Siapa sih yang tidak ingin memiliki rambut sehat dan lebat? Semua orang tentu mendambakan memiliki mahkota yang indah seperti ini. Sayangnya, meski besar cita-cita memiliki rambut yang sehat dan tanpa masalah namun selama ini secara tidak sadar ada banyak usaha kita yang malah justru merusak rambut. Parahnya lagi, kegiatan tersebut dilakukan hampir setiap hari maka tak heran keluhan pada rambut seringkali muncul dan akhirnya kecantikan rambut perlahan hilang dan memudar.

Satu dari banyak kebiasaan yang dapat merusak kesehatan rambut adalah mengeringkan rambut dengan cara yang tidak benar. Salah satunya adalah dengan menggunakan hairdryer atau pengering rambut. Alat ini adalah mesin pengering rambut yang punya hawa panas sehingga rambut yang basah sekalipun akan dapat mengering dengan lebih cepat.

Baca Juga:

Namun tahukah anda? Mengeringkan rambut dengan menggunakan hairdryer akan membuat rambut menjadi mudah rusak. Rambut bisa saja kehilangan kelembabannya sebab seringkali berinteraksi dengan sensasi panas seperti yang ditemukan pada setrikaan. Maka tak heran keluhan yang paling sering terjadi pada mereka yang menggunakan mesin pengering rambut untuk menghilangkan rambut basah diantaranya adalah rambut bercabang, rambut rontok karena patah dan masih banyak lagi.

Lantas seperti apa dan bagaimana cara mengeringkan rambut agar tidak mudah merusak rambut? Di bawah ini mari simak tips mengeringkan rambut dengan baik dan benar.

tips-mengeringkan-rambut-yang-benar.jpg

Mengapa Hairdryer Merusak Rambut?

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengeringkan rambut yang baik dan benar, terlebih dahulu mari kita kenali anatomi rambut kita dengan baik. Setiap helai dari rambut yang menempel pada bagian kulit kepala kita diumpakan seperti sebuah tabung yang terdiri dari lapisan korteks dan lapisan pelindung yang disebut dengan kulitkula. Bila rambut anda memiliki kutikula yang sempurna maka rambut akan nampak halus dan tidak pecah-pecah serta tidak mudah patah.

Nah, pada saat rambut anda dalam keadaan basah, kutikula tersebut akan sedikit terangkat. Mengeringkan rambut dengan menggunakan hairdryer akan membuat air dari luar rambut terdorong ke dalam lapisan korteks dan hal inilah yang akan berisiko merusak rambut anda.

Namun demikian, membiarkan rambut basah sampai kering dengan sendirinya pun bukanlah hal yang baik. Sebab pada saat rambut anda basah, maka rambut akan mengalami pembengkakan. Akibatnya, semakin lama rambut anda dibiarkan maka akan semakin besar tekanan tekanan yang diberikan terhadap protein halus yang berfungsi dalam menjaga keutuhan dan kelembaban rambut. Sehingga hal ini akan dapat membuat kerusakan rambut terjadi semakin besar.

Oleh karenanya, mengeringkan rambut dengan menggunakan hairsryer tidaklah dilarang. Hanya saja, anda perlu memperhatikan banyak hal penting agar rambut yang anda keringkan tetap terjaga kesehatannya dengan baik. Nah, di bawah ini adalah beberapa cara mengeringkan rambut dengan baik dan benar yang penting untuk anda simak dengan baik.

Tips Mengeringkan Rambut yang Baik dan Benar

Kebanyakan orang yang menggunakan hairdryer pada saat mengeringkan rambut melakukannya dengan asal. Atau bahkan pada saat mereka ingin proses pengeringan rambut berjalan lebih singkat maka dengan mudah volume panas pada mesin pengering rambut dibesarkan dengan sesuka hati tanpa memperhatikan banyak hal.

Nah, di bawah ini adalah tips mengeringkan rambut dengan menggunakan hairdryer yang baik dan benar agar tidak mudah merusak rambut. Penasaran seperti apa? Mari simak informasi menariknya di bawah ini hanya untuk anda.

Biarkan Terlebih Dahulu Rambut

Mengeringkan rambut dengan mesin pengering memang terbilang jauh lebih praktis dan lebih cepat dibandingkan dengan membiarkan rambut kering dengan sendirinya. Namun demikian, bukan berarti pada saat rambut anda masih basah kuyup dan air masih menetes dari ujung rambut kemudian dengan cepat anda menyalakan mesin pengering rambut dan menyemprotkannya pada bagian kepala.

Bagaimanapun rambut anda butuh waktu untuk beradaptasi dan 'bernapas' dengan lega setelah dibersihkan dan dikeramas. Oleh karenanya, jangan terburu mengeringkan rambut menggunakan mesin pengering rambut melainkan berikan kesempatan pada rambut basah anda untuk beristirahat sebentar. Sambil menunggu anda bisa mengurai-urai rambut anda agar lebih kering dengan angin atau pada suhu ruangan.

Jangan Menggosok Rambut

Setelah selesai keramas atau mencuci rambut sebaiknya jangan keringkan dengan handuk dengan cara menggosoknya. Hal ini menjadi kebiasaan yang secara tidak sadar dapat merusak rambut anda dengan mudah. Menggosok rambut dengan menggunakan handuk setelah keramas akan dapat merusak kutikula rambut. Akibatnya rambut menjadi kelihangan kilaunya dan membuatnya mudah rusak.

Mengatur Suhu Mesin Pengering Rambut

Pada saat mengeringkan rambut anda tidak  bisa melakukannya dengan asal. Agar anda terhindar dari masalah rambut rusak atau keluhan pada rambut maka penting sekali memperhatikan suhu pada mesin pengering rambut yang anda gunakan. Sebaiknya, atur suhu paling rendah pada hairdryer agar yang keluar adalah suhu dinginnya untuk mengeringkan rambut anda.

Sehingga demikian, rambut anda tidak dikeringkan dengan suhu panas yang akan dapat merusak rambut dengan lebih mudah. Pada saat melakukannya anda bisa sambil menguraikan rambut agar rambut anda menjadi lebih mudah kering dalam waktu yang singkat.

Perhatikan Jarak Hairdryer dan Rambut

Hal lain yang juga penting untuk diperhatikan dengan baik pada saat mengeringkan rambut menggunakan hairdryer adalah dengan memperhatikan jaraknya. Minimal atur jarak sekitar 15 cm agar demikian anda tetap aman dan nyaman pada saat mengeringkan rambut.

Terlalu dekat jarak antara mesin pengering rambut dengan rambut anda akan membuat risiko rambut tergulung ke dalam mesin pengering rambut bisa terjadi. Hal ini akan mungkin berbahaya untuk anda dimana rasa sakit dan rambut yang sulit dipisahkan mungkin anda rasakan.

Uraikan Rambut dengan Tangan

Sebelum menggunakan sisir untuk membantu anda menguraikan rambut sebaiknya, gunakan tangan terlebih dulu pada saat rambut dalam keadaan basah. Menguraikan dengan tangan akan membantu memisah rambut yang menyatu karena basah lebih mudah terpisah. Sebaliknya, bila anda melakukannya dengan sisir biasanya akan sulit karena sisir punya gigi yang lebih rekat dibandingkan dengan jari-jari tangan kita.

Baru setelah agak kering anda bisa menggunakan sisir untuk kemudian merapikan dan membentuk rambut sesuai dengan selera anda. Lakukan perlahan dan hati-hati bila anda merasa tidak mampu menggunakan sisir dan hairdryer bersamaan mungkin anda perlu bantuan orang lain.

Loading...

Loading...