Jerawat lagi jerawat lagi. Sering kali kita bosan sekali bagaimana menghadapi masalah yang satu ini. Bagaimana tidak, jerawat sering sekali mengganggu penampilan kita karena bentuknya yang bulat menonjol atau bekas nya yang berwarna hitam. Jerawat atau acne vulgaris adalah sebuah ganguan kesehatan atau penyakit yang disebabkan karena adanya penyumbatan minyak atau sebum di pori-pori kulit. Biasanya jerawat akan membesar jika minyak tercampur dengan bakteri yang disebabkan karena polusi serta sel-sel kulit mati. Peradangan akan menjadi lebih besar jika jerawat tidak diobati atau ditangani. Maka jerawat akan mulai memerah, menimbulkan rasa gatal atau sakit serta memiliki puncak putih atau nanah. Nah, jerawat juga tidak hanya bisa dialami oleh wqanita tapi juga pria lho. Ada beberapa faktor yang bisa menyembabkan timbulnya jerawat. Mau tahu apa saja? Pertama adalah faktor kurangnya menjaga kebersihan. Biasanya Anda jarang sekali mencuci wajah. Jika jerawat dipunggung biasaya terjadi akibat keringat dan jarang mandi. Hayo ngaku apa benar Anda jarang mandi? (Baca juga: Obat jerawat)

Kedua adalah faktor makanan. Hal ini biasanya dikaitkan dengan kebiasaan atau pola hidup yang kurang baik. Misalnya Anda senang mengkonsumsi gorengan, bakso atau kacang-kacangan seperti kacang tanah atau kacang mete. Terakhir adalah biasanya jerawat muncul karena faktor hormon. Hormon perangsang jerawat akan lebih aktif pada saat Anda berusia 12-19 tahun. Nah, baiknya adalah ternyata kini sudah banyak produk-produk yang mampu mengobati jerawat. Namun tidak hanya produk, mengatasi jerawat juga bisa dilakukan dengan sangat mudah dan lebih efisien, salah satunya adalah dengan mengobati jerawat dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Baca Juga:

Ada banyak bahan-bahan alami yang dapat Anda jadikan obat untuk jerawat. Bahan-bahan alami tersebut biasanya tergolong dalam kategori sayur-sayuran atau buah-buahan. Sayur-sayuran yang dapat mengobati jerawat adalah misalnya tomat, mentimun atau kentang. Sedangkan buah-buahan adalah strawberry, apel, lemon atau pisang. Nah, tahukah Anda bahwa ternyata tidak hanya kedua jenis ini yang bisa mengobati jerawat? Ada beberapa jenis bahan yang dapat digunakan untuk mengobati jerawat seperti yougurt, kelapa, rempah-rempah seperti kunyit atau lengkuas dan juga air garam. Apa air garam? Yang terakhir ini pasti Anda baru dengar kan? Tidak perlu bingung, karena kita akan membahasnya bersama hanya untuk Anda.

Air garam tidak hanya dibutuhkan untuk memasak saja lho, air garam juga bisa membantu meredakan peradangan jerawat. Hal ini dikarenakan air garam memiliki kandungan anti-mikroba yang baik sehingga mampu mredakan infeksi dan peradangan. Caranya mudah sekali, cuci wajah Anda sampai bersih. Lalusiapkan 10 sendok air dan 2 sendok garam lalu campurkan keduanya. Celupkan kapas kedlam air lalu kompres jerawat dengan menggunakan kapas tersebut selama 3 menit. Lakukan sampai 5-10 kali. Niscaya radang akan segera mengempes. Nah selamat mencoba ya! Semoga bermanfaat! (Artikel menarik lainnya: Cara menghilangkan bekas jerawat)

Loading...

Loading...