Mandi adalah kegiatan rutin yang dilakukan untuk membersihkan tubuh dari keringat dan kotoran. Bagi sebagian orang, mandi mungkin menjadi kegiatan yang menyenangkan, namun sayangnya tidak demikian untuk mereka yang memiliki eksim. Pasalnya, kondisi eksim yang diderita bisa mungkin menimbulkan gatal, kemerahan dan kulit kering yang bisa mungkin membuat si penderita merasakan ketidak nyamanan yang besar.

Mirisnya lagi, kondisi semacam ini akan dapat memburuk apabila si penderita belum memahami betul bagaimana aturan dan cara mandi yang tepat. Nah, oleh karenanya dalam pembahasan kali ini kita kenali lebih dalam bagaimana dan seperti apa aturan mandi yang tepat untuk para penderita eksim menurut para ahli.

Baca Juga:

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mandi Pada Penderita Eksim

Bukan hanya tata cara ketika mandi yang penting untuk diperhatikan dengan baik. Akan tetapi, para penderita eksim pun dituntut untuk lebih jeli dalam memilah produk perawatan kulit yang sesuai dengan kondisi yang mereka derita saat ini.

Hal ini dikarenakan kesalahan memilih produk dengan kandungan yang berbahaya akan justru mengiritasi kulit anda dan memperparah kondisi eksim yang dirasakan.

Menurut Yunyoung Claire Chang, MD, seorang dokter spesialis kulit di Union Square Laser Dermatology di New York City menyarankan bahwa sebaiknya pemilihan produk mandi seperti sabun, lotion dan lain sebagainya perlu diperhatikan. Karena kandungan kimia didalam sabun yang tidak cocok akan dapat menimbulkan reaksi alergi dan iritasi pada penderita eksim.

Selain itu, perhatikan pula suhu air ketika mandi. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh National Eczema Association (NEA) yang menganjurkan penderita eksim untuk menggunakan suhu air yang lebih hangat. Yang mana ini artinya, air yang digunakan untuk mandi tidaklah terlalu panas ataupun terlalu dingin. Alasannya dikarenakan suhu air akan dapat membantu mempertahankan kelembaban kulit anda.

Lantas Apa Sajakah Aturan Mandi Untuk Eksim?

Sebagaimana dikutip dari laman hellosehat.com, Everyday Health, National Eczema Association merekomendasikan beberapa langkah penting bagi anda yang ingin mandi tetap aman meski menderita eksim.

  • Langkah pertama, anda bisa melakukannya dengan mengisi bak mandi anda dengan air bersuhu hangat seperti yang sudah dianjurkan sebelumnya. Kemudian, gunakan air tersebut untuk berendam selama kurang lebih 5 hingga 10 menit dengan menggunakan sabun yang aman.
  • Artinya sabun yang digunakan bebas pewangi dan juga bewarna. Gosokkan sabun ke sekujur tubuh dengan merata namun lakukan dengan perlahan. Penting diperhatikan untuk menghindari mandi dengan durasi yang terlalu lama. Sebab hal ini akan dapat mempengaruhi gejala eksim yang dialami.
  • Langkah kedua, silahkan sapukan handuk dengan lembut ke sekujur tubuh saat anda sudah selesai mandi. Sebaiknya, tidak mengusap tubuh sampai terlalu kering. Biarkan kulit dalam keadaan agak lembab, tujuannya adalah untuk memudahkan penyerapan obat dan produk pelembab kulit yang akan anda gunakan.
  • Langkah ketiga, gunakan obat topikal yang memang difungsikan untuk mengobati eksim. Upayakan obat yang digunakan didapatkan dari resep dokter.
  • Langkah keempat, bila sudah selesai menggunakan obat eksim maka silahkan lanjutkan menggunakan pelembab kulit yang sesuai dengan kulit anda. Karena selain memberikan resep obat, biasanya dokter akan memberikan produk pelembab kulit tergantung dengan kondisi eksim yang dialami.
  • Langkah kelima, yang terakhir anda akan dapat memberikan sejenak waktu untuk kulit agar bisa menyerap seluruh perawatan yang baru saja anda berikan sebelum anda lekas menggunakan pakaian anda. Setidaknya biarkan agar obat dan produk perawatan meresap pada kulit selama 3 hingga 5 menit. 
Loading...

Loading...