Atasi Komedo dengan Daun KemangiDaun kemangi merupakan tumbuhan yang biasanya digunakan untuk memasak atau dijadikan lalapan. Daun kemangi bisa dengan mudah kita dapatkan, karena pertumbuhannya tidak mengenal musim serta tempat. Aroma dari daun kemangi sangatlah khas dan kuat. Aroma khas yang dihasilkan tersebut berasal dari kandungan sitrat yang terdapat pada buah dan daun kemangi.

Selain digunakan untuk bumbu memasak daun kemangi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan diantaranya yaitu, mengurangi bau badan, mengurangi bau mulut dan memperlancar ASI. Daun kemangi juga dipercaya ampuh dalam mengobata berbagai penyakit misalkan flu,sakit kepala, diare, gangguan ginjal, sembelit, masuk angin dan lainnya.

Baca Juga:

Selain manfaat diatas ternyata daun kemangi juga memiliki manfaat untuk kecantikan kulit. Daun kemangi ternyata ampuh dalam menghilangkan komedo. Menghilangkan komedo dengan memanfaatkan daun kemangi ini merupakan  salah satu cara yang alami, sehingga tidak akan menimbulkan efek samping apapun. (Baca juga: Obat jerawat)

Komedo merupakan salah satu masalah pada kulit wajah. Dengan adanya komedo tentu saja akan mengganggu kecantikan kulit wajah kita. Komedo merupakan kotoran pada wajah yang menyumbat pori-pori. Bentuk komedo sangatlah kecil dan kebanyakan komedo ini bersarang pada hidung. Meskipun sangat kecil tapi komedo biasanya membentuk sekumpulan dalam jumlah banyak sehingga akan jelas terlihat.

Memanfaatkan daun kemangi untuk mengatasi komedo sangatlah mudah. Anda tinggal menjadikan daun kemangi sebagai masker atau bisa saja dijadikan teh. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara membuat masker dan teh dari daun kemangi yang bisa anda jadikan sebagai obat untuk mengatasi jerawat. Nah, untuk lebih jelasnya lagi mari kita simak pembahasan dibawah ini.

Masker daun kemangi

Berikut cara membuat masker daun kemangi:

1.Cara yang pertama yaitu anda bisa menyiapkan daun kemangi yan masih segar, kemudian cuci hingga bersih.
2.Kemudian setelah daun kemangi dicuci haluskan daun kemangi tersebut, baik itu di blender maupun diulek.
3.Setelah daun kemangi halus, oleskan masker daun kemangi tersbut pada bagian wajah yang berkomedo. Biarkan masker tersebut menempel selama 20-30 menit agar kandungan yang ada pada daun kemangi meresap.
4.Kemudian setelah itu anda bisa membersihkan wajah anda menggunakan air hangat.

Selain untuk mengatasi komedo ternyata masker yang terbuat dari daun kemangi ini juga dapat membuat kulit wajah lebih cerah, segar dan sehat.

Teh daun kemangi

Selain dijadikan masker daun kemangi juga dapat juga dijadikan sebagai teh. Caranya yaitu:

1.Siapkan daun kemangi serta air mendidih sebanyak 1 cangkir.
2.Kemudian campurkan daun kemangi tersebut pada air yang mendidih tersebut, lalu diamkan selama 20 menit.
3.Setelah menunggu selama 20 menit, aduk  secara perlahan agar kandungan dari daun kemangi dapat keluar dan menyatu dengan air.
4.Selanjutnya anda bisa mengoleskan teh daun kemangi tersebut menggunakan kapas pada bagian wajah yang berkomedo.
5.Diamkan hingga teh tersebut kering diwajah anda, setelah itu bilas wajah anda menggunakan air.

Teh daun kemangi ini dipercaya dapat membunuh bakteri yang menyumbat pori-pori  yang merupakan pemicu timbulnya komedo.

Alternatif lain selain dijadikan masker dan teh, daun kemangi juga dapat secara langsung digunakan untuk mengatasi komedo. Caranya yaitu ambil beberapa lembar daun kemangi kemudian remas daun kemangi tersebut lalu gosokan pada bagian wajah yang terdapat komedo.
Nah itulah cara menghilangkan komedo menggunakan daun kemangi. Untuk medapatkan hasil yang maksimal sebaiknya anda melakukan cara ini dengan rutin. (Artikel menarik lainnya: Cara menghilangkan jerawat)

Loading...

Loading...