Tidak bisa dipungkiri bahwa olahraga adalah kegiatan penting yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap bugar dan segar. Hanya saja untuk sebagian orang, olahraga bisa menjadi kegiatan yang menyita waktu. Apalagi kebanyakan orang berpikiran bahwa olahraga adalah pergerakan yang dilakukan di tempat olahraga seperti gym dengan peralatan yang mumpuni.

Itulah mengapa, selalu ada banyak alasan ketika seseorang dituntut untuk berolahraga. Padahal berolahraga tak selalu berarti harus dilakukan di luar rumah sebab pada faktanya olahraga akan dapat dilakukan dimana saja dan oleh siapa saja. Termasuk anda para wanita dan ibu rumah tangga yang seringkali banyak menghabiskan waktu di rumah.

Baca Juga:

Nah, dibawah ini mari kita kenali apa saja jenis olahraga wanita yang bisa dilakukan di rumah dengan mudah dan sederhana. Penasaran seperti apa? Mari simak informasinya dibawah ini.

Push Up

 

Olahraga wanita yang pertama yang akan dapat dilakukan di rumah dengan mudah dan kapan saja anda inginkan adalah push up. Push up adalah pergerakan yang dilakukan dengan menempatkan beban tubuh dibawah dan mengangkatnya dengan menggunakan tangan. Meski pergerakan yang sederhana akan tetapi push up mampu memberikan manfaat yang cukup besar dan banyak untuk tubuh kita. Salah satunya adalah push up yang melibatkan seluruh bagian tubuh ini akan mampu mempercepat pembakaran kalori.

Sehingga demikian, olahraga yang satu ini akan sangat baik untuk anda para pelaku diet. Maka dari itu, mulai saat ini buang jauh-jauh pemikiran sempit dengan mengartikan bahwa olahraga yang baik perlu dilakukan di luar rumah dan perlu mengunjungi gym sebab dengan pergerakan yang sederhana semacam ini maka tentu anda akan bisa melakukannya di rumah dengan mudah.

Selain mampu membakar banyak kalori dalam jumlah banyak, latihan push up akan baik untuk membantu memperkuat beberapa bagian pada tubuh. Yakni pada bagian lengan, bisep dan juga trisep. Bahkan bila olahraga yang satu ini dilakukan secara rutin maka manfaat yang baik seperti mengencangkan bagian otot dada dan memperindah payudara akan bisa anda dapatkan.

Cocok sekali untuk ibu rumah tangga yang sudah berumur dan mulai mengalami pengenduran maka anda akan bisa memperbaiki tubuh anda dengan rajin berolahraga push up dengan rutin. Adapun cara melakukannya adalah dengan memposisikan tubuh dilantai seperti hendak merangkak. Kemudian letakkan tangan sejajar dengan bagian bahu anda.

Rapatkan kedua kaki dan turunkan posisi tubuh perlahan sampai dengan sejajar dengan bagian dada anda hingga hampir menyentuh bagian lantai. Selanjutnya dorong dengan menggunakan tangan ke atas dan kembali ke posisi awal. Ulangi pergerakan ini dengan perlahan.

Kardio Interval

Latihan selanjutnya yang akan dapat anda lakukan di rumah bagi anda yang tidak punya cukup waktu untuk berolahraga di gym atau tempat olahraga lainnya. Maka anda bisa mencoba latihan interval intensitas tinggi. Latihan pergerakan ini adalah latihan yang dilakukan dengan sangat intens dan kurang intens dalam satu kali latihan. Contohnya seperti ini, untuk para pemula anda dapat berjalan cepat dengan durasi selama satu menit. Kemudian setelahnya maka anda akan dapat berjalan biasa dengan durasi 2 menit.

Olahraga atau pergerakan semacam ini adalah latihan yang baik untuk membakar lebih banyak kalori yang ada didalam tubuh. Selain itu, anda akan tentu dapat melakukannya di rumah dengan mudah dan sederhana. Berjalan-jalan seperti ini akan dapat anda lakukan di komplek perumahan anda sehingga anda tidak perlu jauh-jauh ke taman kota.

Ulangi latihan interval semacam ini sebanyak lima kali selama 15 menit dengan teratur. Bila anda rajin melakukannya maka tumpukan lemak dan kalori yang ada didalaml tubuh akan dibakar dengan lebih cepat dalam waktu yang singkat. Sehingga beban tubuh anda diharapkan dapat berkurang dalam waktu yang cepat.

Cara melakukannya adalah dengan menentukan terlebih dahulu olahraga atau latihan kardio seperti apa yang ingin anda lakukan. Misalkan seperti lompat tali, berjalan-jalan keliling komplek, lari pagi ke taman kota dan masih banyak lagi. Lakukan latihkan semacam ini dengan pola sebanyak 10 kali dengan perulangan sebagai berikut.

3 menit untuk 50% dari kekuatan maksimal kemudian dilanjutkan dengan 20 detik untuk 75% dari kekuatan maksimal yang anda miliki. Baru kemudian terakhir anda bisa melakukan pergerakan selama 10 detik untuk 100% dari kekuatan maksimal anda.

Bridge

Olahraga selanjutnya yang akan dapat anda lakukan di rumah tanpa perlu pergi ke gym dan sarana olahraga lainnya adalah latihan bridge. Latihan ini adalah pergerakan yang baik untuk memperindah bagian bokong perempuan. Seperti yang kita ketahui bokong yang indah adalah dambaan untuk setiap wanita bahkan tidak sedikit mereka yang memilih memutushakn filler atau silikon demi mendapatkan bokong yang indah dengan cepat.

Hanya saja, tentunya bokong yang didapatkan dari latihan yang rutin akan tentu jauh lebih aman dan lebih tahan lama sebab pembentukan semacam ini didapatkan secara alami dengan membentuk tubuh melalui olahraga. Selain itu, membentuk bokong dengan latihan ini tentu tidak akan berefek samping yang buruk untuk kesehatan kita. Maka dari itu, pergerakan olahraga semacam ini akan tentu bisa anda lakukan di rumah.

Selain untuk menjaga bokong, bridge pun akan dapat membantu menjaga punggung tetap sehat dan terhindar dari rasa sakit. Latihan bridge apabila dilakukan dengan rutin maka akan membantu pembentuk otot dan meningkatkan kelenturan pada tubuh. Serta menguatkan bagian seluruh tubuh dengan merata.

Adapun pergerakan ini akan dapat anda lakukan dengan menyiapkan sebuah matras lalu berbaring dibagian atasnya. Tekuk bagian lutut dan telapak kaki dengan menapak dilantai. Lalu setelah itu, anda akan dapat mengangkat bagian pinggul sehingga tyub uh anda membentuk garis yang lurus dari bagian bahu hingga ke bagian lutut. Angkat pinggul dan bokong ke atas lalu kembalikan ke posisi awal.

Side Plank

Untuk bisa mendapatkan tubuh yang bugar memang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja selama kita memang bersungguh-sungguh untuk melakukannya. Salah satu olahraga untuk wanita yang bisa dilakukan di rumah yang baik untuk membantu mengencangkan pinggang dan perut adalah melakukan side plank. Biasanya ibu-ibu yang sudah punya anak seringkali mengalami pengenduran pada kulit perutnya akibat melahirkan.

Nah, latihan side plank akan menjadi jawaban yang baik untuk mengatasi permasalahan yang seolah sulit diatasi ini. Manfaat dari melakukan side plank dengan rutin adalah membantu ketahanan otot dibagain perut dan punggung bagian bawah. Dimana bagian ini berguna untuk melindungi bagian tulang belakang anda.

Maka dari itu, ketika punya waktu luang di rumah daripada bermalas-malasan maka anda akan dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk berolahraga sehat yang dilakukan secara rutin. Tidak perlu sulit, anda bisa memanfaatkan halaman depan rumah atau ruang tamu untuk memudahkan anda melakukan pergerakan yang satu ini.

Caranya adalah denga berbaring di lantai anda bisa menggunakan matras sebagai alas untuk membuat anda tetap merasa nyaman. Lalu berbaringlah disisi kanan atau sisi kiri dengan kaki yang ditarik lurus. Kemudian jatuhkan tumpuan tubuh anda pasa dalah satu bagian lengan baik lengan kiri ataupun lengan kanan. Biasanya tumpuan ada pada bagian lengan yang dekat dengan lantai.

Setelah itu, angkat bagian pinggung anda dengan membentuk garis yang lurus dari bagian pergelangan kaki sampai ke bagian pundak terbentang. Tahan pergerakan pada posisi ini minimal selama 30 detik. Kemudian ulangi latihan ini dengan rutin selama beberapa saat.

Sikap Lilin (Shoulder Stand)

Daripada bosan tidak melakukan kegiatan apapun di rumah, anda akan senantiasa dapat mengisi waktu luang anda dengan kegiatan olahraga yang bermanfaat. Olahraga ini akan bisa anda lakukan di rumah dengan mudah dan sederhana. Shoulder Stand atau sikap lilin adalah latihan yang baik yang bisa dilakukan para wanita di rumah sebagai pengganti olahraga ketika mereka tidak punya waktu pergi ke gym.

Pada dasarnya shoulder stand adalah bagian dari pergerakan yoga yang disebut dengan sarvangasana yang tentunya pergerakan ini adalah latihan yang baik untuk dilakukan. Salah satu manfaat dari rajin melakukan olahraga ini adalah keseimbangan hormon didalam tubuh yang senantiasa terjaga dengan baik. Khususnya untuk hormon hipotalamus dan juga hormon tiroid.

Manfaat lain yang bisa didapatkan menurut para pakar olahraga dari latihan sikap lilin adalah menguatnya sistem pernapasan dan jantung. Sikap lilin pun akan membantu mengurangi sembelit, mencegah kulit keriput, mengurangi insomnia dan juga mengatasi penyakit flu.

Cara melakukan olahraga ini diantaranya anda akan dapat berbaring diatas matras dengan posisi telentang. Kemudian angkatlah bagian kaki dan pinggul kebagian atas dengan perlahan. Tahan bagian pinggul dengan menggunakan tangan untuk menyeimbangkan posisi ini. Cobalah lakukan pergerakan ini selama 30 detik dan lakukan secara berulang.

Triceps Extension

Olahraga yang terarkhir yang baik untuk dilakukan untuk anda para wanita yang ingin tetap menjaga kebugaran tubuh meski tak sempat pergi ke gym maka cobalah latihan Triceps Extension. Trisep adalah latihan yang bisa digunakan sepanjang waktu. Maka dari itu, membuatnya tetap kuat membaut anda akan mampu bergerak dengan lebih efisien.

Bukan hanya itu, manfaat dari melakukan latihan yang satu ini diantaranya adalah meminimalisir resiko cedera pada bagian bahu dan juga siku. Latihan trisep extension ini banyak dilakukan untuk mengencangkan bagian trisep dan otot pada bagian bahu dibelakang.

Adapun cara yang akan dapat anda lakukan untuk melakukan pergerakan yang satu ini diantaranya adalah dengan menyiapkan beban dengan berat kia-kira 1.5 kg. Kemudian siapkan posisi tubuh dengan sedikit membungkuk. Setelah itu, langkahkan bgaian kaki kanan ke depan dan kaki kiri tetap berada pada posisi semula.

Tekuk bagian kaki kanan dan angkat lengan kiri yang telah memegang beban di bagian samping bahu anda. Baru setelah itu, angkat dan turunkan beban yang anda pikul sebanyak 30 kali untuk satu sesi latihan. Ulangi hal serupa pada bagian tangan yang satu lagi.

 

 

 
Loading...

Loading...