Atasi Bau Badan Tidak Sedap dengan Beberapa Makanan Ini - Memiliki masalah dengan bau badan tentu sangat merugikan untuk setiap orang, baik bagi pria maupun wanita. Bau badan akan membuat orang di sekitar merasa tidak nyaman, di samping itu akan membuat rasa percaya diri menurun.

Ada orang yang menyadari akan bau badannya, namun ada juga yang tidak menyadarinya. Bau badan muncul saat bakteri pada tubuh bertemu keringat yang umumnya tidak memiliki aroma atau bau. Keringat dijadikan media untuk bakteri berkembang. Kemudian bau pada badan akan muncul yang merupakan hasil dari pemecahan keratin oleh bakteri di permukaan kulit. Selain itu, makanan juga dapat ikut mempengaruhi bau badan. Dimana makanan yang anda konsumsi dapat membuat bau badan anda semakin kuat.

Baca Juga:

Untuk mengatasi bau badan, anda harus memperhatikan makanan yang anda konsumsi, serta melakukan perawatan yang tepat. Diketahui ada beberapa makanan yang dapat membantu mengatasi bau badan tidak sedap. Adapun beberapa makanan yang berkhasiat mengatasi bau badan yaitu seperti berikut.

Atasi-bau-badan-yang-tidak-sedap-dengan-makanan-ini-1.jpg

Cara Mengatasi Bau Badan dengan Konsumsi Makanan Ini

Makanan yang dikonsumsi dapat mempengaruhi aroma tubuh. Jika anda sering mengonsumsi makanan beraroma tajam, tidak menutup kemungkinan badan anda akan berbau. Sebaliknya, terdapat beberapa makanan yang dapat mengatasi masalah bau badan. Penasaran apa saja makanan yang dimaksud? Untuk mengetahuinya anda bisa simak pada pembahasan di bawah ini.

Makanan dengan Kandungan Serat yang Tinggi

Makanan pertama yang dapat membantu mengatasi bau badan tidak sedap yaitu makanan dengan kandungan serat yang tinggi. Bagi anda yang ingin terhindar dari masalah bau badan, sebaiknya anda mengonsumsi banyak makanan yang tinggi serat. Selain sayuran hijau, ada banyak makanan lainnya yang mengandung serat. Beberapa makanan yang dimaksud di antaranya yaitu buah-buahan dan aneka sayuran berwarna seperti misalkan wortel. Makanan tersebut dapat membantu menghilangkanbau badan membandel.

Makanan yang kaya akan kandungan serat dapat membantu menghilangkan bau badan sebab dapat mendetoksifikasi dengan alami dalam tubuh. Sehingga tubuh tidak harus mengeluarkan zat atau racun yang dapat menyebabkan bau badan karena keringat. ( Baca juga : Cara Melembutkan Rambut Kaku )

Sayuran Hijau

Selain makanan dengan kandungan serat yang tinggi, sayuran hijau juga dapat membantu mengatasi bau badan yang tidak sedap. Kini bau badan tidak sedap bisa anda atasi dengan mengonsumsi sayuran hijau. Selain itu, sayuran hijau juga memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan.

Berdasarkan sebuah penelitian menyatakan, pria yang mengonsumsi buah-buahan dan sayuran memiliki aroma badan yang lebih sedap. Nah,  sayuran hijau menjadi salah satu makanan yang bisa membantu mengatasi bau badan tidak sedap, terlebih lagi untuk bagian bawah tubuh. Sayuran hijau berkhasiat mengatasi bau badan karena klorofil yang terkandung di dalamnya. Klorofil itu sendiri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, dimana salah satunya yaitu menetralkan zat yang dapat membuat bau badan.

Minuman Herbal

Makanan dan minuman yang terbuat dari bahan-bahan herbal dipercaya dapat membantu menghilangkan bau badan. Bahan-bahan herbal mengandung anti bakteri sehingga efektif dalam mengatasi bau badan tidak sedap. Pertumbuhan bakteri pada tubuh akan dihentikan dengan kandungan anti bakteri yang terkandung pada bahan-bahan herbal.

Bahan-bahan herbal dipercaya efektif mengatasi bau badan tidak sedap karena salah satu hal yang menyebabkan bau badan tidak sedap yaitu bakteri.  Selain itu, minuman herbal yang terbuat dari teh juga bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan. Sistem pencernaan anda akan bersih dari berbagai racun atau zat berbahaya.

Buah-Buahan Citrus

Buah-buahan citrus seperti lemon, jeruk, jeruk bali dapat membantu membuat aliran air dalam tubuh meningkat. Hal itu bermanfaat untuk mengurangi racun ataupun zat dalam tubuh yang dapat menyebabkan bau badan. Selain beberapa makanan di atas, mengonsumsi buah-buahan citrus juga dapat anda lakukan untuk membantu menghilangkan bau badan tidak sedap.

Hanya saja, jika anda kurang suka mengonsumsi buah-buahan secara langsung, selain itu karena rasa asam yang ditimbulkan yang membuat anda tidak suka mengonsumsi buah-buahan tersebut, maka untuk mensiasatinya anda bisa mengonsumsi buah-buahan tersebut dalam bentuk olahan seperti air lemon atau jus jeruk. Jika anda rutin mengonsumsi buah-buahan ini maka bau badan akan dapat di atasi dengan efektif.

Parsley & Peppermint

Perpaduan antara kedua bahan ini akan menghasilkan aroma yang sedap dan segar. Selain dapat menjadikan aroma tubuh lebih wangi, kedua bahan ini akan membantu menghilangkan bau mulut. Sama seperti bau badan, bau mulut juga akan membuat kita merasa tidak percaya diri.

Nah, untuk mengatasi bau badan yang tidak sedap dengan kedua bahan ini, caranya cukup mudah. Anda dapat mengkombinasikan kedua bahan ini pada makanan yang anda konsumsi. Seperti misalkan, anda bisa mengolah kedua bahan ini menjadi salad.

Biji-Bijian dan Kacang-Kacangan

Semua biji-bijian dan kacang-kacangan mengandung serat yang cukup tinggi. Diketahui biji-bijian dan kacang-kacangan dapat membantu menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Kandungan serat pada biji-bijian dan kacang-kacangan dapat membantu proses pengeluaran senyawa yang menyebabkan bau badan lebih cepat, yang berasal dari makanan yang dikonsumsi.

Seledri

Sayuran yang biasa kita temukan pada sop ini ternyata juga dapat membantu menghilangkan bau badan. Seledri menjadi diuretik yang di dalamnya terkandung nutrisi seperti potassium, vitamin K, fitronutrien dan potassium yang dapat melawan bau tidak sedap, caranya dengan mengeluarkan racun dan toksin dalam tubuh.

Sayuran berwarna hijau dan memiliki aroma yang khas ini dapat menstimulasi hati untuk membuang racun yang menjadi penyebab bau badan melalui sistem pencernaan. Anda dapat menambahkan seledri pada makanan anda, seperti sop dan lain sebagainya.

Apel

Apel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Rasanya yang lezat menjadikan apel sebagai salah satu buah yang disukai banyak orang. Pada buah apel terkandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Selain itu, buah apel juga diketahui dapat membantu mengatasi bau badan yang tidak sedap.

Buah apel mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat menghilangkan racun pada tubuh, serta mengurangi bau pada keringat. Tidak hanya itu, buah apel juga dapat memecahkan enzim yang terkandung dalam bawang putih yang dapat menyebabkan badan bau.

Ikan Putih

Bagi anda yang memiliki masalah bau badan, sebaiknya anda mengurangi konsumsi daging merah. Pada saat tubuh memecah protein pada daging merah, maka keringat dengan bau yang kurang sedap akan diproduksi oleh kulit. Anda dapat mengganti daging merah sebagai asupan protein dari ikan putih seperti ikan nila, cod dan halibut.

Kapulaga dan Kayu Manis

Kapulaga dan kayu manis adalah rempah yang sering digunakan pada makanan. Selain membuat cita rasa makanan menjadi lebih sedap, kedua bahan ini juga akan membuat aroma tubuh menjadi lebih segar. Untuk membantu mengatasi bau badan yang dialami, anda dapat menambahkan kedua bahan ini pada makanan anda.

Yogurt

Selanjutnya untuk menghilangkan bau badan anda dapat mencoba mengonsumsi yogurt. Dalam yogurt terdapat kultur aktif yang berperan untuk mengurangi senyawa sulfida yang menjadi penyebab  bau badan. Tidak hanya itu, vitamin D yang terkandung pada yogurt juga akan memerangi bakteri yang terdapat pada mulut sehingga bau mulut dapat dikurangi.

Air Putih

Atasi-bau-badan-yang-tidak-sedap-dengan-makanan-ini-2.jpg

Seperti yang kita ketahui, air putih memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Bahkan kita dianjurkan untuk minum air putih yang cukup setiap harinya.  Air putih menjadi minuman sehat yang dapat membantu tubuh untuk menghilangkan racun, termasuk racun yang menjadi penyebab bau badan.

Jahe

Jahe sering digunakan sebagai bumbu masakan. Pada jahe terkandung anti jamur dan anti bakteri yang bermanfaat untuk membasmi jamur dan bakteri yang menjadi penyebab bau badan. Pada jahe terkandung minyak kurkumen, resin dan gingerol yang dapat membuat aroma tubuh menjadi harum. Untuk mendapatkan manfaatnya anda bisa menggunakan air rebusan jahe.

Mentimun

Sayuran yang sering dijadikan sebagai lalapan ini selain bermanfaat untuk kecantikan kulit, juga bermanfaat untuk menghilangkan bau badan. Untuk mendapatkan manfaatnya anda bisa membuat mentimun menjadi jus.

Buah Mangga

Siapa yang tidak suka buah mangga? Rasanya yang manis dan segar sangat memanjakan lidah. Buah mangga juga bisa kita nikmati dengan berbagai cara, baik dikonsumsi secara langsung atau dibuat menjadi jus.  Di balik rasanya yang lezat buah mangga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah mangga juga diketahui dapat membantu menghilangkan bau badan.

Buah mangga mengandung vitamin seperti vitamin A, vitamin E dan vitamin C yang dapat membersihkan aliran darah, serta kelebihan panas badan dapat berkurang yang menjadi sumber bau badan. Mangga juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan yang menjadi salah satu penyebab bau badan.

Sebagai langkah sederhana untuk menghilangkan bau badan, memperhatikan makanan sehari-hari penting dilakukan. Untuk memaksimalkan usaha anda dalam menghilangkan bau badan, selain mengonsumsi beberapa makanan penghilang bau badan juga harus dibarengi dengan perawatan yang tepat.

Perawatan Mudah Untuk Menghilangkan Bau Badan

Tidak hanya mengonsumsi beberapa makanan di atas, anda juga dapat menghilangkan bau badan  dengan melakukan perawatan sederhana berikut ini.

Menggunakan Deodoran

Atasi-bau-badan-yang-tidak-sedap-dengan-makanan-ini-3.jpg

Menggunakan deodoran dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi bau ketiakbau ketiak. Deodoran yang mengandung alumunium dapat menutup pori-pori kulit dengan sementara. Sebenarnya saat anda menggunakan deodoran keringat tetap diproduksi, hanya saja lebih sedikit. Nah, jika keringat yang muncul pada permukaan kulit lebih sedikit, maka bau yang dihasilkan pun akan semakin berkurang.

Anda dapat menggunakan deodoran setelah mandi untuk mengatasi bau keringat atau mengontrol keringat anda. Selain itu, anda harus dengan teratur mencukur bulu ketika. Dengan begitu keringat akan lebih cepat menguap dan waktu untuk bakteri dalam memecah protein menjadi lebih sedikit sehingga tidak akan menyebabkan bau badan.

Memperhatikan Kebersihan Tubuh

Sangat penting untuk memperhatikan kebersihan tubuh agar selalu terhindari dari masalah kesehatan, termasuk masalah bau badan. Tubuh yang kebersihannya tidak terjaga akan dapat membuat kuman tumbuh pada kulit ketiak. Disarankan untuk mandi dengan rutin setiap harinya supaya pertumbuhan bakteri pada kulit dapat dihambat. Setelah anda berolahraga atau melakukan aktifitas fisik yang berat dan menyebabkan anda berkeringat, anda harus segera mandi.

Gunakan Pakain yang Nyaman

Anda sebaiknya jangan berada di tempat yang pengap dan panas agar produksi keringat berkurang. Dalam menggunakan pakaian, pilihlah pakaian yang nyaman dan longgar. Anda dapat memilih pakaian dari bahan nyaman seperti linen dan katun supaya keringat dapat lebih mudah diserap.

Anda harus mengganti pakaian kotor dengan pakaian yang bersih dalam setiap harinya, terlebih lagi jika pakaian yang anda gunakan telah terkena keringat. Selain itu, gunakan kaos dalam untuk mencegah supaya bau badan tidak menempel pada pakaian.

Menggunakan Sabun Antibakteri

Untuk menghilangkan bau badan dan bau ketiak yang tidak sedap, anda dapat menggunakan sabun anti bakteri untuk membersihkan badan.

Keringkan Badan dengan Benar

Setelah selesai mandi anda harus mengeringkan badan dengan benar. Anda harus memastikan area badan yang sering berkeringat sudah benar-benar kering. Bakteri yang menjadi penyebab bau badan akan sulit berkembang biak pada kulit yang kering.

Kurangi Makanan yang Dapat Penyebabkan Bau Badan

Beberapa jenis makanan dan minuman tertentu dapat menjadikan aroma keringat kurang sedap. Maka dari itu, sebaiknya anda menghindari beberapa jenis makanan tersebut. Nah, berikut ini ada beberapa makanan yang menjadi penyebab bau badan.

  • Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang kegunaannya jarang ditinggalkan. Bawah putih akan menjadikan rasa masakan semakin gurih dan enak. Hanya saja, di samping itu bawang putih juga dapat menyebabkan bau badan kurang sedap. Bawang putih mengandung suatu zat yang disebut dengan allicin. Meskipun zat ini memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan, namun di sisi lain zat ini akan dapat mempengaruhi aroma tubuh anda.

  • Makanan yang Mengandung Sulfur

Makanan yang mengandung sulfur juga diketahui dapat menyebabkan bau badan. Adapun beberapa makanan tersebut yaitu kembang kol, brokoli dan kol. Tubuh akan menyerap zat sulfur pada makanan tersebut, yang akan mengakibatkan jumlah keringat meningkat dan aroma karingat, serta napas anda terpengaruh.

  • Daging Merah

Berbagai olahan daging memiliki rasa yang lezat, sehingga tidak heran jika makanan berbahan dasar daging disukai banyak orang. Namun, mengonsumsi banyak daging merah justru tidak baik karena akan menyebabkan bau badan tidak sedap. Meskipun diketahui dapat menyebabkan bau badan tidak sedap, namun belum diketahui dengan pasti berapa jumlah konsumsi daging merah yang dapat menyebabkan bau badan.

  • Makanan Bercita Rasa Pedas

Bagi anda pecinta makanan pedas sebaiknya hati-hati, sebab makanan yang satu ini dapat menyebabkan bau badan tidak sedap. Kandungan kimia tertentu pada makanan pedas dapat masuk ke pembuluh darah yang akan mempengaruhi keringat dan napas anda. Setelah mengonsumsi makanan pedas biasanya tubuh akan mengeluarkan keringat.

  • Kafein dan Alkohol

Meminum kopi di pagi hari mungkin telah menjadi kebiasaan. Namun, demi kesehatan dan mencegah masalah bau badan, sebaiknya kurangi konsumsi kafein. Selain itu, hindari juga konsumsi alkohol karena dapat menyebabkan bau badan.

Nah, demikian beberapa makanan yang dapat mengatasi bau badan tidak sedap. Dengan dibarengi melakukan perawatan yang tepat, serta menghindari beberapa makanan penyebab bau badan, maka bau badan dapat berkurang. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...