Rasa percaya diri akan timbul pada diri seseorang ketika mereka merasa tidak ada kekurangan dalam dirinya. Segala hal telah dipersiapkan dengan baik dan sudah mereka 'kuasai. Termasuk dengan tampilan mereka sendiri dihadapan umum. Ya, ketika seseorang berani tampil dihadapan umum dengan rasa percaya diri yang tinggi maka biasanya orang tersebut cenderung punya kemampuan menguasai dirinya dan orang-orang disekitar mereka. Sehingga tidak ada alasan baginya untuk merasa malu atau membuat rasa percaya dirinya menjadi menurun.

Namun apa jadinya ketika kecantikan penampilan sudah dipersiapkan dengan baik namun rupanya saat anda berbicara tercium aroma yang tidak sedap. Atau mungkin pernah satu waktu anda melihat lawan bicara anda memalingkan wajahnya dan menjaga jarak seolah tak nyaman. Hal semacam ini tentu saja membuat kita merasa malu dan rasa percaya diri yang tadinya seratus persen mungkin berubah menjadi nol persen.

Baca Juga:

Perhatikan dengan baik penyebab bau mulut yang anda alami saat ini bisa dipicu oleh banyak hal. Salah satunya mungkin adalah kondisi gigi berlubang yang tidak segera ditangani dengan baik. Pada sebagian orang mereka seringkali menganggap remeh kondisi gigi berlubang dengan alasan tidak ada keluhan sakit yang timbul sehingga hal tersebut dianggap baik-baik saja. Lantas apa hubungannya gigi berlubang dan bau mulut bisa dikaitkan? Mari simak informasi menariknya di bawah ini hanya untuk anda.

alami-bau-mulut.jpg

Kolerasi Antara Gigi Berlubang dengan Bau Mulut

Mulut dan gigi adalah tempat yang aman bagi berenaka ragam bakteri tumbuh dan tinggal di dalamnya. Bakteri-bakteri yang hidup dimulut mendapatkan asupan makanan dari gula yang terkandung pada sisa makanan dan minuman yang terselip disela gigi. Karena asupan makanan inilah yang secara tidak sadar membuat kita mengembangbiakan bakteri tersebut dengan mudah didalam mulut kita.

Bakteri yang hidup di dalam mulut kemudian menghasilkan sejumlah zat asam yang akan dapat mengikis bagian permukaan gigi secara perlahan dan kondisi inilah yang membuat gigi anda pertama-tama akan keropos. Zat asam yang terus menerus diproduksi oleh bakteri lambat laut akan membuat gigi yang keropos menjadi bolong dan menyebabkan pembusukan mudah terjadi.

Permukaan gigi anda akhirnya hancur secara perlahan dan lubang-lubang yang kecil pada gigi akan terbentuk. Semakin lama bakteri dan asam yang menempel pada gigi dibiarkan maka akan semakin para pula lubang yang muncul pada bagian gigi anda. Bakteri-bakteri tersebut akan terus tumbuh dan memperbanyak jumlahnya dalam gigi yang berhasil mereka lubangi. Ketika mencerna makanan, bakteri di dalam gigi berlubang akan pula memproduksi zat sisa yang menimbulkan bau mulut yang kentara.

Apalagi kondisi bau mulut anda akan tercium semakin parah ketika di dalam mulut anda ditemukan tiga jenis bakteri seperti T. denticola, Fusobacterium dan yang terakhir adalah P. intermedia. Tiga jenis bakteri ini memang digadang-gadang menjadi penyebab bau mulut yang paling besar.

Oleh karenanya, penting sekali melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengatasi kondisi bau mulut yang dialami. Sebab tentu saja hal ini akan dapat mengurangi rasa percaya diri anda. Apalagi bila anda adalah seseorang yang seringkali dihadapkan pada orang banyak maka mungkin bau mulut akan membuat anda terkendala untuk bisa berinteraksi dengan klien seperti biasanya.

Cara Mencegah Bau Mulut

Selain melakukan pemeriksaan ke dokter, hal lain yang dapat anda lakukan untuk mencegah agar bau mulut tak lagi kembali setelah diatasi dengan susah payah dengan bantuan dokter. Di bawah ini adalah beberapa informasi tentang pencegahan bau mulut yang sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah. Penasaran seperti apa saja? Mari simak informasi menariknya di bawah ini hanya untuk anda.

Menjaga Kebersihan Mulut

Hal pertama yang bisa dilakukan sebagai langkah pencegahan bau mulut paling sederhana adalah dengan senantiasa memperhatikan kebersihan mulut dan gigi anda secara rutin setiap hari. Tidak sedikit diantara kita yang bermimpi punya gigi bersih dan mulut sehat namun seringkali menyepelekan kegiatan membersihkan mulut dan gigi dengan baik.

Padahal dari gigi dan mulut yang bersih maka bakteri akan enggan untuk berlama-lama tinggal di dalamnya. Pastikan pula jika konsumsi makanan yang anda asup ke dalam tubuh adalah jenis makanan sehat. Setiap habis makan besar sebaiknya biasakan untuk menggosok gigi anda dengan baik.

Selain itu, di bawah ini adalah langkah menjaga kebersihan gigi dan mulut yang baik yang perlu anda perhatikan dengan baik:

Rajin Menggosok Gigi

Minimal gosoklah gigi anda sebanyak 2 kali dalam satu hari, terutama pada saat sebelum beranjak tidur di malam hari. Sisa-sisa makanan yang ditinggalkan diantara celah gigi dalam mulut anda adalah pakan yang baik yang ditunggu oleh bakteri guna memperbanyak jumlah mereka. Maka dari itu, jangan berikan kesempatan bagi mereka menjadi perusak gigi anda.

Hindari Konsumsi Makanan Manis

Makanan dengan kandungan gula yang banyak adalah salah satu jenis makanan yang paling disukai bakteri di dalam mulut. Selain makanan manis, makanan dengan kandungan tepung yang tinggi pun sama buruknya untuk kesehatan gigi anda. Maka dari itu, dalam rangka mencegah gigi berlubang penyebab bau mulut maka sebaiknya selektif dalam memilih jenis makanan yang anda konsumsi sehari-hari.

Gunakan Dental Floss

Terkadang sikat gigi tidak mampu menjangkau kotoran sampai dengan ke sela gigi. Sisa makanan yang menempel pada sisa gigi yang bercampur bersama dengan air liur akan perlahan berubah menjadi plak gigi dan bila kondisi ini dibiarkan begitu saja maka tentu yang terjadi adalah karang gigi muncul dan mulai merusak gigi anda. Bila perlu gunakan dental floss untuk memudahkan anda membersihkan kotoran sampai dengan ke sela gigi anda.

Bersihkan Permukaan Lidah

Selain gigi, bakteri pun bisa berkumpul pada bagian permukaan lidah anda. Beberapa lidah yang kotor biasanya ditandai dengan bagian putih-putih atau warna kekuningan yang terdapat pada permukaan lidah. Dengan sikat gigi biasanya mungkin susah untuk anda membersihkan bagian tersebut. Untuk  itu, cobalah pembersih lidah dengan cara menggosoknya dari bagian dalam ke bagian luar.

Lakukan Pemeriksaan Gigi Secara Rutin

Untuk mencegah terjadinya masalah serius terjadi pada gigi maka penting sekali bagi anda semua untuk senantiasa melakukan pemeriksaan kesehatan gigi ke dokter. Minimal selama 6 bulan sekali. Dokter akan melakukan pemeriksaan gigi secara menyeluruh bila nantinya ditemukan ada masalah biasanya dokter akan menyarankan tindakan pembersihan sebelum kondisi tersebut memburuk.

Loading...

Loading...