Selama menjalankan ibadah puasa, asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi tentu tidak seperti pada saat anda tidak berpuasa. Kurangnya asupan makanan dan minuman selama puasa bisa mungkin membuat kebutuhan gizi dan vitamin didalam tubuh tidak terpenuhi dengan baik. Salah satunya adalah kebutuhan vitamin C untuk tubuh. Sebagaimana kita ketahui bahwa kebutuhan vitamin C untuk tubuh adalah hal penting yang dibutuhkan.

Manfaat dari vitamin C salah satuanya adalah untuk daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang terjaga dengan baik akan menghindarkan tubuh dari kondisi mudah sakit. Hanya saja, biasanya waktu makan terbatas pada saat puasa membaut asupan nutrisi dan vitamin kedala tubuh menjadi terkendala.

Baca Juga:

Untuk itulah, asupan makanan sehat selama puasa menjadi hal penting yang perlu untuk senantiasa anda perhatikan dengan baik. Nah, dibawah ini adalah beberapa aneka pilihan sayur dan buah untuk menu sahur dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Yang mana tentunya penting sekali untuk anda sertakan pada menu makan sahur anda bersama dengan keluarga.

 

Sayur dan Buah Untuk Menu Sahur dengan Kandungan vitamin C yang Tinggi

Vitamin C atau asam askorbat merupakan salah satu bagian yang penting dibutuhkan oleh tubuh. Manfaat dari vitamin C selain untuk menjaga daya tahan tubuh, pun bermanfaat sebagai antioksidan yang bertugas dalam melindungi kerusakan sel-sel didalam tubuh akibat dari adanya paparan radikal bebas.

Selain mengkonsumsi asupan vitamin C dari makanan sehat, asupan ini pun bisa didapatkan dari menginjek secara langsung kedalam tubuh. Hanya saja, tidak semua orang akan dapat melakukan hal ini dengan baik. Sebab mungkin injeksi vitamin C kedalam tubuh biasanya memerlukan biaya yang besar.

Sementara itu, untuk anda yang membutuhkan asupan nutrisi dan vitamin C selama puasa tidak ada salahnya menyertakan beberapa menu makanan ini khususnya pada saat sahur.

Jambu Biji

Selama ini kita mungkin kenali bahwa buah yang memiliki kandungan vitamin C yang banyak adalah buah jeruk. Akan tetapi, disamping itu jambu biji pun memiliki kandungan vitamin C yang tak kalah dari buah berwarna orange yang sering anda konsumsi. Ada sekitar 108 gram kandungan vitamin C dari setiap 100 gram jambu biji yang dikonsumsi. Takaran ini bahkan disebut-sebut lebih banyak ukurannya dibandingkan dengan yang ada pada buah jeruk.

Kandungan vitamin C yang ada pada jambu biji akan sangat bermanfaat untu menjaga sistem kekebalan tubuh dengan baik. Selain itu, manfaat dari vitamin C yang terpenuhi dalam tubuh adalah menghindarkan inflamasi yang mudah terjadi. Jadi demikian, untuk anda yang memiliki keluhan seperti sariawan atau panas dalam maka konsumsi buah yang satu ini akna sangat bermanfaat untuk anda.

Selain dikonsumsi secara langsung dalam bentuk bulatan buah jambu yang polos. Anda pun akan tentu dapat menyajikan buah jambu dalam bentuk jus sehingga pada saat dikonsumsi ketika sahur akan lebih mudah dicerna dan lebih nikmat untuk dikonsumsi.

Terutama untuk anak-anak yang masih dalam usia sekolah juga dalam masa yang yang aktif-aktifnya. Maka asupan vitamin C dari buah yang satu ini akan penting untuk mereka dapatkan. Selalu perhatikan asupan makanan mereka dengan baik ya bu.

Apel

Bukan hanya buah diatas, jenis buah lain yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang baik dikonsumsi selama bulan puasa adalah buah apel. Buah apel tentunya bukan buah yang asing untuk masyarakat tanah air. Kita bisa dengan mudah mendapatkan buah yang satu ini di toko buah ataupun di swalayan.

Adapun jenis apel yang memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi adalah apel merah dan apel hijau. Kandungan vitamin C pada 100 gramb buah apel yang dikonsumsi saat sahur memberikan sebanyak 5 mg vitamin C untuk tubuh.

Asupan vitamin ini akan baik untuk menjaga kesegaran tubuh selama puasa. Sebab meski tidak makan banyak pada siang hari bukan berarti tubuh harus terus menerus terasa lemas.

Buah apel dapat anda sajikan dalam bentuk salad atau potongan plain untuk si kecil. Bukan hanya asupan buah yang penting untuk diperhatikan namun menu makan sahur pun sebaiknya dipilih dengan selektif.

Jangan pilih makanan cepat saji hanya karena mudah menyajikannya. Usahakan untuk mengolah makanan segar dari bahan-bahan yang berkualitas. Apalagi bila anda adalah seorang pekerja yang menjalankan rutinitas normal setiap harinya. Maka untuk menjaga tubuh anda tetap segar dan bugar, asupan makanan yang bernutrisi adalah hal penting yang perlu untuk diperhatikan dengan baik.

Pepaya

Sebagai negara tropis, pepaya adalah salah satu tumbuhan hasil alam yang mudah untuk ditemui di Indonesia. Hal ini tentu menjadi kabar baik untuk anda yang membutuhkan asupan vitamin yang banyak selama puasa. Sebab buah pepaya akan dapat dengan mudah anda sajikan selama bulan puasa dan bulan-bulan lainnya.

Penting diketahui bahwa asupan vitamin C yang terpenuhi dengan baik selama puasa selain dapat menjaga daya tahan tubuh dengan baik. Pun akan dapat menjaga tubuh untuk tetap segar menjalani berbagai aktivitas selama puasa. Apalagi untuk anda yang dituntut untuk tampil menarik dan selalu fresh selama puasa. Maka tentunya, asupan nutrisi vitamin yang satu ini menjadi hal penting yang perlu untuk diperhatikan dengan baik.

Selain kandungan vitamin A yang begitu tinggi pada buah pepaya, buah ini pun memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak. Dari sekitar 157 gram buah pepaya didalamnya terkandung sekitar 95.7 mg vitamin C.

Selain itu, manfaat lain dari mengkonsumsi buah pepaya selama puasa adalah melancarkan pencernaan. Seperti yang kita ketahui masalah pencernaan adalah permasalahan yang umum terjadi selama puasa.

Nah, dengan konsumsi buah yang satu ini diharapkan puasa yang anda jalani bisa lancar dan tetap terasa nyaman. Buah pepaya tentu bisa anda sajikan dalam bentuk potongan buah yang sebelumnya dimasukkan atau didinginkan dalam lemari es untuk memberikan rasa yang lebih mantap dan lezat pada sajian yang satu ini.

Strawberry

Strawberry merupakan salah satu buah yang hadir dari kelompok buah beri. Kandungan vitamin C yang ada dalam setiap 100 gram vuah strawberry mengandung sebanyak 83 mg vitamin C. Kandungan ini akan bermanfaat dalam mencegah radikal bebas, mengurangi peradangan dan juga mengurangi resiko penyakit kanker. Sementara itu, selama bulan puasa asupan vitamin C dari buah strawberry akan sangat baik dalam menjaga daya tahan tubuh.

Kurangnya asupan makanan dan cairan selama bulan puasa bisanya membuat gangguan kesehatan mudah sekali terjadi. Belum lagi, cuaca yang terik selama puasa membuat tubuh mudah sekali terpapar masalah kesehatan. Nah, itulah pentingnya asupan vitamin dan nutrisi kedalam tubuh untuk menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Konsumsi buah stroberi akan dapat anda sajikan dengan banyak variasi, baik itu disantap secara langsung atau disajikan dalam bentuk jus. Hanya saja, ketika mengolah buah stroberi dalam bentuk variasi minuman dan olahan lainnya sebaiknya jangan terlalu banyak memberikan bahan campuran. Sebab mungkin campuran tersebut akan mengurangi kandungan vitamin C yang ada didalamnya.

Markisa

Buah lain yang akan dapat anda konsumsi untuk dijadikan menu hidangan sahur adalah buah markisa. Sajian buah ini adalah buah dengan bentuk yang bulat dan isian berupa biji dengan tekstur kental didalamnya. Meskipun buah markisa didominasi dengan rasa masam yang khas. Namun ternyata kandungan vitamin C didalamnya begitu tinggi dan baik untuk kesehatan.

Salah satu manfaat dari menyantap buah markisa adalah nutrisi dari buah ini baik sekali untuk anda yang sedang melakukan diet sehat selama bulan puasa. Ada sekitar 72 mg kandungan vitamin C dari sritap 100 gram buah markisa yang dikonsumsi. Bukan hanya itu, buah markisa pun memiliki kandungan seray yang tinggi dan kalori serta protein.

Itulah mengapa bahan buah ini akan sangat penting untuk anda sertakan pada menu buah untuk dikonsumsi saat sahur. Bila anda merasa enggan menyantap buah markisa karena rasa asamnya yang dominan maka tidak ada salahnya menambahkan madu kedalamnya.

Caranya adalah dengan mencampurkan buah markisa kedalam gelas dan masukkan madu sebanyak 1 sendok makan kedalamnya. Lalu aduk-aduk secara merata semua bahan ini secara merata. Untuk memberikan rasa yang enak maka anda bisa memasukkan sajian ini kedalam lemari es baru setelah itu nantinya anda akan menikmatinya usai menyantap makan sahur.

Jeruk

Sudah bukan hal yang asing bahwa buah dengan bentuk orange yang satu ini memiliki kandungan vitamin C yang begitu tinggi. Buah jeruk adalah salah satu jenis buah yang seringkali mudah ditemukan sebab jenis buah ini adalah salah satu buah yang sering dikonsumsi sehari-hari. Anak-anak dan orang dewasa suka dengan buah yang satu ini.

Dan rupanya, kandungan buah yang satu ini memang baik untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan vitamin C yang begitu banyak. Sehingga demikian, untuk disajikan sebagai menu sahur sajian buah yang satu akan sangat cocok untuk anda sajikan. Hanya saja, tidak semua sajian jeruk memiliki rasa manis yang sama. Jadi demikian, mungkin anda akan butuh memilih jeruk dengan lebih selektif.

Agar anda tidak kesulitan untuk menyantap sajian ini maka sebelumnya, pastikan anda selalu menyertakan sajian ini di rumah. Minimal sertakan di lemari es sebagai persedian buah yang dapat anda santap baik sebagai makan sahur atau untuk menemani buka puasa anda.

Kubis

Meskipun tidak banyak orang yang tidak suka dengan kubis sebab rasanya yang sedikit khas dari sajian ini. Akan tetapi, sayur yang satu ini akan memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan dalam 100 gram kubis mengandung sekitar 92.6 mg vitamin C. Bahkan katanya, mengkonsumsi kubis dan menyeratakan bahan ini kedalam konsumsi menu harian akan dapat memenuhi kebutuhkan serat sekitar 5 gram, 50 kalori serta 3.76 gram protein.

Kubis adalah bahan sayuran yang akan dapat anda olah dengan banyak varian dengan rasa yang berbeda. Termasuk untuk anda yang hendak menyajikan menu makan sahur maka sajian ini akan dapat anda olah dengan aneka ragam masakan. Salah satunya seperti ditumis dan dicampur dengan daging yang kaya akan protein atau ditambah dengan bahan lainnya.

Brokoli

Sekilas bahan sayur yang satu ini mungkin mirip dengan kembang kol. Akan tetapi, warna hijau pekat pada brokoli adalah pembeda antara sayuran ini dengan sayuran lainnya. Brokoli mungkin menjadi salah satu jenis sayuran yang kurang disukai banyak orang sebab rasanya yang hambar. Selain itu, bentuk brokoli yang seperti rambut gimbal berwarna hijau menjadikan bahan sayuran ini kurang diminati banyak orang.

Akan tetapi, jangan salah ternyata dibalik rupanya yang kurang menarik brokoli memiliki kandungan vitamin C dan serat yang tinggi. Serat akan baik untuk melancarkan pencernaan. Katanya dalam 100 gram brokoli terdapat 49 mg kandungan vitamin C dan 3 gram serat bersama dengan 23 kalori dan 1.76 protein.

Dengan demikianlah, bahan yang satu ini amat baik untuk kesehatan dan dianjurkan untuk dijadikan menu makan sahur yang sehat. Olahan brokoli akan dapat anda jadikan sebagai sajian sup atau mungkin yang mudah ketika sahur adalah dengan cara menumisnya.

Sertakan bumbu sesuai dengan selera dan bila anda kurang suka menyantap brokoli yang polos maka berikan tambahan seperti daging cincang atau bahan tambahan lainnya. Yang terpenting sajikan bahan makanan ini dengan olahan yang enak dan sedap untuk menceriakan makan sahur anda nanti.

Labu Kuning

Lain halnya dengan brokoli yang lebih banyak dihindari, labu kuning biasanya banyak disukai. Hal ini dikarenakan tekstur dari labu kuning yang lembut dengan rasanya yang manis membuat banyak orang gemar menyantap sajian yang satu ini. Dan kabar gembira untuk anda para penikmat labu kuning sebab rupanya kandungan nutrisi dalam buah atau sayur yang satu ini baik sekali untuk kesehatan.

Dalam 100 gram labu kuning terdapat kandungan sebanyak 23 mg vitamin C. Bukan hanya itu, adapula kandungan serat, kalori dan protein didalamnya. Yang tentunya nutrisi yang satu ini akan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, ada banyak cara pengolahan untuk labu kuning yang akan dapat anda lakukan.

Seperti diantaranya dikukus dan dimakan polos, atau mungkin dijadikan masakan yang dicampur dengan bahan lainnya. Pastikan menu yang anda buat untuk makan sahur nanti adalah sajian yang anda sukai agar demikian anda tidak akan merasa terbebani untuk menyantap sajian yang satu ini.

Paprika Hijau

Dibandingkan dengan paprika merah, paprika hijau mungkin tidak terlalu popler. Akan tetapi, ada kandungan vitamin C dan nutrisi baik lainnya dalam sayuran yang satu ini yang tentunya baik untuk kesehatan kita. Dalam sebanyak 50 gram paprika hijau ditemukan sekitar 56,5 gram kandungan vitamin C.

Selain itu, bahan yang satu ini pun memiliki kandungan serat yang baik untuk tubuh. Manfaat dari mendapatkan asupan serat yang cukup kedalam tubuh adalah melancarkan pencernaan. Jadi demikian, asupan yang satu ini sangat bermanfaat baik untuk tubuh anda.

Demikianlah beberapa informasi mengenai jenis sayur dan buah dengan kandungan vitamin C yang baik untuk menu sahur anda. Dengan demikian, pilihan menu sayur diatas bersama dengan buah yang kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi akan tentu memudahkan anda untuk bisa menentukan jenis buah dan sayur apa yan perlu anda konsumsi selama puasa.

Loading...