaikan diri. Dengan demikian maka pernikahan anda dan pasangan anda akan harmonis dan awet.

Loading...

Loading...