Kopi sudah menjadi gaya hidup baru bagi masyarakat Indonesia saat ini. Tak hanya untuk laki-laki saja, para perempuan pun seolah terbius dengan gaya hidup ala masyarakat modern saat ini. Ada peribahasa yang mengatakan bahwa kopi buat fokus jadi lebih tajam. Itulah mengapa orang-orang yang terbiasa menenggak kafein akan cenderung blah-bloh saat sehari saja mereka tidak minum kopi.

Terbukti dengan menjamurnya kedai kopi di banyak tempat termasuk ke daerah-daerah yang kecil menunjukan bahwa kini penikmat kopi semakin meningkat dengan maif. Apalagi kehadiran drama-drama Korea dan film-film luar yang seringkali menyuguhkan kebiasaan menyantap kopi seolah mempengaruhi meningkatnya pada penikmat kopi di tanah air. Meski sebagian menikmati kopi dengan alasan memang benar-benar senang dengan rasa dan aroma kopi asli. Sebagian lagi punya alasan karena ingin menikmati sensasi seperti yang ada di film atau drama.

Baca Juga:

Alhasil kopi yang hadir saat ini dibuat dengan begitu beragam. BUkan hanya kopi dalam bentuk suguhan asli yang pekat dengan rasa yang pahit khas. Namun untuk bisa diterima dikalangan mereka yang menikmati kopi karena terbawa arus akhirnya kopi dengan campuran banyak gula dan krim pun dihadirkan.

Namun tahukah anda  rupanya menikmati kopi setiap hari akan dapat berisiko untuk kesehatan. Apalagi anda yang seringkali menikmati kopi dengan campuran gula dan pemanis yang terlalu banyak. Apa saja sih bahaya minum kopi setiap hari? Mari simak informasi penting ini terutama bagi anda para kopi maniak.

bahaya-minum-kopi-setiap-hari.jpg

Bahaya Jika Kopi Diminum Tiap Hari

Banyak studi telah melakukan pengamatan terhadap kopi untuk kesehatan tubuh. Seorang pakar kesehatan menjelaskan bahwa biji kopi mengandung banyak senyawa antioksidan yang dapat membantu mencegah berbagai macam ancaman penyakit seperti halnya penyakit liber, penyakit Parkinson dan demensia pada seseorang.

Namun rupanya dibalik manfaatnya yang banyak, ternyata kopi pun mendatangkan efek samping yang cukup berbahaya untuk kesehatan tubuh. Apa sajakah bahaya tersebut? Informasinya bisa anda simak di bawah ini.

Gangguan Aktivitas Sehari-Hari

Selain aromanya yang khas, banyak orang jatuh cinta dengan rasa kopi yang pahit namun unik sehingga membuat candu yang terasa begitu manis. Alasan lain yang membuat banyak orang menyantap kopi adalah untuk menghilangkan rasa kantuk dan menjadi doping untuk tubuh mereka sehingga mereka menjadi lebih fokus dan siap menghadapi banyak hal terutama dengan pekerjaan hariannya.

Ya, kopi dengan kandungan kafein yang tinggi memang mampu meningkatkan kewaspadaan sehingga otak dipacu untuk lebih fokys dan pekerjaan akan cenderung menjadi lebih produktif. Akan tetapi, sayangnya bahaya dari minum kopi apabila dinikmati setiap hari akan memunculkan kegelisahan dan kecemasan pada si penikmatnya. Terutama pada saat kopi dinikmati di waktu yang salah seperti halnya sore hari atau pada saat malam hari.

Seseorang yang menyantap kopi pada waktu yang salah mungkin mereka bisa terpacu untuk tetap bekerja dengan fokus dan menghasilkan banyak karya dibandingkan dengan orang lain yang terlelap diwaktu tersebut. Akan tetapi, hasil yang akan anda dapatkan adalah ketika anda tertidur anda akan mungkin bangun dalam keadaan kelelahan. Hal ini dikarenakan tubuh anda terlalu diforsir untuk tetap berenergi dan bertenaga pada saat waktu biologis anda sudah tiba.

Selain itu, karena sugesti kopi membuat orang lebih bertenaga dan focus inilah seringkali seseorang merasa kelabakan pada saat satu hari saja mereka tidak menenggak minuman berkafein ini. Padahal sebenarnya dalam beberapa waktu ketika waktu tidur malam mereka sudah cukup dan tubuh mereka bugar tanpa kopi pun mereka mampu melewati hari-harinya dengan baik.

Menimbulkan Candu

Bak seperti merokok, mengenggak kopi pun sama-sama menimbulkan kecanduan. Tidak bila anda hanya mengkonsumsi kopi satu atau dua kali saja dalam beberapa saat. Namun lain halnya ketika anda sudah mulai bisa menikmati rasa dan sensasi dari kopi itu sendiri. Perlahan anda akan mulai merasakan seperti hari-hari anda belum lengkap tanpa asupan kafein ini.

Ketika kebiasaan minum kopi terlewat satu hari saja maka tubuh akan langsung menunjukkan gejala 'penarikan kafein'. Biasanya beberapa gejala ini ditunjukan dengan kondisi sakit kepala, mood yang berantakan dan perasaan seperti bingung.

Pada dasarnya kopi menjadi minuman yang baik apabila anda bisa mengkonsumsinya di waktu yang tepat dan perhatikan pula takaran kopi yang anda buat. Sebaiknya tidaklah terlalu pekat karena dosis kafein yang terlalu tinggi akan membuat anda terbiasa dengan dosis tersebut. Selain itu, dosis pada kafein biasanya meningkat dimana bila anda terbiasa dengan asupan kafein yang banyak pada secangkir kopi maka nantinya bila anda diberikan dosis rendah anda akan merasa seperti belum menyantap kopi.

Mengancam Kesehatan Lambung

Para penikmat kopi mungkin sudah tidak asing dengan sensasi lidah yang terasa asam setelah secangkir kopi yang mereka nikmati habis. Mulut yang sebelumnya terasa begitu nikmat akan perlahan berubah menjadi perasaan asam yang tidak nyaman.

Namun demikian seringkali kita menganggapnya sebagai hal yang wajar dan normal. Akan tetapi, ini menjadi sinyal bagi tubuh bahwa asupan kafein ke dalam tubuh anda berpengaruh terhadap sistem pencernaan anda yakni bagian lambung anda.

Terutama bagi anda yang punya riwayat penyakit lambung sebaiknya jangan biasakan menyantap kopi dengan terlalu sering. Karena kopi yang anda asup ke dalam tubuh akan mungkin membuat asam lambung naik ke permukaan dan ini akan tentu menyebabkan kondisi yang tidak nyaman terjadi.

Bukan hanya itu, anda yang yang punya kebiasaan menyantap kopi di pagi hari sebaiknya perhatikan kembali hal ini. Karena kebiasaan ini akan dapat menganggu sistem pencernaan dalam tubuh kita. Terutama ketika perut anda dalam keadaan kosong dan belum terisi dengan makanan atau minuman lainnya.

Tanpa adanya makanan yang mengganjal perut sebelum menyantap kopi membuat cairan asam lambung yang terlanjur keluar akan sulit dipakai untuk mencerna makanan. Akhirnya asam lambung tersebut pun akan menggenang di bagian lambung anda. Cairan bersifat korosif ini perlahan akan dapat mengikis permukaan lambung anda bila anda terbiasa menyantap kopi setiap pagi sebelum menyantap makanan.

Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung Pada Orang Tertentu

Anda mungkin sedikit mengerinyitkan dahi pada saat bahaya minum kopi yang satu ini disertakan dalam daftar kali ini. Karena mungkin selama ini yang anda pahami adalah kopi justru baik untuk kesehatan jantung.

Ya, kopi memang baik untuk jantung namun tdak semua jenis kopi akan berdampak sama baiknya. Kopi yang baik untuk jantung adalah jenis kopi murni yang dinikmati tanpa bahan tambahan lainnya seperti gula, krim atau susu dan bahan campuran lainnya. Sebaliknya, jenis kopi yang berbeda bukan hanya akan menyebabkan masalah jantung namun permasalahan kesehatan lainnya pun dapat terjadi.

Dalam sebuah studi terkenal dilakukan uji coba terhadap dua cangkir kopi yang seringkali dinikmati seseorang setiap harinya menunjukan risiko terhadap peningkatan penyakit jantung.

Risiko ini kemungkinan besar terjadi pada mereka yang mengalami mutasi genetik tertentu. Mutasi gen tersebut dapat membuat proses pemecahan kafein di dalam tubuh berjalan dengan sangat lambat sehingga memicu gangguan kesehatan lainnya. Anda mungkin perlu mengkonsultasikan masalah ini dengan dokter pada saat anda menjumpai gejala yang janggal setiap kali anda selesai menyantap kopi.

Obesitas Karena Jenis Kopi Tertentu

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, menyantap kopi sebenarnya tidak masalah hanya saja anda perlu memperhatikan kapan waktunya dan seperti apa jenis kopi yang anda santap juga takarannya. Selama anda menyantap kopi dalam jumlah yang biasa saja dan tidak dicampur dengan tambahan lainnya maka hal ini tidaklah menjadi masalah. Apalagi bila secara kesehatan lambung anda tidak punya keluhan apapun maka ini berkah untuk anda bisa menyantap minuman berkafein ini namun tetap dalam batasan tertentu.

Hanya saja, sayangnya belakangan ini banyak orang menyebut "menyantap kopi" mereka namun pada akhirnya malah berujung dengan obesitas atau kegemukan yang berlebihan.

Ketika penyebabnya disebutkan dari kopi lantas mereka menolak karena minuman ini sudah terlanjur menjadi kecintaannya. Kopi murni tanpa campuran apapun memang mampu menjaga berat badan dengan baik. Namun kopi yang dicampur dengan banyak gula, krimer dan bahan pemanis lainnya inilah yang membuat kenaikan berat badan terjadi dengan mudah.

Apalagi bila anda menikmatinya setiap hari maka ini ibaratkan seperti bom waktu yang terus menerus berdetik tanpa anda sadari dimana kapan saja anda akan merasakan keluhan dari kegemukan yang dirasakan.

Oleh karenanya perhatikan dengan baik jenis kopi yang anda santap dan konsumsi. Selain jangan terlalu sering, jenis kopi yang anda nikmati pun sebaiknya diperhatikan dengan baik. Hindari terlalu sering menyantap kopi yang terlalu manis sebab hal ini akan berbahaya untuk kesehatan anda.

Masalah Pada Gigi dan Gusi

Selain merusak lambung, bagian lain dalam tubuh yang ikut terpengaruhi akibat anda mengkonsumsi kopi setiap hari adalah bagian gigi dan gusi. Pada umumnya kebanyakan kopi yang dinikmati memiliki kandungan gula dan tanin yang begitu tinggi.

Perlu diketahui bahwa kedua bahan ini akan dapat mengikit bagian pelindung alami permukaan gigi anda yang disebut dengan enamel. Ketika kondisi ini terjadi maka mungkin gigi berlubang akan mudah terjadi dan sulit dihindari.

Bukan hanya itu, imbas dari mengkonsumsi kopi terlalu sering adalah kopi menyebabkan gigi berubah menjadi kuning. Selain itu, konsumsi kopi pun membuat plak semakin lengket menempel pada gigi. Bisa dibayangkan gigi kuning dengan tumpukan plak akan tentu membuat siapa saja merasa tidak percaya diri dengan kondisi ini.

Terutama anda yang seringkali bertemu dengan banyak orang dan bergaul bersama dengan public. Keluhan pada gigi semacam ini akan tentu menurunkan rasa percaya diri anda dan membuat anda enggan untuk membuaka mulut anda dengan lebar sebab khawatir orang lain mendapati penampakan gigi anda yang kurang menarik.

Jadi demikian, daripada anda mempertaruhkan risiko kecantikan dan kesehatan gigi anda. Alangkah lebih baik jika mengontrol asupan kopi ke dalam tubuh anda. Jangan santap kopi terlalu sering apalagi sampai setiap hari perhatikan pula takarannya agar tidak terllau banyak.

Lalu Bagaimana Sebaiknya?

Anda yang terlanjur senang menikmati kopi dan sudah terbiasa menikmati kopi bukan berarti anda harus meninggalkan kebiasaan ini dengan menyiksa diri anda seketika berhenti menikmati kopi. Anda tetap dapat menikmati kebiasaan ini namun kali ini dengan memperhatikan rambu-rambu dalam menikmati kopi yang lebih sehat dan lebih tepat. Hal ini tentu saja dilakukan demi meminimalisir efek buruk yang mungkin ditimbulkan dari kebiasaan yang satu ini.

Lantas apa saja sih rambu-rambu dalam menikmati kopi yang baik dan benar? Di bawah ini adalah informasi yang akan dapat anda simak dengan mudah.

Perhatikan Jenis Kopi Anda

Saat ini banyak orang yang tidak memahami esensi dari kopi yang sebenarnya. Karena tidak semua penikmat kopi adalah orang yang datang karena alasan benar-benar menikmati rasa dari kopi original. Lantas membuat kesalah pahaman penikmat kopi dihantui dengan ancaman yang buruk. Padahal, kopi yang asli bila dinikmati banyak mendatangkan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Anda yang ingin menyantap kopi sebaiknya perhatikan jenis kopi yang anda konsumsi. Bila kopi yang anda nikmati adalah jenis kopi asli yang dicampur bersama dengan air saja tanpa campuran bahan lain maka inilah jenis kopi sehat yang akan baik untuk kesehatan anda.

Sebaliknya bila hidangan dalam cangkir yang anda sebut terdiri dari campuran 70% gula, 10% air dan sisanya adalah kopi. Maka anda tidak bisa menyebut ini kopi sebab dilihat dari komposisinya saja persentase kopi yang anda nikmati hanyalah dalam jumlah kopi. Ini adalah campuran gula dan krimer yang akan membuat tubuh anda mengalami banyak masalah saat anda menyantapnya terlalu sering. Masalah seperti obesitas, diabetes dan permasalahan gigi lainnya mungkin terjadi saat anda seringkali menyantap kopi jenis ini.

Pilih Waktu Terbaik Menyantap Kopi

Selain jenis kopi, pemilihan waktu yang tepat pun menjadi hal penting yang harus anda perhatikan dengan baik. Hindari menyantap kopi di pagi hari pada saat anda belum menyantap makanan pengganjal apapun sebab ini akan dapat memunculkan masalah lambung yang berbahaya. Santaplah sarapan terlebih dahulu baik itu nasi maupun karbo dalam bentuk makanan lainnya. Setelah itu baru, santapan kopi pagi hari anda akan menjadi ritual yang aman untuk dilakukan.

Hindari pula menyantap kopi di atas jam 2 siang. Karena pada saat ini waktu menjelang sore dimana malam akan segera disambut. Menyantap kopi pada saat waktu ini membuat anda kesulitan untuk mendapatkan rasa nyaman tidur di malam hari. Sebab efek dari kafein masih dirasakan oleh tubuh anda. Yang anda tubuh anda akan terus menerus meminta anda untuk beraktivitas. Bila hal ini menjadi kebiasaan yang dilakukan secara berulang maka mungkin anda akan terjebak menjadi seorang insomnia.

Lalu kapankah waktu terbaik menyantap kopi? Jam yang tepat adalah saat siang hari dimana ketika waktu ini anda sedang dalam jam-jam mengantuk. Jam 11 adalah waktu yang pas untuk membuat stamina anda kembali segar dan anda siap untuk dihadapkan pada banyak aktivitas selanjutnya.

Perhatikan Jumlahnya

Memperhatikan asupan kafein dari kopi ke dala tubuh menjadi hal penting yang harus anda jaga dengan baik. Karena dampak dari kafein biasanya bertingkat ketika anda terbiasa menikmati kafein dalam jumlah yang banyak perlahan dosis tersebut akan terus meningkat karena dosis sebelumnya terasa kurang pas untuk anda dan seterusnya begitu.

Terlalu banyak mengkonsumsi kafein tentu tidak baik untuk kesehatan. Maka dari itu, perhatikan asupan kafein yang direkomendasikan yakni sekitar 400 mg untuk orang dewasa atau takaran ini sama dengan 2 sampai dengan 3 cangkir kopi hitam dalam sehari.

Loading...

Loading...